Inspirasi Desain Pintu yang Menghadap ke Taman atau Patio Rumah 2021

Inspirasi Desain Pintu yang Menghadap ke Taman atau Patio Rumah 2021 | Foto artikel Arsitag

Desain pintu taman, karyaRully Tanuwidjaja,via arsitag.com

Taman atau patio adalah area outdoor yang memberikan banyak manfaat bagi penghuni rumah. Selain memberikan udara segar, keberadaan taman dan patio juga untuk menunjang keindahan hunian itu sendiri. Oleh karena itu, berbagai elemen yang ada disekitarnya selayaknya didesain semenarik mungkin untuk menunjang keberadaan taman dan patio tersebut. Salah satu elemen yang dimaksud ialah pintu. Merujuk model pintu rumah minimalis 2 pintu terbaru 2021, desain pintu cenderung mengutamakan efisiensi desain. Pintu menggunakan elemen material yang simpel namun dapat berfungsi maksimal. 

Ya, pintu sejatinya tidak hanya sebagai akses keluar masuk tetapi juga memberikan pengaruh visual pada desain taman atau patio. Dari mulai pintu geser, pintu kaca, hingga pintu kayu klasik. Berikut beberapa inspirasi desain pintu menghadap taman atau patio yang bisa menjadi rujukan di rumah Anda.

1. Dinding Pintu Kaca untuk Membawa Taman ke Dalam Rumah
Rumah karya Vindate, via arsitag.com

Rumah karyaVindate,via arsitag.com
 

Suasana taman rumah yang segar dapat “dipinjam” untuk dihadirkan di dalam rumah. Hal tersebut bisa dilakukan dengan membuat deretan pintu kaca sebagai pengganti dinding masif. Pintu bukaan lebar seperti ini memungkinkan Anda untuk membuka sekat antara ruang dalam dan luar ketika dibutuhkan. Ataupun menutupnya ketika cuaca tidak mendukung. Konsep seperti ini bisa pula diaplikasikan sebagai sekat antara taman dengan teras, sehingga privasi di dalam rumah tetap terjaga.

2. Pintu Geser, Kesan Elegan pada Taman
Rumah karya RAW Architecture, via arsitag.com

Rumah karyaRAW Architecture,via arsitag.com
 

Pintu geser biasanya menjadi solusi untuk menghemat ruang. Namun lebih dari itu, pintu geser juga memberikan kesan elegan pada arsitektur bangunan. Pemasangan pintu geser untuk taman atau patio juga menjadi solusi bijak untuk memberikan garis pandang yang luas. Apalagi jika menggunakan pintu geser kaca, maka pemandangan taman tidak akan terganggu bahkan ketika pintu ditutup.
 

Baca juga: Desain Patio Taman Belakang Rumah Impian Super Cantik
 

3. Pintu Bergaya Tropis Modern yang Tetap Menarik
Desain rumah karya Rully Tanuwidjaja, via arsitag.com

Desain rumah karyaRully Tanuwidjaja,via arsitag.com
 

Pintu taman untuk rumah bergaya tropis modern memungkinkan cahaya dan udara keluar masuk dengan leluasa. Hal ini menjadikan desainnya didominasi oleh kaca atau bukaan yang luas. Penggunaan elemen kayu pada pintu kaca taman juga mempertegas kesan tropis yang dibangun. Sama halnya dengan model pintu rumah minimalis 2 pintu terbaru 2021 yang menekankan kepada desain pintu yang efisien. Yakni, menggunakan material simpel namun memiki fungsi optimal. 

Anda bisa melihat contoh dari pintu yang mengarah ke taman ala Rully Tanuwidjaja di atas. Tampak pintu dengan bukaan berupa putaran 360 derajat, sehingga suasana taman bisa dirasakan tanpa harus keluar ruangan. Warna cokelat pada bingkai pintu juga selaras dengan dominasi hijau daun dan rumput yang ditampilkan taman.

4. Berkelas dengan Pintu Crittal
Patio dan halaman rumah karya WOSO Studio, via arsitag.com

Patio dan halaman rumah karyaWOSO Studio,via arsitag.com
 

Pintu minimalis gaya crittal atau identik dengan gaya arsitektur industrial, bisa menjadi alternatif menarik untuk taman rumah Anda. Desain pintu teras ini menggabungkan konsep pintu, jendela, dan partisi sehingga antara ruang dalam dan luar bisa terasa menyatu lantaran rangka yang tipis. Pintu cittal juga dianggap lebih fungsional untuk mendukung konsep rumah hemat energi.

5. Sederhana dengan Pintu Rangka Putih
Rumah tinggal karya SALAD, via arsitag.com

Rumah tinggal karya SALAD,via arsitag.com
 

Pintu berwarna putih atau pintu kaca dengan bingkai putih akan membuat taman dan patio tampil lebih dominan. Ini bisa menjadi pilihan untuk pintu patio agar area taman benar-benar menjadi fokus perhatian. Warna putih yang mengelilingi patio juga menjadikan area taman terkesan lebih luas dan lebar.
 

Baca juga: Inspirasi Desain Taman Belakang Rumah Mungil yang Super Keren
 

6. Pintu Kayu Klasik yang Lebih Cerah
Foto oleh Dimitry Anikin, via unsplash.com

Foto olehDimitry Anikin,via unsplash.com
 

Pintu yang mengarah ke taman di rumah Anda mungkin menggunakan pintu kayu yang klasik. Alih-alih menggantinya dengan pintu modern minimalis, Anda bisa mengubah tampilan pintu menjadi lebih segar dengan mengganti warna cat. Warna-warna yang cerah bisa menjadi pilihan untuk memberi kesan ceria terutama jika taman rumah Anda dipenuhi dengan tanaman bunga.

7. Tetap Cantik dengan Pintu Kecil
Foto oleh Will Palmer, via unsplash.com

Foto oleh Will Palmer,via unsplash.com
 

Tak melulu harus menggunakan pintu besar atau bukaan lebar untuk membuat taman rumah lebih menawan. Penggunaan pintu minimalis berukuran kecil khas rumah-rumah di Indonesia juga tetap bisa diandalkan. Pemberian kontras seperti membedakan warna pintu dengan dinding juga bisa dilakukan untuk memberi sentuhan yang lebih berani.

Melihat berbagai referensi di atas semakin mempertegas bahwa keberadaan pintu berpengaruh mengubah suasana taman dan patio. Jadi, tak ada salahnya untuk Anda mulai berkreasi dengan memilih pintu taman yang menunjang estetika taman dengan tetap memperhatikan unsur fungsionalnya.

AUTHOR

Tarmizi

Penulis adalah lulusan Arsitektur Lanskap yang juga menggemari dunia penulisan sejak bangku kuliah. Kegemarannya ini membuat penulis aktif sebagai freelancer untuk menulis konten di berbagai website. Ilmu seni, arsitektur, dan tanaman yang didapat selama mengenyam pendidikan juga menjadi modal untuk tulisan-tulisannya.