Desain Arsitektur dan Lanskap Kafe Bermuda yang Menarik Perhatian dan Super Cozy

Desain Arsitektur dan Lanskap Kafe Bermuda yang Menarik Perhatian dan Super Cozy | Foto artikel Arsitag

Desain Kafe Bermuda, karya STUDIÉ,via arsitag.com
 

Tim dari Studio Arsitektur dan Desain Interior, Studié menghadirkan karya segar di kawasan Pamulang, Kota Tangerang Selatan. Karya arsitektur untuk kafe bernama Segitiga Bermuda Coffee and Eatery ini  mengimplementasikan identitas nama kafe itu sendiri yakni segitiga. Hal tersebut jelas terlihat dari bangunannya berupa bentuk geometris segitiga.

Namun, bukan Studié tentunya jika tidak menghadirkan kejutan dan keunikan melalui karya desainnya. Lantas apa saja kejutan dan keunikan yang membuat kafe ini menarik perhatian dan super cozy?

1. Desain kafe yang menarik dari segala sisi
Desain arsitektur Kafe Bermuda, karya STUDIÉ, via arsitag.com

Desain arsitektur Kafe Bermuda, karya STUDIÉ,via arsitag.com
 

Bangun prisma segitiga menjadi bentuk utama pada bangunan kafe. Namun, pada satu sisi miringnya, dibuat lebih panjang sehingga memberi kesan berbeda dan unik. Ada perspektif menarik lainnya yang semakin menunjang kesan berbeda. Yakni, membuat sisi segitiga bangunan tidak langsung menghadap ke jalan.

Bisa dilihat pada gambar cover artikel ini, sisi depan dibuat sedikit miring 45 derajat dari garis jalan, sehinga secara komposisi bisa dilihat dua sisi bangunannya. Hal ini akan memberi referensi atau interpretasi sendiri akan bangunan kafe dari siapa saja yang melihatnya.
 

Baca juga: Desain Toko Kopi Tuku yang Mengundang untuk Sering-sering Mampir
 

2. Interior yang membuat nyaman
Desain interior Kafe Bermuda, karya STUDIÉ, via arsitag.com

Desain interior Kafe Bermuda, karya STUDIÉ,via arsitag.com
 

Bentuk segitiga dari bangunan kafe tak hanya menarik dilihat dari luar. Tentunya bentuk ini juga menjadikan bagian dalamnya terasa unik dan menarik perhatian.

Warna alam mendominasi dari penggunaan perabot kayu, atap, dan dinding bata menjadikan suasana indoor ini terasa cozy dan nyaman untuk bersantai. Di sisi lain, komponen interior seperti lampu, bangku besi, serta rangka ekspos memberi sentuhan gaya industrial yang kental.

Jika dilihat lebih detail lagi, tampak pula penempatan batu belah kecil di sisi kanan dan kiri sebagai treatment estetika untuk mengisi ruang lantai tak terpakai. Sebagai efek dari sudutan yang dibentuk bangun prisma segitiga ini.

3. Dinding kaca yang tak hanya mewah
Desain arsitektur Kafe Bermuda, karya STUDIÉ, via arsitag.com

Desain arsitektur Kafe Bermuda, karya STUDIÉ,via arsitag.com
 

Penggunaan dinding kaca pada kafe memang membuatnya tampil mewah dan modern. Namun, selain itu, dinding kaca menjadi pilihan paling tepat untuk bentuk prisma segitiga yang tidak begitu luas ini agar pengunjung tetap merasa lega lantaran efeknya yang luas. Konsep ini juga sangat menarik karena sensasinya tetap terasa seperti berada di area taman melalui pemandangan yang ‘masuk’ melalui kaca.

Keunggulan lain dari penggunaan kaca ialah saat hujan. Jendela kaca yang mengelilingi kafe akan memberi efek buram ketika hujan deras melanda. Efek lain akan terlihat ketika hujan reda yaitu adanya embun yang menempel. Framing blur yang terlihat dari luar dan dalam tentu akan menenangkan jiwa pengunjung yang datang.

4. Penataan lanskap yang tak kalah epik
Desain lanskap Kafe Bermuda, karya STUDIÉ, via arsitag.com

Desain lanskap Kafe Bermuda, karya STUDIÉ,via arsitag.com
 

Lanskap atau taman kafe kekinian ini juga menjadi bagian yang tak kalah epik untuk dibahas. Mengusung konsep taman kering, penggunaan batu kerikil sebagai groundcover tampil menyatu dengan sentuhan industrial yang ada.

Pengaplikasian bangku semen juga sangat harmonis dan kekinian untuk area nongkrong anak-anak muda. Tak ketinggalan, elemen hijau dari pohon dan semak juga tetap dihadirkan sehingga kafe tetap terlihat segar.

Perhatikan pula di sisi kanan bangunan kafe, tampak kolam dengan air mancurnya untuk memecah kemonotonan sekaligus sebagai elemen estetika yang menawan.
 

Baca juga: Desain Toko Donat Minimalis Japandi yang Super Kece
 

5. Kesan arsitektur monumental
Desain lanskap Kafe Bermuda, karya STUDIÉ, via arsitag.com

Desain lanskap Kafe Bermuda, karya STUDIÉ,via arsitag.com
 

Satu sisi di area outdoor dibuat bertingkat layaknya amfiteater. Ditambah, gerbang masuk dibuat lurus dengan bangunan kafe, sehingga bentuk segitiga itu sendiri seolah memberi kesan monumental pada bangunan kafe. Bagi pengunjung masa kini, view seperti ini adalah spot favorit untuk dijadikan tempat berfoto.

Bagaimana, memang menarik perhatian dan super cozy, bukan? Karya desain yang tak biasa seperti ini memang menjadi tren di masa sekarang. Tentunya hasil yang tepat seperti ini bisa didapat jika Anda memilih arsitek yang tepat pula.

AUTHOR

Tarmizi

Penulis adalah lulusan Arsitektur Lanskap yang juga menggemari dunia penulisan sejak bangku kuliah. Kegemarannya ini membuat penulis aktif sebagai freelancer untuk menulis konten di berbagai website. Ilmu seni, arsitektur, dan tanaman yang didapat selama mengenyam pendidikan juga menjadi modal untuk tulisan-tulisannya.