Desain Gazebo Minimalis Biar Nongkrong di Taman Makin Seru

Desain Gazebo Minimalis Biar Nongkrong di Taman Makin Seru | Foto artikel Arsitag

Desain gazebo minimalis, karya Das Quadrat,via arsitag.com
 

Memiliki taman yang cukup luas merupakan berkah bagi pemilik rumah. Taman rumah bisa dimanfaatkan sebagai area berkumpul atau nongkrong bersama keluarga dan teman. Namun, untuk iklim di Indonesia, aktivitas di taman sering kali terkendala cuaca seperti siang hari yang terlalu panas, hingga hujan yang datang tiba-tiba. Sebagai salah satu langkah antisipasi, gazebo bisa menjadi solusinya.

Gazebo merupakan bangunan kecil yang terdiri dari tiang penyangga dan atap. Biasanya, gazebo diletakkan di taman sebagai tempat berteduh, duduk, bersantai, atau aktivitas lainnya. Desain gazebo sendiri beragam dan biasanya dipengaruhi oleh budaya setempat. Perkembangan zaman juga menjadikan bentuk desain gazebo semakin beragam.

Jika Anda juga tertarik untuk memasang gazebo di rumah, berikut beberapa ide desain gazebo minimalis biar nongkrong di taman jadi makin seru.

1. Gazebo minimalis dengan sentuhan tradisional
Gazebo romantis, karya Iwan Sastrawiguna, via arsitag.com

Gazebo romantis, karyaIwan Sastrawiguna,via arsitag.com
 

Budaya Indonesia sebenarnya tidak asing dengan gazebo, karena di beberapa daerah memiliki gazebo tradisional sendiri. Di Jawa misalkan, dikenal dengan sebutan pendopo atau di Bali dengan sebutan bale. Ciri khas dari gazebo tradisional ialah penggunaan bahan alam, terutama kayu. Sedangkan, bentuk dan bahan atap biasanya mengikuti rumah adat di sana. Jika arsitektur rumah Anda juga memiliki sentuhan tradisional, membuat gazebo minimalis bergaya tradisional ini bisa menjadi pilihan terbaik.

2. Desain sederhana yang tak kalah menarik
Gazebo minimalis ala The Bale, karya Studio Tonton, via arsitag.com

Gazebo minimalis ala The Bale, karyaStudio Tonton,via arsitag.com
 

Desain minimalis identik dengan bentuk yang sederhana. Begitupun tampilan Gazebo The Bale di atas. Tampak gazebo memiliki bentuk kotak membentuk kisi berupa tiang-tiang vertikal di kedua sisinya. Desain gazebo seperti ini memberikan kesan privasi sehingga sangat cocok untuk area publik. Namun begitu, konsep desain seperti ini juga bisa diaplikasikan pada taman rumah seperti untuk di kolam renang.
 

Baca juga: Desain Taman Belakang Rumah Minimalis Keren untuk Nongkrong Sore Hari
 

3. Gazebo minimalis modern
Gazebo tepi kolam, karya Das Quadrat, via arsitag.com

Gazebo tepi kolam, karyaDas Quadrat,via arsitag.com
 

Konsep modern minimalis menjadi favorit di zaman sekarang. Jika rumah Anda juga mengusung arsitektur ini, pilihan gazebo minimalis seperti karya Das Quadrat di atas bisa dijadikan rujukan. Gazebo dibuat dengan struktur sederhana, namun diberi aksen jeruji atau kisi-kisi pada tiang-tiang sudutnya sehingga tampil lebih estetik. Pilihan atap datar menjadikan Anda bisa memberi tambahan tanaman juntai untuk membuat gazebo minimalis ini tidak monoton.

4. Ide gazebo di tengah kolam
Gazebo ala resor tropis, karya Iwan Sastrawiguna, via arsitag.com

Gazebo ala resor tropis, karyaIwan Sastrawiguna,via arsitag.com
 

Ingin merasakan nuansa liburan dari rumah sendiri? Anda mungkin bisa mencoba membuat gazebo di tengah kolam renang. Gazebo minimalis berbahan kayu di tengah kolam seperti ini tentu akan membuat pengalaman nongkrong menjadi lebih menyenangkan. Apalagi, ketika momen berkumpul bersama keluarga atau teman-teman, gazebo di tengah kolam akan menjadi area yang menarik perhatian.

5. Keunikan gazebo minimalis
Gazebo unik, karya Mario Or Marjo (MoM) Architect, via arsitag.com

Gazebo unik, karyaMario Or Marjo (MoM) Architect,via arsitag.com
 

Gazebo yang dibuat oleh MoM Architect di atas terbilang sangat unik. Fungsi utama gazebo ialah sebagai ruang ibadah, namun tampaknya bisa pula dimanfaatkan sebagai tempat bersantai. Konsep desain gazebo minimalis seperti ini cocok untuk Anda yang memiliki lahan taman yang terbatas.

6. Gazebo minimalis tepi kolam
Gazebo kolam, karya HG Architects & Designers Associates, via arsitag.com

Gazebo kolam, karyaHG Architects & Designers Associates,via arsitag.com
 

Lelah sehabis berenang memang paling tepat untuk langsung bersantai dan nongkrong di pinggir kolam. Oleh karena itu, membangun gazebo adalah solusi agar istirahat tidak terganggu dengan teriknya cuaca. Jika area di pinggir kolam terbilang terbatas, Anda bisa membuat gazebo persegi yang terbuka.
 

Baca juga: Cara Estetis Menanam Pohon Rindang Agar Taman Rumah Makin Cantik
 

7. Gazebo unik ala Iglo
Gazebo kubah, karya Wandi Uwa Krisdian, via arsitag.com

Gazebo kubah, karyaWandi Uwa Krisdian,via arsitag.com
 

Gazebo di Utara Cafe, Bandung, ini tentu akan langsung menarik perhatian. Sang arsitek, Wandi Uwa Krisdian membuat gazebo berbentuk kubah layaknya rumah suku eskimo, Iglo. Konsep desain seperti ini memang sangat cocok diaplikasikan pada kafe, karena memberi kesan private.  Selain itu, keunikan bentuknya juga akan memberi pengalaman yang berbeda bagi pengunjung.

Jadi, sudah terpikir untuk memilih desain gazebo minimalis seperti apa untuk taman Anda?

AUTHOR

Tarmizi

Penulis adalah lulusan Arsitektur Lanskap yang juga menggemari dunia penulisan sejak bangku kuliah. Kegemarannya ini membuat penulis aktif sebagai freelancer untuk menulis konten di berbagai website. Ilmu seni, arsitektur, dan tanaman yang didapat selama mengenyam pendidikan juga menjadi modal untuk tulisan-tulisannya.