Desain Ruang Outdoor Kreatif dan Sensasional

Desain Ruang Outdoor Kreatif dan Sensasional | Foto artikel Arsitag

cover : Ruang duduk outdoor by Harold Leidner (Sumber: home-designing.com)

Tentu membutuhkan proses panjang untuk memanfaatkan area taman outdoor sebagai pengembangan rumah kita, memenuhi kebutuhan ruang duduk di luar, dan tempat yang tepat untuk bercengkerama sembari menikmati hangatnya sinar mentari di ruangan yang sejuk dan nyaman. Dalam beberapa tahun terakhir, ruang-ruang outdoor seringkali lebih menyerupai area tertutup di belakang rumah tanpa penghubung yang jelas dengan ruang-ruang di dalam rumah. Ruang tersebut tidak terkesan sangat mengundang, dan hanya seperti ruang kosong tanpa karakter dan fungsi nyata.

Namun, saat ini banyak desainer memanfaatkan area taman outdoor ini sehingga tampak seperti sebuah ruang dalam rumah, menyediakan tempat untuk duduk santai dan nyaman. Semua aspek desain interior tinggal diterjemahkan ke ruang luar, dengan alternatif material yang mempertahankan unsur-unsur tersebut dengan penuh gaya. Berikut adalah beberapa contoh untuk menggugah kreativitas Anda.

1. Ruangan di atas puncak pohon. Anda tidak perlu tahu banyak tentang bagaimana rumah itu bisa menjulang tinggi di atas puncak pohon. Panoramanya begitu sensasional, tidak hanya tata ruang luar, tetapi juga pemandangan sekitarnya. Adakah cara yang lebih baik untuk menikmatinya selain duduk santai memandang ke bawah seakan-akan sedang membubung tinggi? Di ruangan outdoor ini, Anda tidak hanya merasakan kepuasan, tetapi juga dapat menikmati unsur-unsur natural.Green Lantern home by John Grable Architects (Sumber: home-designing.com)

 

1. Ruangan di atas puncak pohon. Anda tidak perlu tahu banyak tentang bagaimana rumah itu bisa menjulang tinggi di atas puncak pohon. Panoramanya begitu sensasional, tidak hanya tata ruang luar, tetapi juga pemandangan sekitarnya. Adakah cara yang lebih baik untuk menikmatinya selain duduk santai memandang ke bawah seakan-akan sedang membubung tinggi? Di ruangan outdoor ini, Anda tidak hanya merasakan kepuasan, tetapi juga dapat menikmati unsur-unsur natural.

outdoorRuang outdoor teatrikal terbaik di Los Angeles (Sumber: prweb.com)

 

2. Ruang outdoor teatrikal. Ruang outdoor dengan tata cahaya fantastis ini menimbulkan kesan teatrikal yang dramatis. Selain berfungsi sebagai lanskap tanpa peneduh, ruang itu juga digunakan sebagai panggung terbuka dan area keluarga. Di sini fokusnya bukan pada taman hijau, tetapi pada fungsi ruang.

outdoorRuang outdoor dengan partisi dan atap teralis (Sumber: qaq.com.au)

 

3. Efek teralis. Teras dengan desain kontemporer ini dirancang sebagai ruang outdoor yang memiliki kesan semi-privat, namun tetap terkait dengan ruang luar. Penyekat laser-cut dapat menghalangi sekaligus membiarkan sinar matahari menembus ke ruang duduk di bawahnya, menciptakan bayang-bayang geometris. Ruang ini minimalis meskipun kaya akan material.

outdoorRuang tidur outdoor by Roche Bobois (Sumber: home-designing.com)

 

4. Kamar tidur alam terbuka. Kamar tidur outdoor ini menerjemahkan elemen interior ke luar rumah untuk menciptakan tempat peristirahatan yang teduh di tepi danau. Ada kesan privasi. Pepohonan berfungsi sebagai pelindung, partisi kayu sebagai dinding pembatas, dan lembaran kain tipis sebagai langit-langit. Namun, tidak hanya itu, kamar tidur outdoor ini juga dilengkapi bathtub dengan alas tikar pandan. Ruang outdoor organik ini cocok untuk diterapkan bagi siapa pun.

5. Lubang di dinding. Barangkali Anda menginginkan taman sekaligus menciptakan sebuah ruang untuk menikmatinya tanpa menghabiskan area outdoor. Lubang di dinding rumah ini dapat mengoptimalkan tempat duduk indoor-outdoor. Ketika cuaca memungkinkan, Anda dapat menikmati semua unsur alam dengan membuka pintu kaca geser, tempat duduk (window seat) ini menjadi sudut interior yang nyaman untuk duduk dan memandang dunia luar.Ruang duduk di lubang jendela (Sumber: home-designing.com)

 

5. Lubang di dinding. Barangkali Anda menginginkan taman sekaligus menciptakan sebuah ruang untuk menikmatinya tanpa menghabiskan area outdoor. Lubang di dinding rumah ini dapat mengoptimalkan tempat duduk indoor-outdoor. Ketika cuaca memungkinkan, Anda dapat menikmati semua unsur alam dengan membuka pintu kaca geser, tempat duduk (window seat) ini menjadi sudut interior yang nyaman untuk duduk dan memandang dunia luar.

outdoorRuang tamu outdoor (Sumber: callingcube.com)

 

6. Ruang tamu outdoor. Anda mungkin terkecoh melihat foto ruang tamu di atas, setiap sisi dibatasi dengan dinding-dinding tinggi, padahal sebenarnya Anda tidak berada di dalam rumah sama sekali. Desain ini menerjemahkan ruang tamu ke dalam area outdoor dengan perlengkapan dan perabot pilihan lainnya. Perabot yang dipilih berasal dari bahan tahan lama yang cocok untuk kegiatan outdoor seperti misalnya bahan kain tahan air untuk sofa, kayu tahan lama dan stainless steel untuk meja, serta plastik resin untuk kursi. Siapa bilang gaya harus terbatas hanya pada interior rumah?

outdoorPetunjuk perencanaan ruang dapur outdoor (Sumber: hgtv.com)

 

7. Dapur luar. Pengalaman ruang outdoor yang kreatif ini secara harfiah berkembang dari dalam ke luar, dengan mentransfer bahan stainless steel dan cat putih yang banyak ditemukan di dapur dalam menciptakan ruang luar. Yang membuat area dapur-ruang makan outdoor ini menarik adalah integrasi semua komponen desain yang bekerja selaras sesuai fungsinya.

outdoorIde kamar mandi outdoor (Sumber: housely.com)

 

8. Kamar mandi luar. Desain kamar mandi outdoor ini menciptakan kesan privasi dan kemewahan di luar ruangan, sebuah tempat persembunyian pribadi yang dikelilingi oleh tanaman yang rimbun. Shower yang dipasang pada bagian atas bathtub memancarkan air bak hujan tercurah dari langit. Pencahayaan yang lembut, ditambah suasana privasi saat sedang memandang ke langit dengan bintang terang-benderang pada malam hari menciptakan suasana kemewahan tersendiri.

outdoorIde desain ruang makan outdoor (Sumber: designrulz.com)

 

9. Ruang makan outdoor. Ruang makan outdoor ini memperkuat kesan privasi dengan dibatasi oleh dinding-dinding sesuai fungsinya. Ruang makan ini berada di tengah taman yang rimbun yang memberikan kebebasan untuk bersantai sejenak sembari menikmati sinar mentari di pagi yang cerah. Pencahayaan yang dramatis mendukung suasana keintiman dan privasi di malam hari. Filosofi desain ini bukan untuk membatasi ruang, tetapi menyatukan unsur taman dan outdoor.

indoorIde desain dapur indoor-outdoor (Sumber: worldlpg.com)

 

10. Pengalaman luar-dalam. Anda bisa menikmati ruang outdoor atau mengalami sensasi seolah-olah berada di luar ruangan dengan membuka bagian belakang rumah Anda dan memanfaatkan fungsi internal seperti dapur untuk menikmati ruang luar dengan semua kenyamanan dari ruang dalam. Anda bisa menciptakan konsep sederhana ini dengan menempatkan pintu geser untuk membuka ruang.

11. Paviliun dalam taman. Jika taman Anda cukup luas, buatlah paviliun taman yang berdiri sendiri dengan kanopi yang memberikan keteduhan, dinding yang terbuka pada taman sekitarnya dan memberikan kesan privasi. Taman dengan pola bertingkat dan penggunaan material alami yang tahan lama membantu menentukan hierarki ruang.Ide desain Pavilion Cypress (Sumber: timberdesignmag.com)

 

11. Paviliun dalam taman. Jika taman Anda cukup luas, buatlah paviliun taman yang berdiri sendiri dengan kanopi yang memberikan keteduhan, dinding yang terbuka pada taman sekitarnya dan memberikan kesan privasi. Taman dengan pola bertingkat dan penggunaan material alami yang tahan lama membantu menentukan hierarki ruang.

outdoorIde teras outdoor by Harold Leidner (Sumber: home-designing.com)

 

12. Teras outdoor. Tinggal di kota tidak berarti harus kehilangan ruang outdoor. Bahkan, jika Anda tidak memiliki halaman rumah, Anda masih bisa membuat kreasi yang berbeda dengan cara memanfaatkan area teras balkon sebagai ruang duduk. Di sini, Anda memiliki nilai plus pemandangan kota yang fantastis. Penempatan lampu-lampu bulat secara acak dapat memberikan kesan dramatis dan misterius. Taman atap dan kolom yang terselubung taman vertikal juga memberikan sentuhan alami dan pemandangan yang memikat pada teras balkon modern ini.

13. Ruang outdoor terpisah pada lahan miring. Lahan miring kadang-kadang merupakan medan yang paling sulit untuk menciptakan ruang outdoor. Namun, Anda bisa mengubahnya menjadi sesuatu yang positif dan berbeda. Ruang outdoor yang intim dan privat yang tersembunyi dari tetangga sebelah dapat diciptakan dengan teknik taman terasering. Teknik ini tidak hanya menyediakan ruang datar yang dapat digunakan sebagai ruang fungsional, tetapi juga peluang untuk menciptakan ruang-ruang berbeda pada level yang berbeda, masing-masing dapat disamarkan dan dibatasi oleh dinding pagar taman yang terawat.
Ide ruang outdoor pada lahan berkontur (Sumber: decocrush.fr)

 

13. Ruang outdoor terpisah pada lahan miring. Lahan miring kadang-kadang merupakan medan yang paling sulit untuk menciptakan ruang outdoor. Namun, Anda bisa mengubahnya menjadi sesuatu yang positif dan berbeda. Ruang outdoor yang intim dan privat yang tersembunyi dari tetangga sebelah dapat diciptakan dengan teknik taman terasering. Teknik ini tidak hanya menyediakan ruang datar yang dapat digunakan sebagai ruang fungsional, tetapi juga peluang untuk menciptakan ruang-ruang berbeda pada level yang berbeda, masing-masing dapat disamarkan dan dibatasi oleh dinding pagar taman yang terawat.

outdoorIde ruang duduk outdoor pada level terendah by Rolling Stone Landscapes (Sumber: rollingstonelandscapes.com)

 

14. Ruang dalam lubang. Taman ini secara cerdas dibagi menjadi beberapa zona yang dengan jelas menetapkan ruang-ruang yang akan digunakan untuk aktivitas yang berbeda. Ruang duduk, ruang makan, dan kolam renang memastikan bahwa rumah ini dilengkapi dengan baik untuk menghibur penghuninya. Perubahan level menunjukkan hierarki ruang, dengan ruang duduk yang dibatasi tanaman pagar pada level terendah. Ruang duduk ini menggabungkan lantai kayu, bangku kayu, dan perapian, sebuah ruang yang dapat digunakan sepanjang tahun. 

15. Sebuah ruang dengan vista. Ruangan outdoor dapat menjadi tempat untuk refleksi dan sekadar bersantai sambil menikmati pemandangan. Rumah ini memiliki ruang outdoor berlapis dengan serial vista yang fantastis, mulai dari ruang makan outdoor, kita dapat melihat keluar ke arah taman dan kolam, kemudian kolam renang, dan panorama gunung di kejauhan. Semua keindahan ini dibingkai dengan indah oleh pergola tanaman merambat. Pemandangan sekitarnya telah menciptakan suasana damai di taman ini, tidak ada hiasan tambahan yang diperlukan. Kesederhanaan adalah kuncinya.
Desain ruang taman dengan pergola (Sumber: aprilpride.com)

 

15. Sebuah ruang dengan vista. Ruangan outdoor dapat menjadi tempat untuk refleksi dan sekadar bersantai sambil menikmati pemandangan. Rumah ini memiliki ruang outdoor berlapis dengan serial vista yang fantastis, mulai dari ruang makan outdoor, kita dapat melihat keluar ke arah taman dan kolam, kemudian kolam renang, dan panorama gunung di kejauhan. Semua keindahan ini dibingkai dengan indah oleh pergola tanaman merambat. Pemandangan sekitarnya telah menciptakan suasana damai di taman ini, tidak ada hiasan tambahan yang diperlukan. Kesederhanaan adalah kuncinya.

16. Desain ruang gantung. Ada sensasi yang ajaib ketika merasa seperti mengambang di atas perahu atau melayang di udara. Ruang luar ini memiliki semua yang kita butuhkan—sebuah kasur rotan yang tampaknya seperti mengapung di atas air, memberikan kesan privasi dan refleksi.
Ide kasur gantung outdoor (Sumber: woohome.com)

 

16. Desain ruang gantung. Ada sensasi yang ajaib ketika merasa seperti mengambang di atas perahu atau melayang di udara. Ruang luar ini memiliki semua yang kita butuhkan—sebuah kasur rotan yang tampaknya seperti mengapung di atas air, memberikan kesan privasi dan refleksi.

homeworlddesign.comIde taman Hilgard bergaya Zen (Sumber: homeworlddesign.com)

 

17. Ruang luar berkelok-kelok. Taman bergaya Zen ini adalah ruang luar berkelok-kelok yang luas dengan beberapa kantong berbeda yang diciptakan untuk menikmati taman itu sendiri. Ruang ini tidak dibatasi oleh empat dinding atau dek yang dibangun untuk tujuan khusus dengan atap atau ruang yang terhubung ke dalam rumah. Taman ini tidak hanya memberikan satu ruang, tetapi beragam ruang-ruang outdoor.

Baca Juga: Desain Showroom Minimalis Yang Modern
 

Sumber:

http://www.houzz.com/

AUTHOR

Rosida Widyastuti

Rosida Widyastuti lulusan Arsitektur angkatan'99 dari fakultas Teknik Arsitektur. Pernah bekerja di PT CIPTA MATRA (2001-2005) dan di PT Putera Indonusa Prakarsa (2005-2006) sebagai Arsitek Kepala. Saat ini bekerja sebagai penerjemah lepas untuk PT. Elex Media Komputindo Jakarta dan PT. Gandum Mas Malang.