Arsitektur Rumah Industrial Kontemporer dengan Zen Garden Courtyard yang Mempesona

Arsitektur Rumah Industrial Kontemporer dengan Zen Garden Courtyard yang Mempesona | Foto artikel Arsitag

RR House, sebuah hunian di kawasan Kota Bandung, oleh Rakta Studio, via Arsitag
 

Gaya industrial termasuk salah satu gaya interior yang banyak digunakan untuk bangunan komersial. Meski masih jarang digunakan pada hunian, memberikan sentuhan industrial bisa menjadi salah satu cara menghadirkan tampilan unik dalam rumah Anda. Salah satu contohnya seperti yang diterapkan oleh Rakta Studio untuk proyek mereka yang dinamakan Ruang Bayang-RR House.

Rumah tinggal yang berada di Kota Bandung ini memadukan gaya industrial dengan sentuhan kontemporer. Hasilnya, Anda akan melihat garis-garis tegas yang tetap terlihat kekinian.

Kehadiran Zen Garden di tengah bangunan dengan pohon-pohon hijau di sekelilingnya, RR House benar-benar inspirasi menarik bagi Anda yang ingin menggunakan konsep serupa.

Detail Eksterior Depan yang Menarik
Tampilan depan RR House, oleh Rakta Studio, via Arsitag

Tampilan depan RR House, oleh Rakta Studio, via Arsitag
 

Jika kebanyakan gaya industrial hanya mengandalkan beton ekspos atau penggunaan material besi yang polos, hal tersebut tidak akan Anda temukan di RR House. Dari bagian depan, hunian ini hadir dengan eksteriornya yang unik.

Bagian pagar tampak menampilkan beton ekspos dan besi biasa yang dicat hitam. Namun, ketika Anda melihat ke lantai dua, pemandangan yang memukau akan menyambut. Detail eksterior secondary skin berbentuk papan ukiran atau besi perforated metal seakan menyedot seluruh perhatian orang yang melihatnya. Di malam hari, permainan cahaya dari dalam bangunan membuat detailnya semakin mencolok dan terlihat menarik.

Di bagian bawah, pintu garasi kayu dengan warna bergradasi akan menyambut Anda. Dipadu dengan sebuah taman kecil di sisi kanan, Anda sama sekali tidak akan merasakan kesan kaku dari material-material besi yang mengelilinginya.

Interior yang Simpel Namun Tetap Terlihat Modern
Suasana di dalam RR House, oleh Rakta Studio, via Arsitag

Suasana di dalam RR House, oleh Rakta Studio, via Arsitag
 

Memasuki rumah dua lantai ini, Anda akan disambut dengan nuansa yang simpel. Ini disebabkan oleh pemilihan warna yang cenderung menggunakan palet dasar. Warna putih, hitam, dan abu-abu, sesekali diselingi dengan material kayu yang menghangatkan.
 

Baca juga: Desain Rumah Mewah Minimalis Modern yang Super Lega dan Elegan
 

Permainan cahaya yang ciamik, oleh Rakta Studio, via Arsitag

Permainan cahaya yang ciamik, oleh Rakta Studio, via Arsitag
 

Permainan cahaya yang berasal dari dinding kaca di beberapa sudut, membuat seluruh area rumah terlihat terang benderang dan terasa fresh di siang hari. Sementara, di malam hari cahaya berlapis yang berasal dari lampu-lampu yang menyebar, menciptakan kesan yang nyaman dan menenangkan. Pemilihan perabotan memberikan kesan kontemporer untuk keseluruhan ruangan.

Zen Garden Courtyard yang Jadi Nilai Plus
Zen Garden, hadirkan suasana fresh ke dalam rumah, oleh Rakta Studio, via Arsitag

Zen Garden, hadirkan suasana fresh ke dalam rumah, oleh Rakta Studio, via Arsitag
 

Memiliki rumah yang besar dan megah adalah hal yang lumrah. Namun, membuatnya tetap terasa asri memerlukan kreativitas yang luar biasa. Di RR House, penghuni menemukannya dari desain courtyard bergaya Zen Garden yang berada di tengah bangunan.

Sebuah piano di salah satu sisi Zen Garden, oleh Rakta Studio, via Arsitag

Sebuah piano di salah satu sisi Zen Garden, oleh Rakta Studio, via Arsitag
 

Dikelilingi dinding beton dan dinding kaca, Zen Garden yang merupakan taman di tengah rumah itu juga difungsikan sebagai tempat bermain piano. Memadukan kolam persegi panjang, tanaman, dan bebatuan, zen garden di rumah ini benar-benar jadi tempat sempurna untuk bersantai bersama keluarga.
 

Baca juga: Desain Rumah Mewah dengan Gaya Industrial Minimalis yang Menawan
 

Taman yang membuat suasana menjadi segar, oleh Rakta Studio, via Arsitag

Taman yang membuat suasana menjadi segar, oleh Rakta Studio, via Arsitag
 

Dengan ukuran bangunan yang luas, RR House berhasil menampilkan perpaduan gaya industrial dengan kontemporer secara sempurna. Selain desain yang apik, penghuni rumah juga dapat merasakan sirkulasi udara dan cahaya yang lancar serta suasana yang hangat dan nyaman.

Tertarik menggunakan desain rumah ini sebagai inspirasi hunian Anda di masa depan? Hubungi arsiteknya, Rakta Studio, di sini.

AUTHOR

Anita

Penulis lepas dengan pengalaman 5 tahun ini sangat passionate dalam dunia tulis menulis. Motto hidupnya adalah "Integrity is doing the right thing when no one is watching."