Desain Kolam Renang Rumah Minimalis Mewah ala Studio Tonton

Desain Kolam Renang Rumah Minimalis Mewah ala Studio Tonton | Foto artikel Arsitag

Desain kolam renang minimalis,oleh Studio TonTon,via arsitag.com

Berada di lahan seluas 1000 meter persegi, proyek rumah bernama IS HOUSE di Alam Sutera, Tangerang ini mengusung konsep minimalis dengan sentuhan industrial. Didesain oleh tim Studio Tonton, salah satu bagian yang menarik perhatian dari rumah mewah minimalis ini ialah area di antara dua bangunan utamanya. Area terbuka ini dimanfaatkan secara maksimal sebagai kolam renang dengan ukuran yang cukup besar.

Memiliki dimensi memanjang, kolam renang di Is House ini berhasil memberi nilai tambah dari tampilan arsitektur rumah. Lantas apa saja yang menarik dari kolam renang di rumah minimalis ini sehingga tampak mewah dan menawan? Berikut beberapa ulasannya.

1. Membentuk Pola Garis Lurus
Desain kolam renang minimalis, oleh Studio TonTon, via arsitag.com

Desain kolam renang minimalis,olehStudio TonTon,viaarsitag.com
 

Berada di antara dua bangunan berarsitektur minimalis berbentuk kotak, kolam renang menjadi satu kesatuan harmoni dengan bentuknya yang persegi panjang. Bentuk berupa garis-garis lurus ini menciptakan suatu visual yang membuat area terasa lebih luas. Refleksi dari bangunan di atas permukaan air juga menciptakan nuansa tersendiri, yang membuat kawasan kolam renang ini nyaman untuk dipandang.

2. Perpaduan Antar Material
Desain kolam renang minimalis, oleh Studio TonTon, via arsitag.com

Desain kolam renang minimalis,oleh Studio TonTon,viaarsitag.com
 

Dikelilingi oleh bangunan, Studio Tonton berhasil menciptakan kepaduan yang membuat area kolam renang minimalis nyaman dipandang. Kepaduan itu tercipta meskipun area sekitar kolam menggunakan beberapa jenis material. Sebut saja dinding bangunan. Selain dinding beton bercat putih, ada pula sisi yang berupa dinding betonunfinished khas arsitektur industrial.

Penggunaan kaca untuk tanggaramp juga berhasil membuat arsitektur terasa lebih mewah. Hal yang juga mendominasi, yaitu lantai kayu yang membuat suasana terasa lebih hangat sekaligus memberi warna alami yang menyegarkan.
 

Baca juga: Desain Rumah Kontemporer dengan Kolam Renang dan Vertical Garden yang Super Keren
 

3. Less is More
Desain kolam renang minimalis, oleh Studio TonTon, via arsitag.com

Desain kolam renang minimalis,olehStudio TonTon,viaarsitag.com
 

Minim elemen dekorasi merupakan salah satu ciri dari arsitektur minimalis. Begitupun kolam renang karya tim Studio Tonton di Is House ini. Area kolam renang dihadirkan dengan konsep simpel tanpa dekorasi. Namun, jika dilihat secara keseluruhan, justru kesederhanaan inilah yang menciptakan suasana mewah dan memesona. Esensi keberadaan kolam renang juga menjadi lebih menonjol dan mudah menarik perhatian. 

4. Estetik dari Tanaman
Desain kolam renang minimalis, oleh Studio TonTon, via arsitag.com

Desain kolam renang minimalis,olehStudio TonTon,viaarsitag.com
 

Akan sangat monoton untuk dilihat jika kolam berbentuk persegi berada di tengah bangunan yang juga berpola serupa. Oleh karena itu, penempatan vegetasi sangat diperlukan untuk memecah kebosanan visual tersebut. Selain itu, keberadaan tanaman pada area kolam renang ini juga menjadi unsur estetika. Keindahan yang dihadirkan oleh tanaman bisa didapat dari warna dan bentuk daunnya, karakter percabangan, hingga bunganya.
 

Baca juga: Desain Rumah Modern Minimalis dengan Roster Beton Super Kece
 

5. Membentuk Axis
Desain kolam renang minimalis, oleh Studio TonTon, via arsitag.com

Desain kolam renang minimalis,olehStudio TonTon,viaarsitag.com
 

Jika dilihat secara lebih luas, keberadaan kolam di antara dua bangunan ini seperti membentuk aksis atau sumbu. Prinsip aksis seperti ini dalam arsitektur memberikan pandangan berupa arah dan visual memanjang. Pada akhirnya, ruang arsitektur yang beraksis akan memiliki karakter desain berupa selaras, kuat, dinamis, dan kontinu. Hal ini bisa dibuktikan dari foto di atas. Tampak area kolam memiliki efek pandang yang mengarah secara kontinu.

Itulah sedikit ulasan akan desain kolam renang di rumah minimalis yang mewah karya tim dari Studio Tonton. Keberhasilan desain yang dihasilkan tak terlepas dari kemampuan desainer mengelola ruang dengan berpegang pada konsep desain arsitektur yang dipilih.

Baca juga: 60 Model Desain Rumah Sederhana Tapi Mewah Dan Indah 2022

AUTHOR

Tarmizi

Penulis adalah lulusan Arsitektur Lanskap yang juga menggemari dunia penulisan sejak bangku kuliah. Kegemarannya ini membuat penulis aktif sebagai freelancer untuk menulis konten di berbagai website. Ilmu seni, arsitektur, dan tanaman yang didapat selama mengenyam pendidikan juga menjadi modal untuk tulisan-tulisannya.