6 Desain Rak Buku Kamar Anak-anak yang Lucu dan Kreatif

rak buku lucu

Koleksi buku anak di rumah sudah mulai menumpuk? Agar lebih rapi dan mudah untuk dicari, sebaiknya sediakan rak buku di kamar tidur anak Anda. Adanya rak buku akan memudahkan ketika menyimpan dan mengelompokkan buku-buku miliknya. Rumah pun tidak akan terlihat berantakan karena seluruh buku anak tersimpan di dalam rak dan tidak tersebar di seluruh penjuru rumah. Memiliki rak buku juga bisa melatih anak dalam bertanggung jawab akan barang-barang miliknya, lho. Namun, seperti apa ya desain rak buku anak yang cocok untuk diletakkan di kamar buah hati Anda? Ini dia inspirasinya.

1. Rak display

Rak display buku dan boneka, via shopsugarbabies.com

Ide rak buku anak yang akan kita bahas pertama adalah model yang paling sering ditemukan. Rak buku display sederhana seperti ini justru memudahkan anak untuk melihat cover buku yang disimpannya. Rak buku ini sangat cocok untuk anak-anak yang belum berusia sekolah, karena dapat membantu mereka untuk mengenali buku-buku koleksinya. Dengan melihat gambar dan desain cover buku, anak dapat mulai mengenali buku tersebut. Anak pun dapat dengan mudah memilih buku mana yang ingin dia baca karena bisa melihat seluruh cover depan buku dengan mudah.

2. Rak terbuka

Rak terbuka, via familylivingtoday.com

Saat anak bertambah besar dan sudah masuk usia sekolah, koleksi buku anak tentu akan semakin bertambah. Sebaiknya, Anda memilih tipe rak buku terbuka dengan model penyimpanan punggung buku menghadap ke depan. Rak seperti ini mampu menyimpan jumlah buku yang cukup banyak sehingga dapat memuat seluruh koleksi buku anak.

Dengan menggunakan rak terbuka, Anda pun bisa mulai mengelompokkan buku anak sesuai kategorinya. Mulai dari buku pelajaran, ensiklopedia, komik, hingga majalah. Anak pun dapat mulai berlatih merapikan buku sesuai dengan jenisnya.

Baca juga: Inspirasi Rak Dinding Serbaguna yang Sekaligus Mempercantik Ruangan

3. Rak berbentuk rumah

Rak berbentuk rumah, via bybrittanygoldwyn.com

Cobalah menggunakan rak buku dekorasi yang tak hanya dapat digunakan untuk menyimpan buku koleksi anak. Anda bahkan bisa memajang mainan kesayangan ananda. Desainnya yang lucu tentunya menjadi dekorasi yang unik pada kamar anak. Dijamin, anak pun akan semakin senang membaca buku-bukunya sambil ditemani oleh mainan kesukaannya.

4. Gunakan tangga dekoratif

Tangga dekoratif sebagai rak buku dan majalah, via thespruce.com

Tangga dekoratif kerap digemari untuk menggantung berbagai kebutuhan seperti handuk di kamar mandi atau selimut di ruang keluarga. Nah, ternyata tangga dekoratif ini juga sangat cantik jika digunakan sebagai tempat penyimpanan koleksi buku anak, lho. Warna tangga kayu yang natural sangat pas diletakkan pada kamar anak yang sudah beranjak remaja.

5. Kursi dengan tempat penyimpanan di bawahnya

Kursi dan tempat penyimpanan, via montessorimethod.com

Anda sedang mencari rak buku multifungsi? Cobalah model rak buku yang sekaligus bermanfaat sebagai bangku yang nyaman. Furnitur multifungsi seperti ini merupakan solusi yang ideal bagi Anda yang memiliki luas ruangan terbatas. Anda dapat meletakkan berbagai koleksi buku anak di bagian bawah bangku. Jangan lupa, tambahkan bantal duduk empuk di atasnya. Anak pun bisa menikmati waktu membaca dengan menyenangkan sambil duduk di atas bangku. Setelah selesai, si kecil pun dapat langsung kembali menyimpan bukunya. Sangat praktis, bukan?

Baca juga: Ide Kreatif Mendesain Rak Buku Idaman Cantik untuk Perpustakaan Pribadi Anda

6. Rak buku tertutup

Rak tertutup yang rapi, via potterybarnkids.com

Ingin ruangan selalu terlihat rapi? Trik yang bisa dicoba adalah dengan memilih rak buku tertutup dengan pintu. Rak ini akan menjamin seluruh ruangan tetap terlihat rapi, karena kekacauan apa pun yang terjadi di dalam lemari tidak akan terlihat dari luar. Selain itu, rak dengan penutup dapat menjaga barang agar tidak terkena debu.

Anda kini telah mendapatkan beberapa rekomendasi rak buku kamar anak dengan desain yang lucu dan menarik. Jangan lupa, Anda wajib memperhitungkan usia anak untuk faktor keamanan. Untuk memilih rak buku di kamar anak usia balita, sebaiknya pilih bahan yang kuat seperti kayu solid agar keamanan anak tetap terjaga. Selain itu, perhatikan pula posisi pemasangan yang paling aman bagi anak ketika di kamar. Untuk usia remaja, Anda bahkan bisa melibatkan buah hati Anda ketika membuat keputusan sesuai selera. Sudah siap menata kamarnya?

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!
Puji Lestari
AUTHOR
Penulis lepas yang telah menulis beragam artikel dengan berbagai tema. Senang menulis dengan ide yang kreatif, informatif, dan bermanfaat.
press releasekontaksyarat dan ketentuan
© PT Tritama Gemilang Sukses 2016 - 2022 | All rights reserved.
hello world!
Ingin Renovasi Atau Bangun?
Hubungi Kami
Ingin Renovasi Atau Bangun?
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram