Mengetahui Desain Kawasan Township atau Kota Baru

Mengetahui Desain Kawasan Township atau Kota Baru | Foto artikel Arsitag

Kota baru adalah kota yang dirancang terlebih dahulu, terpisah dari daerah perkotaan yang sudah matang. Kota baru sengaja dibangun sebagai kota mandiri dengan menyediakan berbagai aktivitas (pekerjaan) untuk para penduduknya agar kota baru dapat menjadi tempat bermukim bagi para pendatang.

Dilihat dari sisi pengembangannya, township kerap diistilahkan dengan planned community (komunitas yang terencana) atau planned city (kota yang terencana). Planned city merupakan sebuah kawasan permukiman yang sejak awal memang direncanakan dengan hati-hati. Biasanya kawasan ini dibangun di daerah yang berlum ter-develop sehingga tidak mengganggu tata ruang.

Kota harapan indah, Bekasi (Sumber: kotaharapanindah.com)Kota harapan indah, Bekasi (Sumber: kotaharapanindah.com)

Di Jakarta, beberapa pengembang besar membangun proyek perumahan berskala kota (di atas 500 hektar) di kawasan sub urban sebagai wilayah penyangga, untuk meringankan beban kehidupan di ibukota.

Mega proyek ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang seperti fasilitas pendidikan, kesehatan, keuangan, pusat belanja, hiburan, dan lainnya. Dengan kata lain, semua kebutuhan manusia dari mulai lahir hingga meninggal tersedia di sini.

Grand Wisata, Bekasi (Sumber: wikimapia.org)Grand Wisata, Bekasi (Sumber: wikimapia.org)

Klasifikasi kota baru

Fungsi dan tujuan kota baru sangat bervariasi dari segi lokasi, jenis, serta pola fisiknya. Namun, secara fungsional kota baru dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu:

1. Kota Penunjang

Kota penunjang adalah kota baru yang direncanakan dan dikembangkan dalam kaitan dengan kota yang telah tumbuh dan berkembang. Kota baru ini dapat dikatakan sebagai supporting new town atau kota baru penunjang karena berperan sebagai penunjang eksistensi kota yang sudah ada serta telah berkembang.

Secara ekonomi dan social, fungsinya masih tergantung pada kota induk. Secara geografis juga kota baru penunjang dibangun pada wilayah tertentu yang jaraknya berdekatan dengan kota induk. Kota-kota penunjang antara lain:

  • Permukiman skala besar di pinggiran dan di luar kota induk yang disebut kota satelit
  • Kota kecil di sekitar kota induk yang ditingkatkan dan dikembangkan
Gading serpong (Sumber: www.propertynbank.com)Gading serpong (Sumber: www.propertynbank.com)

2. Kota Mandiri

Kota mandiri adalah kota yang direncanakan dan dikembangkan tersendiri. Meski fungsinya sama dengan kota-kota yang telah tumbuh dan berkembang, kota-kota ini dikembangkan dengan fungsi khusus yang berkaitan dengan potensi tertentu. Secara ekonomi dan sosial juga kota mandiri dapat memenuhi kebutuhan sendiri. Secara geografis, kota baru mandiri terletak di wilayah tersendiri yang berjarak cukup jauh dari kota yang sudah ada.

Kota mandiri ini antara lain:

  • Kota pusat pemerintahan
  • Kota industri atau pertambangan
  • Kota usaha kehutanan
  • Kota instalasi militer
  • Kota pusat rekreasi
  • Pemukiman skala besar
BSD Interchange Plaza karya SNRG Studio (Sumber: arsitag.com)BSD Interchange Plaza karya SNRG Studio (Sumber: arsitag.com)

Fasilitasnya yang lengkap dan pontensi pengembangan yang tinggi di masa depan, membuat proyek-proyek berskala kota semakin diminati konsumen. Fasilitas yang ada juga membuka lapangan pekerjaan untuk banyak orang sehingga proyek township ini menjadi tempat mencari nafkah bagi masyarakat dari luar kawasan. Maka, beban di ibukota bisa dialihkan ke tempat ini. Hal inilah yang membuat perumahan berskala kota ini kerap disebat sebagai kota satelit atau kota mandiri.

Rumah Sakit Pertamina Sentul City karya PT Global Rancang Selaras (Sumber: arsitag.com)Rumah Sakit Pertamina Sentul City karya PT Global Rancang Selaras (Sumber: arsitag.com)

Jika dilihat dari konsep pengembangannya, perumahan berskala kota di kawasan penyangga Jakarta dilakukan dalam dua cara, yaitu

  1. Mengembangkan hunian terlebih dahulu, kemudian membangun fasilitas (BSD City)
  2. Membangun fasilitas dahulu, kemudian hunian (Lippo Village Karawaci)
The Breeze, BSD City (Sumber: www.globalrealestateexperts.com)The Breeze, BSD City (Sumber: www.globalrealestateexperts.com)

Township di Bodetabek

BSD City

BSD City dibangun pada 1984 dan menjadi proyek kota baru pertama di Indonesia. Namun, pembangunan fisiknya baru dimulai pada tahun 1989. BSD City merupakan proyek kota terencana dengan total luas lahan terbesar di Indonesia, yaitu 6.000 hektar.

BSD City memiliki beberapa pusat perbelanjaan seperti BSD Plaza, Aeon Mall, BSD junction, Teraskota, dan lainnya, rumah sakit, sekolah-sekolah, perguruan tinggi, waterpark, ICE (Indonesia Convention Exhibition), hotel, ruko, dan sekitar 31 kluster perumahan.

Developer : Sinarmas Land

Lippo Karawaci (Sumber: www.lippokarawaci.co.id)Lippo Karawaci (Sumber: www.lippokarawaci.co.id)

Lippo Karawaci

Pada tahun 1993, Lippo Group melalui anak perusahaannya PT Lippo Karawaci Tbk. meresmikan pembangunan kota mandiri pertamanya yaitu Lippo Village di Karawaci, Tangerang yang terletak 30 km di sebelah barat Jakarta seluas 2.500 hektar.

Di Lippo Village dapat ditemui berbagai macam aktivitas perkotaan, mulai dari perkantoran, mall, kondominium, hotel, rumah sakit, ruko, universitas, fasilitas ibadah, dan lebih dari 500 rumah.

Developer : Lippo Group

Sumber:

http://www.propertyandthecity.com

http://perencanaankota.blogspot.co.id

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Shabrina Alfari

Shasa was born in Jakarta 9th April 1994. She graduated from University of Indonesia in 2016, majored in German Language and Studies. She really loves to read about anything, from novel, fiction, poets and etc. After graduated, she enjoys writing about many different topics and now she currently works as a Content Writer.