Desain Rumah Mid-Century Modern yang Cantik dan Bermandikan Cahaya

Desain Rumah Mid-Century Modern yang Cantik dan Bermandikan Cahaya | Foto artikel Arsitag

Tampilan depan rumah bergaya mid-century karya Madeleine Blanchfield Architects, via habitusliving.com
 

Kunci terpenting dari sebuah desain arsitektur yang baik bukan hanya tampilannya yang indah. Arsitektur yang baik, sepatutnya memberikan kenyamanan bagi para penghuninya. Terlebih, jika yang didesain adalah rumah tinggal.

Menampilkan konsep cantik dan mengandalkan cahaya, rumah mid-century modern yang akan diulas kali ini merupakan contoh sempurna desain yang cantik sekaligus menyenangkan.

Rumah untuk Kesehatan Fisik dan Mental para Penghuninya
Rumah yang baik adalah rumah yang nyaman bagi penghuninya, karya Madeleine Blanchfield Architects, via habitusliving.com

Rumah yang baik adalah rumah yang nyaman bagi penghuninya, karya Madeleine Blanchfield Architects, via habitusliving.com
 

Rumah cantik ini berada di Coogee, Sydney, Australia. Dirancang oleh Madeleine Blanchfield Architects, rumah idaman ini menampilkan ruang-ruang yang lebar, terbuka, dan penuh cahaya sesuai dengan permintaan sang pemilik rumah. Baik klien maupun perancangnya percaya bahwa rumah yang nyaman akan memberikan kontribusi positif kepada orang-orang yang tinggal di dalamnya.

Bagi Madeleine, rumah adalah tentang perasaan, bukan sekadar objek arsitektur belaka. Rumah mempengaruhi cara penguhuninya berperilaku dan berinteraksi. Karena itulah, bagaimana merancang rumah dengan senyaman mungkin menjadi kunci penting.

Mengandalkan Warna-warna Natural yang Menenangkan
Warna natural hadirkan kesan earthy di ruang keluarga karya Madeleine Blanchfield Architects, via habitusliving.com

Warna natural hadirkan kesan earthy di ruang keluarga karya Madeleine Blanchfield Architects, via habitusliving.com
 

Terinspirasi dari karya arsitektur Marcio Kogan, arsitek kenamaan asal Brazil, rumah mid century elegan ini didesan dengan menciptakan perasaan luas tanpa bentuk beton kantilever besar. Skema warnanya didominasi oleh warna putih dan kayu yang hadir berselang-seling di setiap ruangan. Ditambah sentuhan perunggu di beberapa sisi, earthy tone jelas merajai atmosfer di dalamnya. Rumah ini juga dengan lugas memperlihatkan pemandangan alam di sekelilingnya lewat jendela-jendela besar. Cahaya alami yang masuk dengan bebas memberikan kesan yang luas dan terang di dalam rumah.

Baca juga: Ruang Keluarga Kecil? Bagaimana Cara Mengakalinya Biar Nyaman?
 

Desain yang Menyatu dengan Alam
Ruang terbuka di tengah rumah karya Madeleine Blanchfield Architects, via habitusliving.com

Ruang terbuka di tengah rumah karya Madeleine Blanchfield Architects, via habitusliving.com
 

Tidak hanya dari segi materialnya, rumah ini juga menggunakan konsep menyatu dengan alam yang terlihat dari lay-out-nya. Seakan tak ingin menyia-nyiakan panorama pantai di sekelilingnya, ada jalan setapak di lantai bawah yang memanjang dari pintu depan hingga ke taman belakang. Jalan ini seakan menjadi selasar untuk melihat pemandangan laut. Banyaknya bukaan menghasilkan wujud rumah yang beririsan dengan konsep rumah tropis modern.

Langit-langit yang tinggi berikan kesan luas, karya Madeleine Blanchfield Architects, via habitusliving.com

Langit-langit yang tinggi berikan kesan luas, karya Madeleine Blanchfield Architects, via habitusliving.com
 

Meski terdapat ruang terbuka di tengah rumah, pintu kaca besar menjadi koneksi antar ruangan yang terpisah. Anda tetap dapat melihat ruangan berisi dapur, ruang tamu, dan ruang makan di seberangnya. Dengan tingkat langit-langit yang sama, tercipta ruangan dengan ketinggian lebih dari 3,5 meter. Ini menjadikan ruangan terasa lebih besar dan bertambah dari segi volumenya.

Pintu kaca geser besar menjadi pemisah antara ruang tamu dengan jalan setapak di luar. Pemilihan warna yang serasi berfungsi menjaga koneksi visual, akustik, dan fisik antar ruang. Namun, tetap memberikan kesan terpisah antar masing-masing fungsi ruang yang berbeda.

Baca juga: Inspirasi Renovasi Kamar Tidur dengan Gaya Mid-Century Modern yang Elegan
 

Menggunakan Bahan-bahan Berkualitas Terbaik
Material terbaik untuk hasil yang maksimal di dapur karya Madeleine Blanchfield Architects, via habitusliving.com

Material terbaik untuk hasil yang maksimal di dapur karya Madeleine Blanchfield Architects, via habitusliving.com
 

Desain dan penataan yang ciamik tentu saja tidak lengkap tanpa penggunaan material terbaik. Untuk lantai, dapur, dan kamar mandi, Madeleine dan kliennya memilih produk dari perusahaan batu Skheme. Dapur dilapisi marmer Carrara, sementara untuk dinding belakang dan lantai bawah digunakan ubin Terrazzo yang dibuat langsung di Italia.

Untuk melengkapi suasana dapur, sentuhan aksen berwarna emas menghadirkan warna dan kehangatan yang terpantul dari sambungan kayu dan kusen pintu. Selain itu, warna alami dari perabotan juga memberikan kontribusi yang tidak kalah pentingnya pada lingkungan di sekelilingnya.

Dipenuhi dengan sinar matahari, udara segar, dan ruang terbuka, tak heran jika rumah ini terasa sangat nyaman bahkan hanya dengan melihat foto-fotonya saja. Yang terpenting, keseluruhan desainnya dapat membantu keluarga yang tinggal di dalamnya untuk hidup lebih baik. Dengan gaya yang effortless, hunian ini tetap akan membuat jatuh cinta siapa saja yang melihatnya.

AUTHOR

Anita

Penulis lepas dengan pengalaman 5 tahun ini sangat passionate dalam dunia tulis menulis. Motto hidupnya adalah "Integrity is doing the right thing when no one is watching."