Mengenal arsitektur Futuristik

Mengenal arsitektur Futuristik | Foto artikel Arsitag

Arsitektur Futuristik muncul pada awal abad ke 20 di Italia. Gaya arsitektur ini sendiri sebenarnya merupakan bagian dari Futurism, yaitu suatu gerakan seni yang ditemukan oleh seorang penyair bernama Filippo Tommaso Marinetti pada 1909. Gerakan ini tidak hanya menarik penyair, musisi, dan seniman seperti Umberto Boccioni atau Giacomo Bela, tetapi juga menarik sejumlah arsitek.

Futuristik mempunyai arti mengarah atau menuju ke masa depan. Futuristik pada bangunan menggambarkan bahwa perencanaan dan pembangunannya tidak berdasarkan oleh sesuatu yang terkait dengan masa lalu, akan tetapi mencoba untuk menggambarkan masa depan. Bangunan harus dapat mengikuti dan menampung tuntutan kegiatan yang pasti selalu berkembang.

Arsitektur Futuristik memanfaatkan kemajuan di era teknologi dengan menggunakan bahan-bahan baru seperti baja, kaca, dan alumunium. Less is more, sederhana merupakan nilai tambah terhadap arsitektur sedangkan penambahan ornamen dianggap sebagai suatu hal yang tidak efisien. Nihilism, penekanan perancangan kepada space atau ruang, maka desain menjadi polos, simple, dengan pemakaian kaca lebar. Jenis bahan material yang digunakan diekspos secara polos dan ditampilkan apa adanya.Dalian International Conference Centre di Cina (Sumber: www.architecture.com)

 

Arsitektur Futuristik memanfaatkan kemajuan di era teknologi dengan menggunakan bahan-bahan baru seperti baja, kaca, dan alumunium. Less is more, sederhana merupakan nilai tambah terhadap arsitektur sedangkan penambahan ornamen dianggap sebagai suatu hal yang tidak efisien. Nihilism, penekanan perancangan kepada space atau ruang, maka desain menjadi polos, simple, dengan pemakaian kaca lebar. Jenis bahan material yang digunakan diekspos secara polos dan ditampilkan apa adanya.

Dalam arsitektur Futuristik, konsep desain tidak bergantung pada aturan tertentu dan cenderung bebas mengambil bentuk apapun selagi masih dalam konsep masa depan. Bentuk yang dihasilkan cenderung mengejutkan, tidak biasa, dan bahkan sering dianggap aneh. Sama halnya dengan bentuk bangunan zaman sekarang yang mungkin dianggap aneh oleh orang di masa lalu.

Burj Khalifa. Seperti yang sudah kita semua tahu, Burj Khalifa saat ini merupakan gedung tertinggi di dunia. Gedung ini didesain oleh grup arsitek Skidmore, Owings dan Merrill, yang juga merancang gedung One World Trade Center yang baru.
Burj Khalifa Skyline (Sumber: www.inlist.com)

 

Burj Khalifa. Seperti yang sudah kita semua tahu, Burj Khalifa saat ini merupakan gedung tertinggi di dunia. Gedung ini didesain oleh grup arsitek Skidmore, Owings dan Merrill, yang juga merancang gedung One World Trade Center yang baru.

Desain gedung ini menyerupai bunga lili dari jenis Hymenocallis. Tiga elemen menara bertemu di pusat bangunan dengan puncak menara yang runcing. Burj Khalifa memiliki bentuk Y yang memiliki dua fungsi. Pertama, memberikan keseimbangan untuk pondasi gedung. Kedua, memaksimalkan pemandangan Teluk Arab.

Dubai mengeluarkan anggaran sebesar 217 triliun dolar untuk mendesain dan membuat sistem air mancur di sekitar gedung Burj Khalifa. Air mancur yang terkenal ini dapat mencuat hingga 150 meter ke udara. Burj Khalifa juga mempunyai observation deck tertinggi di dunia yang berada di lantai 148.Observation Deck (Sumber: www.getyourguide.com)

 

Dubai mengeluarkan anggaran sebesar 217 triliun dolar untuk mendesain dan membuat sistem air mancur di sekitar gedung Burj Khalifa. Air mancur yang terkenal ini dapat mencuat hingga 150 meter ke udara. Burj Khalifa juga mempunyai observation deck tertinggi di dunia yang berada di lantai 148.

Gardens by the Bay. Pada tahun 2012, Bay South Garden dibuat sebagai konservatori iklim terbesar di dunia yang membutuhkan anggaran sebesar 510juta dolar. Konservatorium ini berbentuk dua kubah besar yang menjadi bagian pertama dari proyek Gardens by the Bay.
(Sumber: www.thousandwonders.net)

 

Gardens by the Bay. Pada tahun 2012, Bay South Garden dibuat sebagai konservatori iklim terbesar di dunia yang membutuhkan anggaran sebesar 510juta dolar. Konservatorium ini berbentuk dua kubah besar yang menjadi bagian pertama dari proyek Gardens by the Bay.

Taman ini dinobatkan sebagai Best Building of the Year pada tahun 2013 dalam World Architectural Festival. Bangunan ini menggabungkan elemen natural dengan hutan asli untuk membuat hutan kota masa depan. Keseluruhan proyek dibangun di atas tanah reklamasi dan menjadi landmark negara Singapura akibat kurangnya pemandangan alam di negara tersebut.

Iklim di dalam kubah tersebut diatur dengan pengendali komputer yang telah terintegrasi dengan material bangunan. Kaca dan baja yang digunakan dalam konservatorium ini menciptakan iklim Mediterania dan hutan hujan ke wilayah Singapura yang tropis.
(Sumber: localadventurer.com)

 

Iklim di dalam kubah tersebut diatur dengan pengendali komputer yang telah terintegrasi dengan material bangunan. Kaca dan baja yang digunakan dalam konservatorium ini menciptakan iklim Mediterania dan hutan hujan ke wilayah Singapura yang tropis.

Khan Shatyr. Bangunan berbentuk UFO ini berada di Astana, Kazakhstan dan didesain oleh arsitek Foster+partner. Bangunan ini memiliki tinggi 150 meter dengan radius 200 meter, tenda ini memiliki luas 100ribu meter persegi di bawah kanopinya yang transparan. Akibat cuaca ekstrim di Kazakhstan, struktur ini memiliki tiga lapis tenda yang memungkinkan untuk mempertahankan suhu sepanjang tahun yang berkisar antara 15-30 derajat.(Sumber: www.gettyimages.es)

 

Khan Shatyr. Bangunan berbentuk UFO ini berada di Astana, Kazakhstan dan didesain oleh arsitek Foster+partner. Bangunan ini memiliki tinggi 150 meter dengan radius 200 meter, tenda ini memiliki luas 100ribu meter persegi di bawah kanopinya yang transparan. Akibat cuaca ekstrim di Kazakhstan, struktur ini memiliki tiga lapis tenda yang memungkinkan untuk mempertahankan suhu sepanjang tahun yang berkisar antara 15-30 derajat.

Bangunan ini memiliki sebuah taman, pusat perbelanjaan, bioskop, waterpark, restoran, dan yang lainnya. Khan Shatyr dirancang untuk menunjukkan bahwa Kazakhstan sudah mulai bergabung dengan dunia luar yang sekarang telah semakin saling berhubungan.(Sumber: www.mygola.com)

 

Bangunan ini memiliki sebuah taman, pusat perbelanjaan, bioskop, waterpark, restoran, dan yang lainnya. Khan Shatyr dirancang untuk menunjukkan bahwa Kazakhstan sudah mulai bergabung dengan dunia luar yang sekarang telah semakin saling berhubungan.

Bandara Internasional Beijing. Bandara yang memiliki bentuk seperti kapal perang induk ini selesai pada tahun 2008, sebagai pintu gerbang kota Beijing untuk Olimpiade ke 29. Terminal 3 dari bandara internasional Beijing merupakan bandara terbesar dan paling maju di dunia. Pada tahap perencanaan, terminal ini dirancang untuk menampung 50 juta penumpang pada tahun 2020.(Sumber: www.fosterandpartners.com)

 

Bandara Internasional Beijing. Bandara yang memiliki bentuk seperti kapal perang induk ini selesai pada tahun 2008, sebagai pintu gerbang kota Beijing untuk Olimpiade ke 29. Terminal 3 dari bandara internasional Beijing merupakan bandara terbesar dan paling maju di dunia. Pada tahap perencanaan, terminal ini dirancang untuk menampung 50 juta penumpang pada tahun 2020.

Bangunan ini memiliki luas hingga lebih dari 1,3juta meter persegi dan memakan waktu hanya 4 tahun dari tahap desain hingga selesai. Desain bangunan dibuat dengan mengoptimalkan material dari dalam negeri yang tersedia untuk meminimalisasi biaya pembangunan.



Infinity Tower. Berlokasi di Dubai, Infinity Tower merupakan gedung pencakar langit tertinggi di dunia yang memiliki bentuk bangunan unik yang memutar hingga 90 derajat. Yang paling menarik, gedung ini didirikan tanpa pilar penyangga di dalam gedung.(Sumber: azeem.me)

 

Infinity Tower. Berlokasi di Dubai, Infinity Tower merupakan gedung pencakar langit tertinggi di dunia yang memiliki bentuk bangunan unik yang memutar hingga 90 derajat. Yang paling menarik, gedung ini didirikan tanpa pilar penyangga di dalam gedung.

Menara yang memiliki 75 lantai ini seluruhnya diperuntukan sebagai tempat tinggal yang menampung sekitar 500 apartemen dengan pemandangan tepi laut. Akibat dari bentuknya yang memutar, pemandangan yang disuguhkan oleh bangunan ini pun berbeda-beda bergantung pada di mana Anda berada. Penghuni di bagian bawah menara memiliki pemandangan yang mengarah ke Dubai Marina, sedangkan yang di lantai atas dapat menikmati pemandangan indah dari Teluk Persia.

Bentuk memutar dari bangunan ini didapatkan dari sedikit rotasi pada tiap plat lantainya. Setiap plat lantai rata-rata diputar sekitar lebih dari satu derajat, yang membuat bangunan ini berbutar 90 derajat setelah naik setinggi 307 meter.

Sumber:

http://myfirstclasslife.com

http://rumahwaskita.com

http://documents.tips

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Shabrina Alfari

Shasa was born in Jakarta 9th April 1994. She graduated from University of Indonesia in 2016, majored in German Language and Studies. She really loves to read about anything, from novel, fiction, poets and etc. After graduated, she enjoys writing about many different topics and now she currently works as a Content Writer.