Cara Kreatif Memajang Air Plant untuk Dekorasi Cantik Hunian Anda

Cara Kreatif Memajang Air Plant untuk Dekorasi Cantik Hunian Anda | Foto artikel Arsitag

Foto olehKori Livingston via thespruce.com
 

Apakah Anda tahu bahwa ada tanaman yang bisa hidup tanpa menggunakan tanah atau air sebagai media tanamnya? Tanaman yang dimaksud adalah Tillandsia atau akrab disebut air plant. Sesuai dengan namanya, air plant mampu hidup di udara alias tak perlu ditanam di tanah, air, ataupun media tanam lain. Namun, meskipun bersifat akar terbuka, bukan berarti air plant tidak membutuhkan air. Secara alami, mereka memperoleh air dari embun atau kabut yang menempel di permukaan daun. Sedangkan, sebagai tanaman hias, Anda cukup menyemprotkan air menggunakan spray.

Air plant sangat populer dijadikan tanaman hias. Jenisnya yang beragam dengan bentuk dan warna yang menarik menjadikannya sangat cocok sebagai dekorasi interior. Apalagi, dengan keunggulan tidak perlu ditanam, air plant menjadi lebih bebas untuk dikreasikan. Sebagai inspirasi, berikut adalah cara-cara kreatif untuk memajang air plant sebagai dekorasi cantik di hunian Anda.

1. Kreasi Air Plant di Bingkai Foto
Tillandsia dengan Frame karya Erica Daniels, via proflowers.com

Tillandsia dengan Frame karyaErica Daniels,via proflowers.com
 

Jika Anda memiliki bingkai foto yang sudah tak terpakai, tak ada salahnya untuk mengkreasikannya sebagai tempat memajang dekorasi air plant. Caranya juga sangat sederhana. Cukup melepas bagian belakangnya, kemudian membuat jaring-jaring tali yang menyatukan antarsisi bingkai. Selanjutnya, tinggal letakkan atau sangkutkan air plant di celah-celah tali yang sudah terpasang.

2. Mewah dengan Dudukan Tembaga
Foto oleh Kori Livingston, via thespruce.com

Foto olehKori Livingston,via thespruce.com
 

Rangka dari tembaga atau kuningan menjadi favorit sebagai bahan wadah perhiasan, lampu, atau sejenisnya. Kesannya yang mewah menjadikan rangka tembaga bisa meningkatkan nilai estetika. Tak terkecuali, jika dimanfaatkan sebagai dudukan air plant untuk dekorasi interior. Rangka tembaga akan membuat tanaman ini terlihat lebih elegan. Anda dapat meletakkannya sebagai tanaman hias indoor di atas meja atau bisa pula dengan digantung.

3. Bordir Hoop
Dekorasi kreatif air plant karya Erica Daniels, via proflowers.com

Dekorasi kreatif air plant karyaErica Daniels,via proflowers.com
 

Selanjutnya, coba kreasikan alat bordir klasik berupa lingkaran atau bernama bordir hoop sebagai media memajang air plant. Caranya pun sangat sederhana, yaitu hanya dengan melilitkan tali atau benang dan menjepitkannya di bordir hoop. Pola lilitan tali bisa dibuat sesuai keinginan, baik pola acak atau membentuk pola khusus. Lalu, tinggal letakkan beberapa air plant di sela tali dan dekorasi kreatif inipun bisa langsung dipajang di dinding.

Baca juga: Inspirasi Dekorasi Ruangan dengan Cermin, Bikin Suasana Beda di Rumahvia Cantik.tempo.co
 

4. Terarium Kaca Bulat
Air plant terarium dari Air Plant Design Studio, via air-plants.com

Air plant terarium dariAir Plant Design Studio,via air-plants.com
 

Air plant juga sangat cocok dijadikan tanaman terarium. Bahkan, karena tidak membutuhkan tanah, penataannya menjadi lebih fleksibel. Dengan menggunakan wadah kaca berbentuk bulat, contoh terarium terlihat jauh lebih cantik dengan adanya air plant. Menggantung terarium air plant ini di sudut ruangan tentu akan membuat ruangan lebih estetik secara visual.

5. Membuat Sendiri Stand Holder
Kreasi holder untuk air plant karya Maya Marin, via hunker.com

Kreasi holder untuk air plant karyaMaya Marin,via hunker.com
 

Stand holder untuk air plant bisa dibuat dengan sangat mudah. Cobalah meniru kreasi holder ini sebagai referensi. Buatlah stand holder menggunakan kawat yang dibentuk lilitan kerucut di bagian ujungnya. Lilitan kerucut inilah yang dijadikan dudukan air plant. Sedangkan, sisi lainnya ditancapkan pada balok kayu atau bahan lain sebagai fondasi untuk berdiri. Sangat mudah, bukan?

6. Memajang Air Plant di Meja Makan
Foto dari Caitlin Atkinson, via sunset.com

Foto dariCaitlin Atkinson,via sunset.com
 

Hiasan meja makan mewah biasanya berupa tanaman bunga potong. Akan tetapi, ternyata menggantinya dengan air plant juga menjadi pilihan cerdas. Apalagi, dengan karakter yang bisa diletakkan di mana saja, air plant sangat mudah untuk dikreasikan. Jenis dan warnanya yang beragam bebas ditata sedemikian rupa, sehingga tampilan meja makan tidak membosankan, serta tetap terlihat elegan.

Baca juga: Kreasi Dekorasi dan Pencahayaan Ruang Cantik dengan Standing Lamp
 

7. Kreasi Wreath yang Cantik
Foto dari Farmand Foundry via domino.com

Foto dariFarmand Foundryvia domino.com
 

Wreath adalah rangkaian tanaman berbentuk lingkaran yang biasanya menjadi hiasan pintu. Menjadikan air plant sebagai elemen di wreath adalah solusi cerdik agar wreath lebih tahan lama. Bahkan, dengan tambahan lampu hias, wreath dari air plant ini akan terlihat jauh lebih memesona.

8. Nuansa Alami dengan Kayu
Dekorasi air plant di kayu karya Michael Pua via carousell.sg

Dekorasi air plant di kayu karyaMichael Puavia carousell.sg
 

Kayu hias dekoratif tampak membosankan? Inilah saatnya untuk dimodifikasi bersama air plant. Kayu hias yang sebelumnya polos, akan tampil berbeda layaknya di alam liar ketika ditambahkan air plant di sela-selanya. Jadikan kreasi unik ini sebagai pajangan di atas meja atau bisa pula dipajang di dinding.

Selain beberapa contoh di atas, tentu masih banyak cara kreatif lain yang bisa dilakukan. Jangan ragu untuk mencoba berbagai ide yang ada. Bebaskan imajinasi Anda dengan memanfaatkan barang-barang yang ada di sekitar. Selamat mencoba!

AUTHOR

Tarmizi

Penulis adalah lulusan Arsitektur Lanskap yang juga menggemari dunia penulisan sejak bangku kuliah. Kegemarannya ini membuat penulis aktif sebagai freelancer untuk menulis konten di berbagai website. Ilmu seni, arsitektur, dan tanaman yang didapat selama mengenyam pendidikan juga menjadi modal untuk tulisan-tulisannya.