Keunikan Kamar Mandi Semi-outdoor yang Bikin Pengalaman Mandi Lebih Segar

Keunikan Kamar Mandi Semi-outdoor yang Bikin Pengalaman Mandi Lebih Segar | Foto artikel Arsitag

Desain lanskap kamar mandi, karya Studio TonTon, via Arsitag
 

Pernah terpikir untuk memiliki kamar mandi yang sebagian sisinya berada di luar ruang alias semi-outdoor?

Ya, konsep seperti ini mungkin masih janggal bagi kebanyakan rumah di Indonesia. Namun, jika memungkinkan untuk dieksekusi, kamar mandi semi-outdoor tentu akan menjadi hal menarik dan memberi pengalaman mandi yang spesial. Apalagi, jika Anda menyukai nuansa alam bebas, kamar mandi semi-outdoor tentu akan membuat Anda lebih betah di rumah.

Penasaran bagaimana kamar mandi semi-outdoor bisa diwujudkan?

Berikut beberapa inspirasi kamar mandi semi-outdoor yang bikin pengalaman mandi lebih segar.

1. Atap kisi kayu yang natural
Desain taman dalam kamar mandi, karya Mint-DS, via Arsitag

Desain taman dalam kamar mandi, karya Mint-DS, via Arsitag
 

Bagi beberapa orang, kamar mandi yang terbuka akan memberi rasa tidak nyaman. Nah, jika Anda juga merasakan hal serupa, namun tetap ingin mengusung konsep semi-outdoor, maka desain kamar mandi di atas sangat bisa dicontoh.

Atap kaca transparan di-layer dengan kisi-kisi kayu memberi efek tertutup, tetapi kesan terbuka tetap bisa dirasakan. Kisi-kisi kayu juga memberi kesan natural sehingga suasana alam terbuka bisa dirasakan ketika mandi di dalamnya.

2. Cerah dengan elemen kayu
Kamar mandi semi-outdoor dengan material kayu, karya Studio TonTon, via Arsitag

Kamar mandi semi-outdoor dengan material kayu, karya Studio TonTon, via Arsitag
 

Lantai, dinding, kusen pintu, hingga kisi-kisi atap kamar mandi ini dilapisi dengan elemen kayu, tetapi tetap tampil cerah. Hal tersebut tak lain karena bagian atapnya menggunakan kaca transparan sehingga cahaya matahari bisa masuk menyinari kamar mandi.

Bagian kamar mandi sendiri terdiri atas dua bagian, yaitu bagian dalam berupa wastafel dan ruang ganti, sedangkan bagian semi-outdoor berupa shower. Mandi di bagian semi-outdoor akan memberi pengalaman berbeda karena atap terbukanya menambah udara segar alami.
 

Baca juga: Cantiknya Kamar Mandi Bergaya Japandi, bikin Adem dan Tenang
 

3. Gaya industrial minimalis
Kamar mandi nuansa beton dengan atap terbuka, karya Studio TonTon, via Arsitag

Kamar mandi nuansa beton dengan atap terbuka, karya Studio TonTon, via Arsitag
 

Berkarakter khas, arsitektur gaya industrial memang memiliki penggemarnya tersendiri. Menariknya, gaya industrial ini juga cocok untuk kamar mandi termasuk yang mengusung konsep semi-outdoor.

Semen ekspos yang menjadi ciri gaya industrial ini bisa terlihat lebih atraktif dengan perbedaan kondisi yang ada. Satu sisi berada di bawah atap, sisi lainnya di atap terbuka sehingga memberi efek cahaya yang berbeda.

4. Atmosfer menenangkan untuk memanjakan diri
Desain kamar mandi luas ala vila dengan bath tub, karya Studio TonTon, via Arsitag

Desain kamar mandi luas ala vila dengan bath tub, karya Studio TonTon, via Arsitag
 

Kamar mandi semi-outdoor karya Studio TonTon ini terlihat sangat menenangkan. Atmosfer yang diciptakan ialah suasana hutan dalam dengan aliran sungai yang tenang.

Kamar mandi ini tampaknya memang dibangun di area luar ruang karena terlihat dari keberadaan batang pohon yang masih dipertahankan. Batang pohon ini justru menjadi aksen yang menarik untuk mendukung pengalaman memanjakan diri di bathtub mewah dan elegan.

5. Suasana tradisional nan alami
Kamar mandi bergaya tradisional nan sejuk, karya inspiratio, via Arsitag

Kamar mandi bergaya tradisional nan sejuk, karya inspiratio, via Arsitag
 

Kesan tradisional ala permukiman desa sangat kental terasa dari desain kamar mandi semi-outdoor satu ini. Penggunaan batu alam sebagai dinding di salah satu sisi dan bata eskpos di sisi lainnya juga tidak hanya mendukung konsep tradisional ini, tetapi juga memberi kesan alami.

Bagian terbuka memang tidak begitu mendominasi, namun sudah cukup untuk memberi ruang cahaya dan udara alami masuk ke dalam. Sebagai pemanis, tanaman hias juga diletakkan di kamar mandi ini sekaligus memberi kontras warna.

6. View taman tropis
Desain taman dalam kamar mandi, karya Sotja Interiors, via Arsitag

Desain taman dalam kamar mandi, karya Sotja Interiors, via Arsitag
 

Dibatasi dinding kaca, area bathtub dari kamar mandi ini langsung berdampingan dengan taman tropis. Tamannya sendiri berada di area terbuka dan bisa diakses langsung dari dalam kamar mandi. Konsep ini sangat menarik untuk diaplikasikan di rumah agar mandi tidak hanya untuk menyegarkan badan tetapi juga pikiran.
 

Baca juga: Beragam Ide Sederhana Untuk Mempercantik Kamar Mandi Anda
 

7. Memanfaatkan sisa ruang
Kamar mandi dengan dry garden, karya OG Architects, via Arsitag

Kamar mandi dengan dry garden, karya OG Architects, via Arsitag
 

Kamar mandi semi-outdoor satu ini tampaknya dibuat dengan memanfaatkan area rumah yang belum terfungsikan. Alih-alih menjadikannya taman, desainer justru menjadikan ruang kecil ini sebagai area bathtub yang terhubung langsung dengan area shower kamar mandi.

Semakin menarik, tanaman juga menghiasi kamar mandi semi terbuka ini sehingga pengalaman berendam di bathtub seolah tengah berendam di kolam alam terbuka.

Jadi, desain kamar mandi semi-outdoor mana yang menarik perhatian Anda?

AUTHOR

Tarmizi

Penulis adalah lulusan Arsitektur Lanskap yang juga menggemari dunia penulisan sejak bangku kuliah. Kegemarannya ini membuat penulis aktif sebagai freelancer untuk menulis konten di berbagai website. Ilmu seni, arsitektur, dan tanaman yang didapat selama mengenyam pendidikan juga menjadi modal untuk tulisan-tulisannya.