Inspirasi Desain Interior Kamar Bayi Untuk Buah Hati Pertama Anda

Inspirasi Desain Interior Kamar Bayi Untuk Buah Hati Pertama Anda | Foto artikel Arsitag
Cover Kupang Project di Kupang karya Inpassion Interior Design (Sumber: arsitag.com)
 

Memiliki buah hati adalah impian semua pasangan muda yang baru saja menikah. Rasa senang, bangga, khawatir, dan takut akan menghampiri ketika buah hati masih di dalam kandungan. Apalagi, jika ini adalah kali pertama Anda memiliki buah hati, segala sesuatu akan terasa lebih spesial.

Sebagai orang tua, Anda mengingankan yang terbaik untuk buah hati dan sebisa mungkin berusaha untuk memenuhi semua kebutuhannya. Ketika buah hati pertama Anda lahir, ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Tidak hanya pakaian dan perlengkapan bayi saja, tetapi juga kamar tidur bayi yang khsusus didesain untuk buah hati.

Mendesain kamar tidur bayi tentu tidak semudah mendesain kamar tidur orang dewasa dan anak-anak. Pada dasarnya, kamar tidur bayi cocok dengan segala dekorasi anak-anak, tetapi perabotan dan kasur yang digunakan ukurannya lebih kecil. Selain itu, sediakan space khusus untuk memandikan dan mengganti pakaian buah hati Anda. Berikut ini beberapa inspirasi desain interior kamar bayi untuk buah hati pertama Anda:

1. Kamar Bayi Nuansa Putih Bersih

1. Kamar Bayi Nuansa Putih Bersih
Kamar bayi Private Apartment di Jakarta karya G | Momentcapture (Sumber: arsitag.com)
 

Kamar bayi benuansa putih membuat noda, debu, dan kotoran menjadi mudah terlihat sehingga dapat mendorong Anda untuk selalu menjaga kebersihan. Kamar bayi yang bersih tentunya sangat baik untuk kesehatan buah hati Anda.

2. Kamar Bayi Nuansa Hijau Natural

Kamar bayiKamar bayi Residence in Pondok Indah di Jakarta karya Credenza (Sumber: arsitag.com)
 

Selain kamar bayi benuansa putih, Anda juga bisa mendesain kamar bayi dengan nuansa hijau yang akan terlihat sejuk natural, dan alami.

3. Kamar Bayi Nuansa Pegunungan Skandinavia

Kamar bayiKamar bayi Interior Kamar Bayi di Gowa karya Alfachri Kamarullah (Sumber: arsitag.com)
 

Motif dan pola tertentu pada dinding kamar bayi juga dapat membuat seisi ruangan menjadi terlihat lebih menarik. Misalnya, gambar pegunungan pada dinding yang cocok untuk kamar bayi laki-laki karena memberikan kesan pemberani dan penyuka kegiatan outdoor.

4. Kamar Bayi Motif Burung Hantu

4. Kamar Bayi Motif Burung Hantu
Kamar bayi Paulus Hyu di Jakarta karya Revano Satria (Sumber: arsitag.com)
 

Jika buah hati Anda berjenis kelamin perempuan, salah satu motif yang cocok untuk menghisasi kamarnya adalah motif burung hantu yang dipadukan dengan kombinasi  warna pink dan ungu.

5. Kamar Bayi Dengan Desain Shabby Chic

Kamar bayiKamar bayi Marina Apartment di Jakarta karya Fine Team Studio (Sumber: arsitag.com)
 

Desain kamar bayi juga bisa menikuti desain utama dari rumah Anda. Misalnya jika rumah ada memiliki desain shabby chic maka Anda juga diperbolehkan mebangun kamar bayi dengan desain shabby chic.

6. Kamar Bayi Perempuan Dengan Dekorasi Pigura Foto

Kamar bayiKamar bayi Lavani di Surabaya karya Lavani Interior (Sumber: arsitag.com)
 

Beberapa dekorasi perlu ditambahkan pula pada kamar bayi Anda agar tidak terlihat polos. Salah satu dekorasi tersebut adalah sekumpulan pigura foto yang dapat menampilkan foto apa saja.

7. Kamar Bayi Motif Kartun Lucu Kirby dan Patrick

Kamar bayiKamar bayi Private Residential di Jakarta karya PT DEKORASI HUNIAN INDONESIA (Sumber: arsitag.com)
 

Jika menginginkan kamar bayi yang bersifat nertral, tidak dikhususkan untuk bayi perempuan atau laki-laki, Anda bisa mendesainnya dengan motif-motif kartun yang lucu untuk anak-anak seperti Kirby, Patrick, dan motif-motif binatang.

8. Kamar Bayi Menjadi Satu Dengan Kamar Orang Tua

Kamar bayiKamar bayi Rumah Semi Classic di Tangerang karya Vivame Design (Sumber: arsitag.com)
 

Jika merasa khawatir dan tidak menginginkan buah hati Anda untuk tidur sendiri di kamarnya, Anda bisa membuat kamar bayi menjadi satu dengan kamar Anda. Jika menjadi satu, hal tersbut juga akan memudahkan Anda ketika buah hati menangis pada malam hari.

Ketika mendesain kamar tidur bayi, perlu didingat bahwa buah hati Anda akan cepat sekali bertumbuh besar dalam waktu 1 - 3 tahun. Jadi, kamar tidur bayi juga tidak akan selamanya menjadi kamar tidur bayi. Oleh karena itu, kamar tidur bayi sebaiknya didesain secara hybrid agar dapat beralih fungsi menjadi kamar tidur balita atau anak-anak.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Antaresa Mayuda

Antaresa Mayuda is a programmer by day and a writer by night. He is a former content marketer at Tokopedia, but currently working as a programmer at Kalbe Nutritionals. Writing is a part of his life for years. He has also been writing hundreds of articles for many blogs and magazines.