Desain Rumah Minimalis dengan Hamparan Tanaman Hijau yang Menyejukkan

Desain Rumah Minimalis dengan Hamparan Tanaman Hijau yang Menyejukkan | Foto artikel Arsitag

Desain rumah karya Q Concept, via archdaily.com
 

Menghadirkan tanaman hijau indoor kian diminati di dunia desain interior modern. Di sisi lain, penghuni rumah saat ini menghadapi kendala lahan sempit. Memunculkan kebingungan lumrah soal penempatan dan penataannya. Oleh karena itu, seiring dengan pemanfaatan ruang secara optimal, desainer interior selalu memiliki rekomendasi bagaimana memasukkan unsur hijau ke dalam rumah. Sehingga, Anda tetap bisa lho, mendapatkan rumah dengan tanaman hijau yang menyejukkan. Seperti pada Q House di Vietnam.

Q House adalah sebuah rumah kecil yang terletak di pinggiran kota Da Nang, Vietnam. Dengan tanah seluas 100 meter persegi, desainnya mengusung ide rumah tropis yang sangat cocok dengan cuaca Vietnam. Rumah di berbagai kota di Vietnam sering menghadapi masalah lazim seperti daerah dengan tanah yang mungil, kurangnya cahaya alami, ventilasi, hingga udara yang cenderung panas. Mau tahu bagaimana rumah ini mengatasi masalah yang biasanya muncul di rumah-rumah Vietnam? Yuk, kita lihat!

1.  Taman luas di bagian depan
Halaman rumah dengan groundcover dipadu rumput sempit, karya Q Concept, via archdaily.com

Halaman rumah dengan groundcover dipadu rumput sempit, karya Q Concept, via archdaily.com
 

Ide dasar dari sang arsitek adalah membuat rumah dengan bentuk sederhana yang dilengkapi kamar dan ruang santai yang sesuai dengan kebutuhan pemiliknya. Arsitek juga memprioritaskan mengatasi problem rumah yang umum muncul pada rumah Vietnam. Yakni, masalah kekurangan cahaya alami dan ventilasi. Berangkat dari fokus utama tersebut, Q House dirancang dengan taman depan yang luas, yang juga bermanfaat sebagai tempat parkir mobil. Yang terpenting, taman ini membantu memenuhi kebutuhan cahaya alami dan udara segar.

2. Tanaman hijau menyejukkan bagian dalam rumah
Interior rumah dilengkapi kolam ikan indoor, karya Q Concept, via archdaily.com

Interior rumah dilengkapi kolam ikan indoor, karya Q Concept, via archdaily.com
 

Tumbuhan hijau dan pepohonan yang lazimnya memberikan kesegaran di luar rumah, coba dihadirkan di dalam rumah. Tanaman-tanaman ini pun merupakan highlightatau bagian terpenting dari Q House, untuk menciptakan ruangan yang santai dan nyaman di dalam rumah yang kecil. Kombinasi elemen tanaman dan material alami, secara efektif mendatangkan ketenangan dari energi alami dan suhu ideal yang diciptakan.

Baca juga: 7 Ide Menyulap Dinding Rumah Jadi Elemen Indah, Bisa Jadi Rencana Renovasi 2020via Liputan6.com

3. Banyak bukaan sebagai sumber cahaya alami
Jendela rumah besar membuka akses cahaya dan pandangan lebih luas, karya Q Concept, via archdaily.com

Jendela rumah besar membuka akses cahaya dan pandangan lebih luas, karya Q Concept, via archdaily.com
 

Banyaknya jumlah tanaman di dalam hunian turut didukung sistem ventilasi dan bukaan yang juga optimal. Ukuran jendela sengaja dibuat besar, mempersilakan pemilik rumah secara leluasa melihat pemandangan hijau di luar. Bukaan jendela yang besar pun memungkinkan udara serta cahaya mengalir maksimal. Sangat bermanfaat mewujudkan hunian yang lebih sehat.

4. Konsep rumah open space
Konsep interior open space yang terintergrasi nan sejuk, karya Q Concept, via archdaily.com

Konsep interior open space yang terintergrasi nan sejuk, karya Q Concept, via archdaily.com
 

Kunci utama mengatasi masalah keterbatasan ruang dan sirkulasi udara, Q House mengusung konsepopen space. Melalui penyatuan ruang ini, hunian pun tampak begitu luas dan lapang. Sebagai pemisah ruangan, partisi yang digunakan pun tetap terlihat natural karena menggunakan tanaman dalam pot besar.

Elemen alam seolah membawa suasana outdoor di dalam rumah, karya Q Concept, via archdaily.com

Elemen alam seolah membawa suasana outdoor di dalam rumah, karya Q Concept, via archdaily.com
 

Memberikan level berbeda pun merupakan solusi kreatif untuk membedakan fungsi antarruang. Banyak keuntungan yang akan didapatkan. Menggabungkan beberapa ruangan menjadi satu area yang luas ampuh menciptakan suasana rumah selalu hangat dan menyenangkan. Memudahkan mobilisasi serta interaksi antar anggota keluarga. Patut Anda coba, nih!

5. Warna alami dan natural
Dominasi warna putih di rumah karya Q Concept, via archdaily.com

Dominasi warna putih di rumah karya Q Concept, via archdaily.com
 

Melengkapi konsep natural, rumah minimalis Q House turut didominasi warna natural seperti putih dan unsur kayu pada keseluruhan ruangan. Warna natural, elemen kayu alami, serta keberadaan tanaman menjadi kolaborasi yang sangat ideal. Ampuh mewujudkan hunian yang terasa nyaman, sejuk, dan alami. Berkat penggunaan warna terang, kesan ruang yang luas coba dihadirkan secara optimal, baik di bagian interior maupun eksterior Q House.

Baca juga: Yuk, Bermain dengan Warna Kuning Untuk Desain Interior Rumah Anda yang Ceria

Area kolam ikan sekaligus sarana sirkulasi udara dalam rumah karya Q Concept, via archdaily.com

Area kolam ikan sekaligus sarana sirkulasi udara dalam rumah karya Q Concept, via archdaily.com
 

Arsitek mencoba merealisasikan preferensi pemilik rumah. Pemilik merupakan pasangan baru menikah yang sama-sama mencintai alam, tanaman, dan unsur natural alami lainnya termasuk kolam ikan. Sebelum mulai membangun rumah impiannya, pasangan ini banyak berbicara dengan sang arsitek tentang kehidupan mereka sebelum ini. Mereka yang sebelumnya tinggal di sebuah studio kecil, menginginkan rumah yang penuh cahaya, udara, dihiasi tanaman dan ikan, serta kental dengan atmosfer alami.

Q House pun mewujudkan mimpi pasangan baru ini. Tertuang dari imajinasi sederhana mereka akan sebuah desain rumah minimalis yang nyaman dan indah.

Baca juga:  Jasa desain rumah minimalis berkualitas

AUTHOR

Shabrina Alfari

Shasa lahir di Jakarta 9 April 1994. Lulus dari Universitas Indonesia pada tahun 2016, Shasa mengambil jurusan Bahasa dan Studi Jerman. Dia sangat suka membaca tentang apa saja, dari novel, fiksi, penyair dan lain-lain. Setelah lulus, Shasa suka menulis tentang berbagai topik dan sekarang bekerja sebagai Content Writer.