Desain Rumah Skandinavian Minimalis yang Sederhana dan Elegan

rumah skandinavian

Gaya minimalis memang terkenal trendi, dan dari sekian banyak varian gaya desain ini, desain rumah Skandinavian minimalis. Pilihan dekorasi yang super minimal dengan tampilan super nyaman menjadi ciri khasnya. Tidak heran bila banyak orang jatuh hati pada desain ini. 

Kali ini, kita akan melihat salah satu desain rumah Skandinavian minimalis yang sederhana dan elegan yang berada di kota Surakarta.

Ruang Tamu Mini dengan Sentuhan Etnik

Letupan warna motif geometris dan etnik dalam ruang tamu minimalis, Karya Heim via Arsitag

Ruang tamu dalam rumah Skandinavian minimalis ini berukuran mini dengan mix and match pada bentuk dan model kursi. Sentuhan unik hadir dari motif etnik pada taplak meja dan gorden jendela. Motif etnik tersebut menghadirkan sentuhan personal pada keseluruhan ruangan dalam porsi yang tepat. 

Letupan warna dari motif etnik tersebut menjadi salah satu ciri dari gaya Skandinavian. Hal menarik lainnya adalah jendela kayu model shutter yang sudah mulai jarang dipergunakan dalam hunian modern saat ini.

Sumber Cahaya dalam Ruangan Open Space di Ruang Keluarga

Konsep lesehan dengan pengaturan furniture yang membumi atau lebih rendah dan dekat ke lantai, Karya Heim via Arsitag

Selepas dari ruang tamu adalah sebuah ruangan open space yang difungsikan sebagai ruang keluarga, dapur, dan ruang makan. 

Ruang/area keluarga dalam rumah Skandinavian minimalis ini menggunakan konsep lesehan, tanpa kursi dengan alas karpet bulu tebal warna coklat kayu netral yang super nyaman. Furniture meja TV dari kayu serta pot tanaman dari anyaman rotan pada sudut ruangan membuat ruangan terasa hangat dan sejuk. Sementara itu, sumber penerangan berasal dari jendela kaca memanjang horisontal di salah satu sisi dinding. 

Penataan dekorasi serta furniture dalam area ini terlihat lebih rendah dan dekat dengan lantai, menyesuaikan dengan konsep duduk lesehan.

Dapur dan Ruang Makan yang Bermandikan Cahaya Matahari

Paduan warna kayu dan hitam terlihat mendominasi dalam dapur plus ruang makan, Karya Heim via Arsitag

Ruang keluarga dalam rumah Skandinavian minimalis ini berbagi tempat dengan dapur sekaligus ruang makan. Di sisi ini, warna netral putih, abu-abu, hitam, dan kayu dengan motif urat kayu terlihat berpadu dengan manis. Bahan kayu dipergunakan pada kitchen cabinet dan permukaan meja, berpadu dengan warna gelap pada bagian lain dari dapur tersebut. Permukaan meja dapur untuk memasak dan kitchen sink menggunakan plester semen dalam warna asli. 

Ruang makan dalam area ini sendiri terbagi menjadi dua pilihan, yaitu indoor dengan kapasitas 2 orang dan area outdoor yang dapat menampung lebih banyak orang. Kedua area tersebut dipisahkan oleh pintu dan jendela kaca lipat. Semua area tersebut terlihat bermandikan cahaya matahari berkat penggunaan kanopi kaca pada area outdoor. 

Desain Kamar Mandi dengan kesan Terbuka

Taman mini dengan atap skylight dengan sekat semi terbuka membawa nuansa alam ke dalam ruangan, Karya Heim via Arsitag

Rumah Skandinavian minimalis ini memiliki dua kamar mandi dengan desain yang serupa

Baca Juga: Prinsip Gaya Minimalis dalam gaya rumah Jepang. Kamar mandi ini mengusung konsep lapang/terbuka dengan penambahan skylight yang menjadi sumber masuknya cahaya matahari. Sekat semi terbuka yang memisahkan tanaman hijau dengan area kamar mandi utama ini membuatnya terkesan lebih dekat dengan alam. Pola keramik dinding yang dipergunakan adalah pola brick bone atau subway tile.

Desain minimalis dengan kontrasnya warna hitam dan putih, dan tambahan kehangatan pada bingkai cermin dari kayu, Karya Heim via Arsitag

Pada kamar mandi lainnya, kesan lapang dihadirkan dengan blok-blok kaca pada bagian atas dinding ruangan, yang berfungsi sebagai sumber masuknya cahaya matahari. Desain kamar mandi ini memiliki kesamaan dengan kamar mandi sebelumnya, mulai dari pola keramik kamar dinding, bingkai cermin dari kayu dengan sudut melengkung, hingga shower dalam warna hitam yang super kontras dengan warna di sekelilingnya.

Desain Tangga

Beton ekspos dan kayu pada tangga hunian, Karya Heim via Arsitag

Setiap area memiliki fungsi tersendiri. Ruang kosong di bawah tangga dalam rumah Skandinavian minimalis ini dimanfaatkan sebagai ruang penyimpanan sekaligus tempat shalat lengkap dengan lampu duduk model tabung yang unik. Untuk tangganya sendiri memiliki perpaduan antara papan kayu sebagai pijakan dan dinding beton ekspos seperti pada permukaan meja dapur.

Kamar Tidur Super Sederhana

Kamar tidur tanpa dekorasi yang super minimalis, Karya Heim via Arsitag

Tidak banyak yang bisa ditemukan dalam kamar tidur di dalam rumah Skandinavian minimalis ini. Sebuah tempat tidur dengan meja rias dan stool kayu menjadi furniture utama dalam ruangan. Sekali lagi, sumber pencahayaan alami matahari mendapat perhatian dengan adanya jendela kaca pada sisi atas dinding ruangan yang memberikan cahaya yang dibutuhkan tanpa mengorbankan privasi. 

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!
Puji Lestari
AUTHOR
Penulis lepas yang telah menulis beragam artikel dengan berbagai tema. Senang menulis dengan ide yang kreatif, informatif, dan bermanfaat.
press releasekontaksyarat dan ketentuan
© PT Tritama Gemilang Sukses 2016 - 2022 | All rights reserved.
hello world!
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram