Mengembangkan Ide Kreatif untuk Menata Kamar Tidur yang Nyaman

Mengembangkan Ide Kreatif untuk Menata Kamar Tidur yang Nyaman | Foto artikel Arsitag

Kamar tidur adalah tempat perlindungan pribadi yang nyaman. Anda bisa membayangkan sebuah ruangan yang bebas dari kekacauan, dengan aroma khas yang meningkatkan relaksasi, kedamaian dan ketenangan. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk menata ulang kamar tidur Anda agar lebih nyaman.

Desain dinding kamar tidur (Sumber: homegoid.com)Desain dinding kamar tidur (Sumber: homegoid.com)

1. Tentukan sebuah tema. Inilah hal pertama yang harus dipertimbangkan ketika menata kamar tidur. Tema bisa menjadi perangkat pemersatu yang kuat sekaligus menenangkan. Anda bisa memasukkan unsur garis atau geometris untuk menciptakan sentuhan yang tegas dan praktis. Pastikan komposisi dan keseimbangan yang disesuaikan dengan gaya pribadi Anda menjadi kunci utama.

Ide dekorasi furnitur kamar tidur modern (Sumber: kinggeorgehomes.com)Ide dekorasi furnitur kamar tidur modern (Sumber: kinggeorgehomes.com)

2. Pilih meja samping dengan laci. Laci atau lemari kecil di bawah meja Anda dapat membantu meminimalkan kondisi kamar tidur yang berantakan. Anda bisa menggunakan laci untuk menyimpan buku, agenda dan pena, pelembab bibir, dan barang kebutuhan lainnya. Tidak perlu membeli lemari yang mahal, Anda bisa juga menyulap peti bekas menjadi lemari kecil dengan sedikit modifikasi.

Ritual tidur yang menenangkan (Sumber: laurabutlermadden.com)Ritual tidur yang menenangkan (Sumber: laurabutlermadden.com)

Kombinasi dari vas bunga atau tanaman segar, buku, secangkir teh herbal atau sebotol air, dan lampu meja atau lilin aromaterapi yang menenangkan, pada dasarnya adalah seperangkat kenyamanan. Namun, Anda bisa memadukannya sendiri sesuai gaya pribadi Anda.

3. Lengkapi dengan ritual tidur yang menenangkan. Bagi Anda yang sering mengalami gangguan tidur, Anda bisa melengkapi meja samping tempat tidur Anda dengan seperangkat keperluan ritual tidur yang membantu Anda mengalami tidur yang nyenyak seperti berikut:

  • Secangkir teh herbal
  • Buku inspirasi yang menenangkan atau menggembirakan
  • Lampu tidur yang redup atau sebatang lilin aromaterapi satu jam sebelum tidur
  • Minyak aromaterapi yang bisa Anda semprotkan pada bantal dan seprai Anda
  • Pemutar musik MP3 atau radio dengan instrumental yang lembut dan meneduhkan

Ide desain kamar tidur modern (Sumber: home-designing.com)Ide desain kamar tidur modern (Sumber: home-designing.com)

4. Jadikanlah kenyamanan sebagai prioritas utama. Anda bisa memilih perabot apa pun, namun kamar tidur Anda tidak akan lengkap tanpa kasur atau matras yang bagus. Pastikan Anda memilih matras yang tidak hanya pas dengan kerangka tempat tidur dan headboard, tetapi juga cocok dengan meja samping tempat tidur Anda.

Ide desain interior kamar tidur modern (Sumber: homegoid.com)Ide desain interior kamar tidur modern (Sumber: homegoid.com)

Kenyamanan tempat tidur Anda ditentukan dengan pemilihan seprai dan selimut yang tepat. Pastikan Anda memilih bahan yang berserat alami, bukan sintetis, yang nyaman bagi kulit Anda, misalnya seperti: bahan linen yang halus, sejuk dan tahan lama jika dirawat dengan baik. Anda juga bisa memilih bahan katun yang sangat halus dan lembut, sesuai untuk iklim tropis.

5. Tambahkan bantal hias. Menambahkan beberapa bantal hias akan membuat tempat tidur Anda terlihat mewah dan memikat apabila dilakukan dengan benar, tergantung pada ukuran tempat tidur Anda. Anda bisa menambahkan sekitar 2 hingga 6 bantal hias kecil dengan beraneka ragam bentuk dan warna pilihan Anda yang senada dengan seprai dan selimut.

Ide desain interior kamar tidur modern (Sumber: press-my-cards.com)Ide desain interior kamar tidur modern (Sumber: press-my-cards.com)

6. Pemilihan karpet yang tepat. Pagi yang cerah akan terasa menyenangkan dan membuat suasana hati menjadi lebih tenang apabila Anda melangkah di atas karpet yang mewah, empuk, dan nyaman. Anda juga bisa memadukan karpet berukuran besar dengan karpet bulu yang lebih kecil. Namun, jika Anda alergi debu, lebih baik abaikan ide penggunaan karpet atau pertimbangkan untuk memilih karpet yang dapat dicuci.

Ide desain kamar tidur modern (Sumber: home-designing.com)Ide desain kamar tidur modern (Sumber: home-designing.com)

7. Pikirkan kembali penggunaan teknologi. Kamar tidur adalah tempat untuk beristirahat yang tenang. Layar TV akan memancarkan cahaya yang dapat membuat sulit tidur. Sebaiknya jauhkan TV dan perangkat teknologi lain dari kamar tidur Anda, dan berkomitmen untuk membaca buku sebelum tidur.

Ide desain interior kamar tidur modern (Sumber: home-designing.com)Ide desain interior kamar tidur modern (Sumber: home-designing.com)

8. Sediakan tempat untuk duduk. Bila ruang tidur Anda cukup luas, Anda bisa menempatkan, bahkan lebih dari satu tempat duduk pada sudut yang bagus. Anda bisa duduk sambil membaca atau mengobrol dengan pasangan Anda atau sekadar bersantai tanpa takut mengotori tempat tidur Anda.

Ide desain kamar tidur (Sumber: home-designing.com)Ide desain kamar tidur (Sumber: home-designing.com)

9. Jangan lupakan barang koleksi Anda. Tidak perlu memajang seluruh koleksi Anda, tetapi hanya beberapa barang koleksi kesayangan yang akan menemani tidur Anda. Barang ini bisa berupa pernak-pernik, lampu antik, gambar atau lukisan selain foto keluarga Anda. Pastikan memajangnya di jarak pandang yang tepat sehingga ketika Anda terbangun pada pagi hari, membuat suasana hati Anda lebih cerah.

Ide kamar tidur hitam dan putih (Sumber: thewowdecor.com)Ide kamar tidur hitam dan putih (Sumber: thewowdecor.com)

9. Masukkan unsur dramatis. Hitam siapa takut? Anda bahkan bisa memadukan unsur glamor dan gelap pada kamar tidur dengan warna-warni yang paling terang dan cerah. Keseimbangan adalah kuncinya. Pertahankan satu atau dua unsur dramatis dan kamar tidur Anda akan menjadi lebih mewah dan elegan.

Ide desain kamar tidur (Sumber: home-designing.com)Ide desain kamar tidur (Sumber: home-designing.com)

10. Jaga udara kamar tidur tetap bersih. Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan beristirahat dalam kamar tidur yang bersih dan sehat. Berikut adalah beberapa cara untuk menjaga udara di kamar tidur Anda tetap segar dan bersih:

  • Gunakan pembersih udara dengan filter HEPA untuk menghilangkan debu, serbuk dan polutan udara
  • Jauhkan pot tanaman segar di kamar tidur, ganti dengan tanaman artifisial agar udara tetap bersih
  • Buatlah zona larangan sepatu untuk kamar tidur Anda
  • Bersihkan dengan vacuum cleaner secara rutin, terutama di bawah tempat tidur
  • Bukalah jendela untuk sirkuasi udara pada pagi hari
  • Pilihlah kain dengan serat alami dan bahan-bahan yang tidak mengandung bahan berbahaya

(Sumber : bintang.com/lifestyle)

(Sumber : bintang.com/lifestyle)

Sumber :

http://www.houzz.com/ideabooks/65213338/list/how-to-organize-your-bedroom-for-better-sleep

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Rosida Widyastuti

Rosida Widyastuti lulusan Arsitektur angkatan'99 dari fakultas Teknik Arsitektur. Pernah bekerja di PT CIPTA MATRA (2001-2005) dan di PT Putera Indonusa Prakarsa (2005-2006) sebagai Arsitek Kepala. Saat ini bekerja sebagai penerjemah lepas untuk PT. Elex Media Komputindo Jakarta dan PT. Gandum Mas Malang.