Tips Dekorasi Rumah dengan Kaca Dinding Ruang Tamu Cantik

kaca dinding ruang tamu

Cermin tak hanya bisa diletakkan di kamar tidur untuk melengkapi meja rias. Cermin juga bisa dimanfaatkan untuk dekorasi rumah, misalnya dengan menempatkan cermin di ruang tamu.

Nah, jika Anda tertarik menggunakan cermin sebagai salah satu elemen dekorasi, sebaiknya simak dulu tips dekorasi rumah dengan kaca cermin dinding ruang tamu berikut ini agar hasilnya cantik!

Pilih Posisi Kaca Cermin Dinding Ruang Tamu yang Mampu Pantulkan Cahaya Lebih Optimal

Posisi kaca cermin yang memantulkan cahaya dengan sempurna, karya PT. Dekorasi Hunian Indonesia, via Arsitag

Kaca cermin tak hanya memantulkan objek yang berada di depannya. Kaca cermin juga memantulkan cahaya alami dan cahaya lampu sehingga ruangan jadi lebih terang, baik di siang hari maupun di malam hari.

Untuk ruang tamu yang berukuran kecil, cermin bisa diletakkan ditempat yang berlawanan dengan arah datangnya cahaya alami. Dengan kata lain, posisi cermin tepat di depan cahaya alami masuk. Misalnya, di depan pintu atau jendela. Dengan cara ini, cahaya akan terpantul dengan sempurna sehingga ruang tamu lebih terang.

Frame Kaca Cermin Unik Jadikan Ruang Tamu Makin Cantik

Cermin bentuk lingkaran dengan aksen abstrak pada bingkainya, karya Mario Rizky Slawat Siregar, via Arsitag

Kaca cermin dengan frame yang unik sama seperti sebuah karya seni yang akan mempercantik ruang tamu. Lihat saja pada inspirasi ini. Sebuah cermin berbentuk lingkaran tampil menawan dengan frame berbentuk ranting-ranting kayu.

Tentu saja, sebaiknya pilih frame cermin kaca yang serasi dengan style ruang tamu sehingga ruang tamu semakin cantik!

Baca juga: Tips Memakai Cermin untuk Desain Interior Rumah yang Cantik

Dekorasi Cermin Kembar Boleh Juga!

Kaca cermin kembar yang cantik, foto oleh Spacejoy, via Unsplash

Jika tak ingin meletakkan cermin tunggal berukuran besar di ruang tamu yang luas, cermin kembar seperti pada inspirasi ini bisa jadi pilihan. Cermin kembar bisa ditata sejajar atau dengan posisi satu cermin lebih tinggi dan satu cermin lebih rendah.  

Tak hanya di salah satu sisi dinding ruang tamu saja, sepasang cermin kembar lainnya juga bisa ditambahkan pada sisi lain dinding ruang tamu. Dengan cara ini, cahaya alami dan cahaya lampu bisa dipantulkan lebih banyak lagi di ruang tamu yang luas.

Material Frame Kaca Cermin dan Style Ruang Tamu yang Serasi

Frame natural yang serasi dengan style ruangan, foto oleh Spacejoy, via Unsplash

Selain bentuk cermin, material frame kaca cermin juga perlu diperhatikan. Tipsnya, pilih material frame yang serasi dengan style ruang tamu.

Contohnya pada inspirasi ini. Style natural di ruang tamu yang ditandai dengan lantai dari material kayu, furnitur kayu, pot tanaman dari material natural, dan dekorasi tanaman hijau menjadi alasan kuat untuk memilih frame kaca cermin dari material kayu dengan finishing kasar. Dengan pilihan ini, dekorasi rumah dengan kaca cermin dinding ruang tamu pun tampil cantik!

Pilih Cermin Lingkaran Sempurna untuk Kesan Modern

Cermin lingkaran sempurna dengan frame minimalis, foto oleh Kara Eads, via Unsplash

Ada banyak pilihan bentuk cermin untuk dekorasi. Namun jika ingin mempertahankan kesan modern, sebaiknya pilih cermin berbentuk lingkaran sempurna. Sedangkan, untuk frame atau bingkainya, pilih frame simpel dan minimalis dari material logam untuk semakin menguatkan kesan modern.

Baca juga: Ide Cemerlang untuk Hiasan Dinding Rumah Super Cantik

Jangan Ragu Memilih Cermin Berukuran Besar

Cermin lingkaran berukuran besar untuk area open space, foto oleh Max Vakhtbovych, via Pexels

Ragu-ragu memilih cermin berukuran besar? Semakin besar ukuran cermin, maka semakin banyak pula cahaya yang bisa dipantulkan cermin tersebut ke dalam sebuah ruangan. Ruangan pun dilimpahi lebih banyak cahaya. Karena itu, jangan ragu memilih cermin berukuran besar. Kaca cermin berukuran besar, cocok diletakan di ruang tamu yang luas atau open space yang menggabungkan ruang tamu dengan ruang makan dan dapur.

Nah, setelah menyimak beberapa tips dekorasi rumah dengan kaca cermin ruang tamu ini, tentu Anda semakin yakin untuk memilih dekorasi kaca cermin ‘kan? Dekorasi kaca cermin jadi pilihan sempurna untuk mempercantik ruang tamu sekaligus menjadikan ruangan lebih terang dan berkesan luas! Yuk, sekarang waktunya berburu cermin kaca untuk dekorasi!

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!
Puji Lestari
AUTHOR
Penulis lepas yang telah menulis beragam artikel dengan berbagai tema. Senang menulis dengan ide yang kreatif, informatif, dan bermanfaat.
press releasekontaksyarat dan ketentuan
© PT Tritama Gemilang Sukses 2016 - 2022 | All rights reserved.
hello world!
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram