Ide Desain Kamar Tidur Apartemen Sempit Jadi Estetik Dan Nyaman

desain kamar tidur apartemen

Tinggal di hunian yang mungil seperti sebuah apartemen menantang kreativitas penghuni  dalam pemanfaatan setiap ruang yang tersedia. Anda perlu mempertimbangkan metode penyimpanan barang, penempatan furniture, serta dekorasi yang tepat untuk membuat area tersebut nyaman dan estetik. 

Beberapa ide desain kamar tidur apartemen berikut bisa menjadi arsenal dalam mendesain atau renovasi kamar di hunian Anda saat ini.

Lemari Kaca Transparan

Lemari kaca transparan dengan material kayu yang hangat, Karya Metaphor Interior Architecture via Arsitag 

Lemari kaca transparan dalam kamar tidur apartemen menjadi salah satu pilihan cerdik. Bahan kaca yang transparan turut membangun ilusi ruangan yang lebih luas dan nyaman. Untuk membuatnya terlihat lebih estetik, pastikan agar pakaian dalam lemari tertata dengan rapi. Warna bagian dalam lemari juga dapat disesuaikan dengan tone warna kamar sehingga tampilannya terlihat menyatu.

Pencahayaan Maksimal

Kamar tidur apartemen dalam balutan warna gelap dan dinding kaca sebagai sumber cahaya, Karya Co+in Collaborative Lab via Arsitag 

Sumber pencahayaan terbaik untuk kamar tidur apartemen berasal dari penerangan alami. Dedikasikan salah satu sisi ruangan sebagai jendela untuk penerangan berlimpah. Dalam kamar yang super mungil, minimalkan penggunaan furniture . Jadikan tempat tidur sebagai furniture utama dalam ruangan. 

Dalam apartemen mungil ini, Co+in Collaborative Lab mendesain tempat tidur dengan headboard hitam dan cermin besar menjadi focus of attention. Penggunaan warna gelap sebagai warna dominan mampu diimbangi dengan sumber cahaya yang masuk serta minimnya dekorasi ruangan sehingga kamar tidak terlihat sesak dan berat.

Dinding Kaca 

Dinding kaca dengan frame besi hitam lengkung, Karya Co+in Collaborative Lab via Arsitag 

Alih-alih menggunakan dinding tembok sebagai pembatas, kamar tidur apartemen ini menggunakan dinding kaca sebagai pembatas yang memisahkan antara tempat tidur dengan ruang makan. Dinding kaca yang dipergunakan dihiasi dengan frame besi hitam lengkung yang menambah nilai estetika. Material ini membuat ruangan menjadi lebih terbuka terlepas dari ukurannya yang super sempit. Warna kayu lembut dalam kamar tidur membuat suasana terasa lebih ringan.

Tempat Penyimpanan di Bawah Tempat Tidur

Tempat tidur pada elevated area yang sekaligus dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan, Karya Co+in Collaborative Lab via Arsitag 

Kamar tidur apartemen studio ini mencoba memaksimalkan ruang yang tersedia dengan membuat tempat penyimpanan di bawah tempat tidur.  Ketinggian tempat tidur yang jauh berbeda menjadi pembatas visual dengan area sekitarnya. Palet warna lembut yang dipergunakan untuk semua bagian ruangan menciptakan kesan ringan dan lembut.

Permainan Ilusi

Ilusi ketinggiaan dengan penggunaan tiang frame tempat tidur dalam ruangan sempit, Karya Hello Embryo via Arsitag 

Desain kamar tidur apartemen ini memfokuskan pada tempat tidur dengan frame tinggi. Penggunaan frame tanpa adanya kain penutup membawa pandangan mata menuju keatas dan menciptakan ilusi ruangan yang tinggi. Permainan pola dan tekstur menjadi dekorasi utama dalam ruangan dengan adanya karpet bulu tebal serta pola geometris pada bagian headboard.

Penggunaan Material bertema Industrial

Rangkaian pipa besi yang menyatukan tempat tidur, meja samping tempat tidur, dan rak penyimpanan, Karya Hello Embryo via Arsitag 

Penggunaan material berupa pipa dalam kamar tidur apartemen ini membawa kesan industrial yang playful, kokoh, dan bermanfaat. Pipa dalam balutan warna biru ini menjadi rangka tempat tidur sekaligus rak yang menjadi satu kesatuan dengan meja samping tempat tidur. Dinding ruangan berupa beton ekspos dan korden abu-abu mempertegas kesan industrial tersebut. Namun, penggunaan warna biru cerah dengan tambahan dekorasi berupa mainan anak membuatnya terlihat lebih menarik.

Alcove dalam Kamar Tidur

Alcove dengan atap segitiga dan warna pink pastel dalam kamar tidur, Karya Hello Embryo via Arsitag 

Hal menarik dari kamar tidur apartemen mungil ini adalah penggunaan alcove yang bersebelahan satu sama lain. Bentuk segitiga pada atap alcove menjadi sentuhan unik yang membuat perhatian teralihkan dari ukuran kamar yang mungil. Tampilan yang estetik diperkuat dengan warna pastel pink pada headboard  dan desain abstrak pada salah satu dinding kamar tidur. 

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!
Puji Lestari
AUTHOR
Penulis lepas yang telah menulis beragam artikel dengan berbagai tema. Senang menulis dengan ide yang kreatif, informatif, dan bermanfaat.
press releasekontaksyarat dan ketentuan
© PT Tritama Gemilang Sukses 2016 - 2022 | All rights reserved.
hello world!
Ingin Renovasi Atau Bangun?
Hubungi Kami
Ingin Renovasi Atau Bangun?
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram