Tampilan Baru Midcentury Modern pada Desain Dapur Anda

Tampilan Baru Midcentury Modern pada Desain Dapur Anda | Foto artikel Arsitag
Cover : Dapur midcentury modern by Frank Lloyd Wright(Sumber: whiteorchidinteriors.com)


 

Dapur bisa menjadi salah satu proyek yang paling menantang ketika merenovasi rumah midcentury. Kita sering mengangankan dapur luas dengan konsep terbuka, jauh melebihi tata ruang lama. Memperluas tata ruang tentu menghabiskan banyak biaya karena ruang itu tentu harus dipisahkan dari ruang sebelahnya atau perlu menambahkan elemen baru pada rumah itu.

Namun era midcentury modern mengajarkan kita bahwa menata ulang dapur tidak perlu berhemat dalam hal fungsi atau estetika. Ketika merenovasi sebuah dapur midcentury modern, pertimbangkan untuk memperbarui finishing, peralatan, dan tempat penyimpanan, sekaligus mempertahankan tata letak yang efisien.

Ada beberapa ciri-ciri khas dapur midcentury modern yang dapat ditonjolkan dan bernilai tinggi daripada disingkirkan selama renovasi. Kebanyakan dapur yang dibangun selama periode itu bersifat masif, sering kali bergaya dapur kapal, dengan dua counter sejajar. Dapur midcentury modern biasanya bukan ruang yang ditentukan secara terpisah. Sebaliknya, ada kontinuitas antara dapur dan ruang tamu yang bersebelahan, yang diciptakan oleh bidang langit-langit yang luas, seperti pada dapur di atas.
 Desain dapur midcentury modern (Sumber: residencestyle.com)
 

Ada beberapa ciri-ciri khas dapur midcentury modern yang dapat ditonjolkan dan bernilai tinggi daripada disingkirkan selama renovasi. Kebanyakan dapur yang dibangun selama periode itu bersifat masif, sering kali bergaya dapur kapal, dengan dua counter sejajar. Dapur midcentury modern biasanya bukan ruang yang ditentukan secara terpisah. Sebaliknya, ada kontinuitas antara dapur dan ruang tamu yang bersebelahan, yang diciptakan oleh bidang langit-langit yang luas, seperti pada dapur di atas.

Ketika merenovasi dapur Anda, sebaiknya tetap mengikuti prinsip-prinsip tata letak ini daripada mengabaikannya, dan pertimbangkan hal-hal berikut untuk memperbarui dapur agar memenuhi kebutuhan fungsional Anda saat menciptakan suatu ruang yang mempertahankan desain asli.

midcentury modernDekorasi dapur midcentury modern (Sumber: casualhomefurnishings.com)
 

Pertahankan gaya asli

Pertimbangkan berbagai pilihan sesuai anggaran Anda. Anda dapat membuat ruang kecil yang sangat efisien dan bermanfaat melalui solusi desain yang cerdas. Dengan perencanaan yang matang, dapur bergaya dapur kapal akan sangat efektif, dengan ergonomi kerja yang tepat dan peralatan yang mudah dijangkau.

Sebaiknya berhemat dengan tidak memperluas dapur untuk memanjakan diri dengan peralatan canggih yang dapat menambah kenyamanan memasak Anda. Perbarui finishing dengan material yang lebih tahan lama dan praktis daripada yang digunakan pada konstruksi asli. Apabila Anda memiliki anggaran tidak terbatas, menambahkan countertop dan lemari baru tentu cukup mahal, tetapi akhirnya meningkatkan nilai estetika dapur Anda.

midcentury modern Ide dapur bergaya midcentury modern (Sumber: katwillsonphotography.com)
 

Untuk anggaran yang terbatas, Anda cukup memperbarui finishing counter atau countertop, menambahkan peralatan baru dan mempertahankan material lantai dapur. Tetap manis, bukan?

midcentury modernRenovasi dapur midcentury modern (Sumber: budgetdumpster.com)
 

Gabungkan material baru

Tidak bisa disangkal bahwa menggabungkan finishing baru dalam dapur Anda akan memberikan tampilan abad ke-21 tanpa merusak kerangka aslinya. Saat ini sangat berlimpah material yang tidak tersedia pada waktu rumah itu pertama kali dibangun.

Dapur ini direnovasi untuk menciptakan ruangan yang bersih dan modern dengan menambahkan countertop dan peralatan modern. Paduan warna yang cantik semakin menegaskan elemen midcentury modern bila dikombinasikan dengan finishing kayu.

midcentury modernRenovasi dapur rumah midcentury modern di Tabor Hill by Flavin Architects (Sumber:  natrea.com)
 

Bebaskan ruang

Dapur floating atau free standing yang terpisah dari dinding eksterior maupun interior rumah, adalah tren desain midcentury klasik. Ide ini agak berlawanan dengan intuisi karena kita telah terbiasa menempatkan bak cuci pada dinding dengan jendela di atasnya. Nilai penting dari pendekatan ini menciptakan kesan luas namun, tetap menjaga sifat masif dapur ini.

Merombak dapur ini selangkah lebih jauh dengan menggantung kabinet atas di atas counter dan di bawah langit-langit. Trik ini menonjolkan langit-langit dan menyatukan dapur kecil dengan ruang makan yang berdekatan. Desain terbaru ini, dipadukan dengan kemiringan atap landai dan jendela kaca yang luas, menambah keterbukaan desain arsitektur yang asli. Selain itu, counter juga berfungsi sebagai meja sekaligus island. Karena meja tidak menempel ke dinding, maka tercipta ruang yang terbuka dan menerus (continue), meskipun dapur itu sendiri mungkin relatif kecil.

midcentury modernDapur midcentury modern (Sumber: hgtv.com)
 

Ingin mencoba ide lain dengan konsep dapur free standing tersebut? Anda bisa menempatkan counter sebagai pembatas ruang antara dapur dan ruang tamu di sebelahnya. Bagian atas counter dibuat rak pajang untuk barang pecah belah yang langsung terpancang dengan langit-langit. Ide partisi rak ini memberi kesan luas dan continue antara ruang tamu dan dapur.

midcentury modernIde desain dapur midcentury modern (Sumber: williamgeis.com)
 

Tempat penyimpanan ekstra

Lalu, bagaimana cara menciptakan tempat penyimpanan yang memadai tanpa memperluas dapur berukuran sedang? Kembangkan kreativitas Anda. Manfaatkan setiap sudut dan celah yang tidak terpakai.

Dalam renovasi dapur ini, terdapat penyimpanan tersembunyi, di belakang panel kayu yang elegan dengan hardware tersembunyi.
Renovasi dapur pada rumah midcentury modern (Sumber: people.hgtv.com)
 

Dalam renovasi dapur ini, terdapat penyimpanan tersembunyi, di belakang panel kayu yang elegan dengan hardware tersembunyi.

Menyatu dengan alam
Ide dapur midcentury modern (Sumber: onekindesign.com)
 

Menyatu dengan alam

Bila memungkinkan, tambahkan counter memanjang dan separuhnya berada di outdoor. Ide ini menghubungkan ruang indoor dengan pemandangan sekitarnya. Memanfaatkan cahaya matahari yang berlimpah dan menonjolkan hubungan antara indoor dan outdoor adalah gagasan desain midcentury modern[ROS]
 

Sumber:

https://www.houzz.com/

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Rosida Widyastuti

Rosida Widyastuti lulusan Arsitektur angkatan'99 dari fakultas Teknik Arsitektur. Pernah bekerja di PT CIPTA MATRA (2001-2005) dan di PT Putera Indonusa Prakarsa (2005-2006) sebagai Arsitek Kepala. Saat ini bekerja sebagai penerjemah lepas untuk PT. Elex Media Komputindo Jakarta dan PT. Gandum Mas Malang.