Fitur Taman dan Kolam Minimalis Rumah Kontemporer Super Keren

Fitur Taman dan Kolam Minimalis Rumah Kontemporer Super Keren | Foto artikel Arsitag

Desain taman rumah kontemporer, karyaRakta Studio,via Arsitag


 

Kontemporer menjadi salah satu gaya desain rumah yang disukai banyak masyarakat modern. Sifatnya yang dinamis dan fleksibel menjadikannya fleksibel dikombinasikan dengan berbagai gaya desain lain. Begitu pun ketika ingin membangun taman dan kolam di rumah bergaya kontemporer, maka pengaplikasiannya akan lebih mudah.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas salah satu karya Rakta Studio yang berhasil menghadirkan hunian berupa rumah bergaya kontemporer berpadu dengan taman dan kolam minimalis yang keren.

Ingin tahu sekeren apa? Berikut ulasannya.

1. Courtyard bergaya minimalis ala Jepang
Desain taman rumah kontemporer, karya Rakta Studio, via Arsitag

Desain taman rumah kontemporer, karyaRakta Studio,via Arsitag
 

Gaya desain kontemporer memang begitu fleksibel sehingga bisa dipadupadankan dengan gaya desain lain, tak terkecuali tradisional.

Melalui karyanya kali ini. Rakta Studio membuat courtyard dengan tema Taman Zen. Fitur utama yang menjadi ciri taman tradisional Jepang ini ialah pasir atau kerikil dan batu. Namun, untuk memberi kesan segar, keberadaan tanaman hijau tetap eksis yaitu di sisi belakang serta taman vertikal di bagian dinding.

Konsep dengan fitur taman seperti ini sangat cocok untuk courtyard karena terlihat bersih dan minim perawatan.

2. Membawa taman ke dalam ruang
Desain kamar tidur dengan taman indoor, karya Rakta Studio, via Arsitag

Desain kamar tidur dengan taman indoor, karyaRakta Studio,via Arsitag
 

Ruangan dengan desain arsitektur kontemporer sangat kental dengan ciri berupa warna yang netral, garis-garis yang jelas, motif tertentu, hingga kesan yang rapi. Memecah hal tersebut, team Rakta Studio menempatkan courtyard yang bisa diakses langsung dari ruang di sekitarnya, termasuk kamar tidur.

Hal ini tentu saja sangat menarik karena membuat kamar tidur menjadi lebih segar dan tidak membosankan. Apalagi, fitur batu pada taman seolah menjadi daya tarik yang unik.
 

Baca juga: Tips Memilih Dekorasi Tanaman Hias yang Cocok untuk Kamar Tidur
 

3. Fitur alam yang tetap artistik
Desain taman rumah kontemporer, karya Rakta Studio, via Arsitag

Desain taman rumah kontemporer, karyaRakta Studio,via Arsitag
 

Kembali pada fitur-fitur pada courtyard. Selain tanaman, batu, dan pasir, area ini juga menempatkan elemen kayu untuk lantai dan bangkunya. Fitur dari alam seperti ini menjadikan suasana rumah lebih natural dan segar.

Warna yang tercipta menimbulkan gradasi yang tidak ‘frontal’ sehingga tetap nyaman dipandang. Pada akhirnya, semua berpadu dan menciptakan tampilan yang artistik dan super keren.

4. Kolam minimalis dengan fitur hiasan dinding
Desain kolam renang minimalis, karya Rakta Studio, via Arsitag

Desain kolam renang minimalis, karyaRakta Studio,via Arsitag
 

Kolam renang berkonsep minimalis tetap bisa dibuat keren dan artistik dengan penempatan fitur seperti ornamen hiasan dinding. Dalam memilih ornamen dinding, perlu diperhatikan komposisi, ukuran, dan warna.

Terkait dengan desain rumah kontemporer, maka fitur yang dipakai biasanya tidak banyak. Hal ini pula yang bisa dilihat pada tampilan kolam renang di atas. Ornamen hiasan dengan bentuk dan dimensinya nampak sangat harmonis dengan tampilan keseluruhan kolam.
 

Baca juga: Ide Tanaman yang Cocok untuk Mempercantik Fasad Depan Rumah
 

5. Sculpture kolam yang menarik
Desain rumah dengan taman kontemporer, karya Rakta Studio, via Arsitag

Desain rumah dengan taman kontemporer, karyaRakta Studio,via Arsitag
 

Pada bagian depan, teras rumah langsung menjadi pusat perhatian. Pada area ini terdapat kolam dengan fitur patung di tengahnya. Fitur berupa patung ini tampak memecah kesan kaku dari garis-garis lurus yang dihadirkan pada fasad bangunan. Keberadaannya juga memberikan unsur “nyeni sehingga kesan cantik dan keren dari rumah menjadi lebih terasa.

Taman dan kolam minimalis yang dibangun pada rumah bergaya kontemporer karya Rakta Studio ini memang keren, bukan? Hal ini bisa menjadi inspirasi Anda karena seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa desain kontemporer terbilang fleksibel untuk dipadukan dengan gaya lainnya.

Baca juga:Desain Dekoratif Minimalis

AUTHOR

Tarmizi

Penulis adalah lulusan Arsitektur Lanskap yang juga menggemari dunia penulisan sejak bangku kuliah. Kegemarannya ini membuat penulis aktif sebagai freelancer untuk menulis konten di berbagai website. Ilmu seni, arsitektur, dan tanaman yang didapat selama mengenyam pendidikan juga menjadi modal untuk tulisan-tulisannya.