Kawasan Taman Hiburan

Kawasan Taman Hiburan | Foto artikel Arsitag

Sebuah taman hiburan atau theme park merupakan lokasi dari atraksi hiburan, wahana dan acara lainnya yang bisa dinikmati oleh banyak orang. Taman hiburan mempunyai lokasi yang tetap sehingga berbeda dengan karnaval atau funfairs. Atraksi yang disediakan pada taman hiburan biasanya dibatasi untuk usia tertentu, tetapi ada pula yang bisa digunakan oleh segala usia.

Legoland, Malaysia (Sumber: thelostboylloyd.com)Legoland, Malaysia (Sumber: thelostboylloyd.com)

Industri taman hiburan saat ini menawarkan banyak tipe taman hiburan, mulai dari yang berskala besar seperti Walt Disney World atau Universal Studio, hingga yang berskala sedang dan kecil. Taman hiburan dengan tema khusus yang menargetkan anak-anak seperti Legoland juga ikut meramaikan industri taman hiburan saat ini.

Walt Disney World Resort (Sumber: disneyparks.disney.go.com)Walt Disney World Resort (Sumber: disneyparks.disney.go.com)

TIPE TAMAN HIBURAN

Taman Hiburan Edukasi

Beberapa taman hiburan juga menggunakan atraksi serta permainannya untuk tujuan edukasi. Disney adalah yang pertama berhasil membuat taman hiburan besar dengan tema edukasi bernama Epcot. Epcot dibuka pada tahun 1982 sebagai taman kedua di Walt Disney World Resort. SeaWorld juga termasuk salah satu taman hiburan edukasi dengan atraksi yang berfokus pada pelajaran mengenai binatang. Contoh lain adalah Dinosaur Garden dengan atraksi dinosaurus yang terlihat nyata.

Knott’s Berry Farm (Sumber: www.californiabeaches.com)Knott’s Berry Farm (Sumber: www.californiabeaches.com)

Taman Hiburan Milik Keluarga

Contoh dari taman hiburan milik keluarga adalah Knott’s Berry Farm. Pada tahun 1920, Walter Knott dan keluarganya menjual buah berry di kedai kecil di pinggir jalan, yang kemudian berkembang menjadi sebuah restoran yang menjual ayam goreng. Lama kelamaan, restoran tersebut menjadi sangat ramai. Untuk menghibur para pelanggan yang menunggu, Walter Knott membuat taman hiburan di perkebunannya. Taman hiburan Knott dipercaya sebagai taman hiburan pertama di Amerika. Tipe taman hiburan ini memang tidak ada di Indonesia.

x Flags, Texas (Sumber: www.statisticbrain.com)Six Flags, Texas (Sumber: www.statisticbrain.com)

Taman Hiburan Regional

Taman hiburan regional merupakan sebuah taman hiburan dengan beberapa kompleks taman di dalamnya. Salah satu contohnya adalah Six Flags di Texas yang dibuat oleh Angus Wynne, Jr. Wynne akibat terinspirasi oleh Disney untuk membuat sebuah taman hiburan yang lebih besar, lebih dekat dan lebih terjangkau. Dalam taman hiburan tersebut terdapat beberapa jenis taman hiburan dengan tema yang berbeda-beda.

Tornado, Dufan (Sumber: www.areajakarta.com)Tornado, Dufan (Sumber: www.areajakarta.com)

ATRAKSI DAN PERMAINAN

Berbagai macam atraksi dan permainan di sebuah taman hiburan dapat dibagi ke dalam beberapa kategori, yaitu:

1. Flat Rides

Suatu taman hiburan biasanya mempunyai satu set flat rides seperti tilt-a-whirl, kursi yang berputar di udara, kapal yang berputar, twister, atau top spin. Sudah banyak inovasi yang dikembangkan terkait dengan wahana yang berputar dan melempar penumpangnya ke udara ini. Wahana jenis ini juga terbukti berhasil menarik pelanggan.

Roller coaster (Sumber: edition.cnn.com)Roller coaster (Sumber: edition.cnn.com)

2. Roller Coasters

Taman hiburan juga pastinya mempunyai beberapa roller coaster yang terbuat dari kayu atau dari baja. Roller coaster biasanya mempunyai jalur yang curam, tikungan tajam, atau bahkan memutar.

3. Kereta

Beberapa taman hiburan juga menyediakan wahana kereta yang bisa membawa pengunjung berkeliling taman hiburan.

Wahana air (Sumber: keywordsuggest.org)Wahana air (Sumber: keywordsuggest.org)

4. Wahana Air

Wahana lainnya dari taman hiburan adalah wahana dengan air. Contohnya seperti arung jeram di Dufan yang menggunakan air sebagai sarana utama dalam permainan. Wahana dengan air ini sangat populer, apalagi di daerah panas seperti Jakarta.

5. Wahana Gelap

Tipe wahana ini juga biasanya menggunakan kereta sebagai alat untuk pengunjungnya menikmati wahana ini. Di dalam wahana ini biasanya terdapat efek cahaya, animasi, musik, dan spesial efek lainnya. Contoh dari wahana tipe ini adalah rumah hantu atau perang bintang di Dufan.

6. Ferris Wheels

Ferris wheels atau yang lebih kita kenal dengan Bianglala merupakan wahana wajib dalam sebuah taman hiburan.

Dufan, Jakarta (Sumber: www.kompasiana.com)Dufan, Jakarta (Sumber: www.kompasiana.com)

CONTOH TAMAN HIBURAN

Dunia Fantasi (Dufan), Jakarta

Dufan merupakan tempat wisata yang terletak di kawasan Taman Impian Jaya Ancol. Dufan memiliki luas kurang lebih 9,5 hektar. Di dufan terdapat berbagai macam wahana permainan dengan sentuhan teknologi tinggi, baik itu untuk anak-anak maupun dewasa. Beberapa wahana permainan juga ada yang benar-benar memacu adrenalin. Dufan merupakan taman hiburan pertama dan terbesar di Indonesia.

Taman Safari Indonesia, Bogor (Sumber: www.tripadvisor.com)Taman Safari Indonesia, Bogor (Sumber: www.tripadvisor.com)

Taman Safari Indonesia, Bogor

Taman Safari Indonesia merupakan tempat wisata keluarga berwawasan lingkungan yang berorientasi pada habitat satwa di alam bebas. Taman ini berfungsi sebagai penyangga Taman Nasional Gunung Gede Pangrangi di ketinggian 900-1800m di atas permukaan laut, serta mempunyai suhu rata-rata 16-24 derajat Celcius.

Taman Safari saat ini memiliki luas 168 hektar dan dilengkapi dengan berbagai sarana edukasi serta rekreasi. Taman safari mempunyai 2.500 koleksi satwa dari hampir seluruh penjuru dunia. Taman Safari juga mempunyai berbagai fasilitas permainan, seperti seluncur ombak, rumah hantu, kereta api mini, dan lain sebagainya.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Shabrina Alfari

Shasa was born in Jakarta 9th April 1994. She graduated from University of Indonesia in 2016, majored in German Language and Studies. She really loves to read about anything, from novel, fiction, poets and etc. After graduated, she enjoys writing about many different topics and now she currently works as a Content Writer.