Ciptakan Kamar Tidur yang Membuat Tenang dan Rileks

Cover : Rumah di Menteng Dalam Interior karya Meili Darmasetiawan Interior (Sumber: arsitag.com)

Ada ribuan cara untuk menata kamar tidur, tetapi yang terpenting adalah ruang itu harus berfungsi untuk relaksasi dan tidur. Tidur malam yang nyenyak merupakan elemen penting dari gaya hidup sehat. Berikut ini adalah beberapa cara paling efektif untuk menciptakan suasana yang tenang dan rileks di kamar tidur.


Ruang tidur di Beehive Boutique Hotel karya ADDO Architecture (Sumber: arsitag.com)
 

1. Penutup jendela

Gunakan penutup jendela gelap pada jendela atau skylight kamar tidur. Tubuh Anda akan pulih dengan sendirinya saat sedang tidur dan suasana gelap akan sangat efektif untuk membantu proses ini. Ada banyak pilihan bahan penutup jendela yang dapat menyaring cahaya matahari secukupnya. Anda dapat bangun di pagi hari diterangi sinar matahari secara alami, namun juga memberikan privasi yang cukup pada siang hari.


Taman Ratu House karya DESIGN INTERVENTION (Sumber: arsitag.com)
 

2. Warna yang meneduhkan

Warna yang bersifat dingin adalah pilihan yang lebih baik karena efeknya yang menenangkan. Warna biru, ungu, dan abu-abu menambah keteduhan dan relaksasi, sementara warna hangat sering kali memacu energi dan lebih mungkin membuat Anda terbangun di malam hari.

Kamar tidur untuk relaksasi (Sumber: home-designing.com)
 

3. Desain minimalis

Untuk membuat tidur lebih nyenyak, singkirkan setiap gangguan dan kekacauan di sekitar kamar tidur Anda. Desain kamar minimalis adalah pilihan yang tepat untuk membantu menyegarkan pikiran setelah hari panjang yang melelahkan.

Desain headboard kreatif di apartemen modern (Sumber: home-designing.com)
 

4. Headboard ekspresif

Meskipun kamar tidur Anda bebas dari gangguan dan warna mencolok, Anda dapat mempertimbangkan sentuhan kreatif pada headboard. Inilah kesempatan untuk mengekspresikan kreativitas Anda.

Private Apartment at Orchard Satrio karya ET ASSOCIATES (Sumber: arsitag.com)
 

Selain headboard, Anda bisa memasang objek yang menarik di atas tempat tidur Anda, misalnya seperti cermin, wallpaper, panel kayu, lukisan, foto, rak kecil, ornamen, dan sebagainya. Namun, tetap pertahankan prinsip dekorasi minimalis.


J House at Gading Serpong karya DESIGN INTERVENTION (Sumber: arsitag.com)
 

5. Positioning yang tepat

Posisikan tempat tidur sesuai keinginan Anda. Umumnya, inilah cara yang bagus untuk mengundang Anda ke dalam ruang itu. Namun, jika jendela kamar Anda menawarkan pemandangan yang menarik, pertimbangkan untuk mengatur tempat tidur Anda sehingga menghadap ke jendela.


JS House karya Studio TonTon (Sumber: arsitag.com)
 

6. Sirkulasi mudah

Pastikan Anda menyisakan ruang yang cukup di sekitar tempat tidur Anda sehingga mempermudah sirkulasi masuk dan keluar. Pertimbangkan dimensi seluruh furnitur menyesuaikan ukuran kamar Anda sebelum Anda tergoda untuk membelinya.


Desain pencahayaan kamar tidur (Sumber: roohome.com)
 

7. Pencahayaan yang bagus  

Selain pencahayaan dalam kamar, lampu di samping tempat tidur juga merupakan komponen pencahayaan yang sangat penting. Pencahayaan yang lembut, redup, dan menenangkan yang dilengkapi dengan tombol pengatur cahaya akan sangat ideal untuk kamar tidur.


Ruang tidur di Beehive Boutique Hotel karya ADDO Architecture (Sumber: arsitag.com)
 

Lampu dinding (sconce lighting) juga merupakan pilihan terbaik karena menjaga meja Anda tetap rapi dan bersih, serta dapat diposisikan untuk memberikan pencahayaan yang optimal apabila Anda ingin membaca di tempat tidur.
 

Kipas angin ceiling yang unik (Sumber: designarchitectureart.com)
 

8. Penghawaan alami

Anda mungkin tidak menyukai AC dan berpikir ingin menambahkan kipas angin ceiling. Kipas angin membantu memberikan sirkulasi yang bagus dan udara segar, yang akan membantu tidur lebih nyenyak. Pastikan sebisa mungkin memilih kipas angin yang tidak menimbulkan suara bising.

Ide desain kamar tidur minimalis (Sumber: home-designing.com) 
 

9. Elemen dekoratif

Untuk menciptakan lingkungan yang rileks dan menenangkan, sangat penting untuk memilih elemen dekoratif yang menenangkan dan membuat tidur pulas. Pilihlah setiap elemen dengan bijaksana dan tetap pertahankan prinsip minimalis di kamar tidur Anda. Apakah Anda penyuka tanaman? Anda bisa memasukkan unsur hijau dalam kamar Anda, baik itu tanaman segar ataupun artifisial.


Javanese Reclaimed Wooden House karya Iwan Sastrawiguna (Sumber: arsitag.com
 

10. Bebas teknologi

Untuk menciptakan surga yang damai, singkirkan televisi, komputer, dan peralatan olahraga dari kamar tidur. Pastikan tidak membawa pekerjaan ke tempat tidur. [ROS]

Sumber:

http://www.houzz.com

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Rosida Widyastuti

Rosida Widyastuti lulusan Arsitektur angkatan'99 dari fakultas Teknik Arsitektur. Pernah bekerja di PT CIPTA MATRA (2001-2005) dan di PT Putera Indonusa Prakarsa (2005-2006) sebagai Arsitek Kepala. Saat ini bekerja sebagai penerjemah lepas untuk PT. Elex Media Komputindo Jakarta dan PT. Gandum Mas Malang.