Ide Menata Hunian Kecil Supaya Tetap Lega

Ide Menata Hunian Kecil Supaya Tetap Lega | Foto artikel Arsitag
Cover : Desain interior apartemen karya Teddykoo (Sumber: arsitag.com)
 

Ide menata hunian kecil selalu ditunggu-tunggu oleh para pemilik rumah karena ide menata hunian kecil itu penuh tantangan. Tidak bisa dipungkiri bahwa di zaman yang sudah semakin penuh akan populasi manusia, akan semakin terbatas pula lahan untuk membangun rumah tinggal. Akibatnya, bermunculan hunian berdesain compact yang kecil dan mungil, untuk mengatasi persoalan lahan perumahan yang makin terbatas.

Kemudian, hal inilah yang akhirnya menjadikan banyak sekali hunian bertipe kecil dibangun. Namun, setelah itu muncul permasalahan baru yaitu hunian berukuran kecil tersebut menjadi terbatas untuk didesain. Menata desain hunian berukuran kecil memang tergolong susah mengingat tidak banyak area yang bisa dieksplorasi. Akan tetapi, tenang saja, karena kali ini akan ada cara atau ide untuk menata hunian kecil supaya tetap terasa lega. Seperti apakah inspirasinya?

Buat hunian yang banyak bukaan

(Sumber: apartmenttherapy.com)(Sumber: apartmenttherapy.com)
 

Ide menata hunian kecil supaya bisa terasa lega adalah dengan mendesain banyak bukaan di dalamnya. Dengan banyaknya bukaan yang ada di dalam hunian, kesan sempit, sumpek, dan lembab tidak akan terjadi. Dengan bukaan yang terdapat di dalam hunian kecil, sistem penghawaan sebuah hunian akan lebih maksimal dan sehat.

Gunakan elemen reflektif pada ruangan

Dalam proses menata hunian berukuran sempit supaya tampil lega dan luas, jangan sampai lupa untuk menggunakan elemen reflektif pada ruangan. Penataan cermin dan material-material reflektif pada hunian yang kecil, tentu bertujuan untuk memberikan efek ilusi pembesaran ruangan. Akan lebih bagus jika cermin yang berukuran besar diletakkan dalam ruangan supaya bayangan ilusi yang dihasilkan lebih maksimal.

(Sumber: wallsandwoods.com)
(Sumber: architectureartdesigns.com)
 
Jangan ragu menggunakan corak berukuran besar
(Sumber: wallsandwoods.com)

Jangan ragu menggunakan corak berukuran besar

Ada kesan bahwa dalam sebuah ruangan yang sempit itu, corak-corak yang berukuran besar tidak boleh digunakan sebab corak yang berukuran besar itu bisa memberikan kesan bahwa ruangan tersebut menjadi makin sempit. Namun, di satu sisi, penggunaan corak-corak berukuran besar itu ternyata malah bisa memberikan kesan hangat untuk hunian Anda.

(Sumber: freshdesignpedia.com)
(Sumber: Pinterest.com)
 
Berikan statement decoration
(Sumber: freshdesignpedia.com)
 

Berikan statement decoration

Dalam ruangan yang kecil atau sempit perlu adanya statement decoration yang berguna untuk memberikan satu aksen pada hunian. Jadi, dalam hunian yang berukuran kecil pun, tetap harus ada ornamen dekorasi yang memberikan aksen tegas pada hunian. Statement decoration itu bisa berasal dari perbedaan warna furnitur di suatu ruangan, atau permainan tabrak tekstur material. 

(Sumber: homedit.com)(Sumber: homedit.com)
 
(Sumber: ballarddesigns.com)(Sumber: ballarddesigns.com)
 

Atur posisi barang secara linier

Untuk membuat ruangan yang berukuran kecil menjadi terlihat lebih lega, trik lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan mengatur posisi barang secara linier sehingga dalam pandangan mata semuanya tampak  lurus, seimbang, dan selaras.

(Sumber: decorilla.com)
(Sumber: archline.ir)
 
(Sumber: archline.ir)
(Sumber: decorilla.com)

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Anindhita Nurmala Putri

Anindhita adalah sarjana arsitektur yang memiliki passion dalam dunia penulisan dan kritik arsitektur. Kesukaannya yaitu melihat dan menulis tentang makna dalam arsitektur. Saat ini dia bekerja di ROOANG sebagai content writer.