Desain Rumah Eklektik dengan Sentuhan Warna-Warni yang Berani

Desain Rumah Eklektik dengan Sentuhan Warna-Warni yang Berani | Foto artikel Arsitag
Desain rumah karya Vindo Design, via arsitag.com

Anda baru pertama kali memiliki rumah? Atau, sedang ingin merenovasi rumah, tapi tidak memiliki pengalaman desain? Mungkin, saat ini Anda sedang kebingungan memilih gaya interior yang sesuai. Anda mungkin menginginkan sentuhan yang minimalis, namun di saat bersamaan ingin memasukkan unsur lain sesuai selera pribadi. Jika dihadapkan pada situasi seperti ini, cara yang bisa Anda pilih sebagai solusi adalah dengan memilih desain rumah eklektik.

Gaya interior eklektik mulai populer pada abad ke-19. Menggunakan komponen historis sebagai dasar untuk menciptakan kesan otentik, gaya satu ini juga memberi kebebasan kepada desainer untuk berekspresi sesuai selera. Jika Anda penasaran seperti apa contoh gaya eklektik, Urban House 2.0 berikut bisa menjadi inspirasi desain rumah unik yang menarik.

Desain Modern Urban sebagai Dasar
Fasad rumah karya Vindo Design, via arsitag.com

Fasad rumah karya Vindo Design, via arsitag.com
 

Urban House 2.0 pada dasarnya adalah rumah hunian yang sudah jadi. Proyek renovasi ini dilakukan oleh Vindo Desain. Masih berpegang pada konsep lama bangunan, beragam sentuhan baru yang diberikan ke dalamnya membuat hunian ini berhasil tampil berbeda.

Ruang makan dengan warna-warni yang fun karya Vindo Design, via arsitag.com

Ruang makan dengan warna-warni yang fun karya Vindo Design, via arsitag.com
 

Di dalam rumah, Anda akan menemukan kejutan berbeda dari eksterior bangunan yang cenderung tampil dengan warna-warna natural nan minimalis. Begitu memasuki rumah, Anda akan disambut dengan warna-warni yang segar dan cerah. Ruang makan ini misalnya, menghadirkan biru pastel sebagai warna dasar dinding dengan beberapa sentuhan pop up color di beberapa sudut. Tidak hanya dua kursi warna-warni yang dipasang, sebuah lukisan bergaya pop art di dinding menjadi highlight yang mempermanis ruangan.
 

Baca juga: Desain Apartemen di Moskow dengan Keceriaan yang Penuh Warna
 

Memasukkan Berbagai Unsur Eklektik Sekaligus
Sentuhan etnik dari negara lain di ruang keluarga Karya Vindo Design, via arsitag.com

Sentuhan etnik dari negara lain di ruang keluarga Karya Vindo Design, via arsitag.com
 

Desain interior dengan gaya eklektik memiliki banyak sekali elemen. Tidak hanya dari struktur bangunan, pemilihan perabotan dan motif dekorasi dalam interior rumah colorful turut memegang peran. Memasukkan elemen dari etnik atau negara lain adalah hal yang umum dilakukan.

Di ruangan keluarga ini misalnya, Anda bisa menemukan karpet dengan corak bendera Inggris.  Di sisi lain, pemilihan sofa dan berbagai dekorasi di dinding memberikan kesan urban dan modern yang kental.

Desain dapur colorful karya vindo design, via arsitag.com

Desain dapur colorful karya vindo design, via arsitag.com
 

Menggunakan konsep open plan, Anda bisa melihat dengan leluasa desain keseluruhan ruangan. Jika ruang keluarga menampilkan berbagai warna berani, area dapur justru menggunakan warna yang cenderung monokromatik dan minimalis. Hal ini tampak dari pemilihan warna countertop dan kabinet. Bahkan, kulkas dan kabinet gantung pun cukup menggunakan warna hitam dan abu-abu. Meski begitu, agar keterikatan desain antarruang tetap terasa, sang desainer tetap memunculkan beberapa warna lewat pernak-pernik di dalam dapur. Seperti lampu bohlam gantung berwarna-warni ceria. Simpel, namun tetap berkesan.

Desain Kamar Tidur Simpel yang Super Nyaman
Desain kamar tidur utama karya Vindo Design, via arsitag.com

Desain kamar tidur utama karya Vindo Design, via arsitag.com
 

Salah satu bagian yang kerap membuat penasaran dari sebuah rumah tentu adalah area kamar tidurnya. Urban House 2.0 menghadirkan kamar tidur utama yang minimalis. Bedding putih tampak serasi dengan headboard krem sekaligus dinding gading. Jangan lupa, sentuhan eklektik tetap dimunculkan dalam ruangan ini lewat sebuah lukisan pop art di dinding. Desain interior dekorasi komik ini menjadi wujud konsistensi seperti yang ditemukan pada lukisan dinding di ruang makan.
 

Baca juga: Desain Apartemen Kontemporer Bernuansa Pastel Super Imut di Jepang
 

Desain kamar tidur anak karya Vindo Design, via arsitag.com

Desain kamar tidur anak karya Vindo Design, via arsitag.com
 

Kamar tidur anak masih menghadirkan konsep serupa. Bedanya, beberapa komponen sengaja diberi sentuhan warna-warna soft yang manis namun fun.

Taman di Tengah Rumah
Desain taman di tengah rumah karya Vindo Design, via arsitag.com

Desain taman di tengah rumah karya Vindo Design, via arsitag.com
 

Bagian paling menarik dari Urban House 2.0 ini adalah tamannya yang berada di tengah rumah, atau lebih tepatnya di balkon yang berada di bagian dalam rumah. Sepetak kecil area yang ditumbuhi rumput dan aneka tanaman sulur ini benar-benar menyediakan tempat yang nyaman untuk bersantai outdoor bersama keluarga.

Desain eklektik bisa dibilang tidak memiliki rumusan khusus. Anda hanya perlu pintar-pintar memadukan satu gaya dengan gaya lain. Semoga Urban House 2.0 ini bisa menginspirasi Anda!

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Anita

Penulis lepas dengan pengalaman 5 tahun ini sangat passionate dalam dunia tulis menulis. Motto hidupnya adalah "Integrity is doing the right thing when no one is watching."



Promo Brand
NEW