Karpet Sebagai Pelengkap Dekorasi

Karpet Sebagai Pelengkap Dekorasi | Foto artikel Arsitag

Cover: Karpet di kamar tidur Cipete Villa karya Home by Fabellio (Sumber: arsitag.com)
 

Karpet tidak hanya berfungsi sebagai penutup lantai semata, tetapi karpet juga dapat memberikan perlindungan terhadap jatuhnya benda-benda keras ke atas lantai kayu (parquet), keramik, atau marmer. Karpet juga dapat menjadi penghias ruangan yang cantik di ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, atau tempat bersantai lainnya di rumah. Warna, motif, dan bahannya dapat menjadi focal point dalam ruangan. Penggunaan karpet tentunya dapat menambah kenyamanan kaki saat sedang berjalan atau beraktivitas. Sebuah ruangan juga dapat terlihat lebih istimewa dan berbeda dengan tampilan ruang lainnya.

Karpet polypropylene (Sumber: www.inspirasiku.net)Karpet polypropylene (Sumber: www.inspirasiku.net)
 

Jenis-Jenis Karpet

1.Polypropylene

Untuk Anda yang memiliki budget terbatas, karpet ini bisa Anda jadikan pilihan. Karpet ini terbuat dari bahan sintetis dengan tekstur yang halus. Karpet ini juga dapat dibersihkan dengan air. Sayangnya, benang dari karpet ini mudah lepas, warna mudah pudar, dan lebih tipis dibandingkan karpet lainnya.

2. Nilon
Karpet nilon (Sumber: www.archiexpo.com)
 

2. Nilon

Karpet ini sangat mudah dalam perawatan dan mudah diganti per bagian bila ada kerusakan. Karpet ini banyak digunakan di perkantoran karena biayanya yang murah. Apabila berpindah lokasi, karpet ini juga mudah dipindahkan. Karpet ini terbuat dari plastik sehingga mudah dicuci dengan air.

3. Sisal
Karpet sisal (Sumber: www.inspirasiku.net)
 

3. Sisal

Karpet ini tidak bisa dicuci dengan air karena memiliki struktur yang kasar dan mudah mengembang, untuk membersihkannya cukup menggunakan penyedot debu. Karpet ini biasanya digunakan untuk melapisi seluruh lantai dalam satu ruangan atau tangga rumah supaya tidak licin.

Karpet viscose (Sumber: www.aliexpress.com)Karpet viscose (Sumber: www.aliexpress.com)
 

4. Viskose

Bahan karpet ini adalah bahan buatan yang menyerupai sutra atau sutra sintesis. Jika Anda memiliki budget terbatas, tetapi tetap ingin karpet lantai dengan bahan yang halus dan warna yang cantik, Anda bisa memilih karpet ini.

5. Sutra
Karpet sutra (Sumber: jualkarpetkarakter.wordpress.com)
 

5. Sutra

Karpet sutra dapat membuat rumah menjadi lebih mewah dan nyaman. Kehalusannya yang tinggi dan keindahan warna yang dimilikinya mampu memberikan kenyamanan pada rumah.

egyptianstreets.com)Oriental Weavers, founded in 1979 (Sumber : www.egyptianstreets.com)

6. Wol

Ketebalannya menjadikan karpet berbahan wol lebih awet dan tahan lama. Lakukan perawatan karpet wol dengan menggunakan vacuum cleaner atau jasa cuci dry clean. 

Karpet kulit (Sumber: www.aliexpress.com)Karpet kulit (Sumber: www.aliexpress.com)
 

7. Kulit

Bahan organik yang satu ini memang memiliki kualitas dan manfaat yang tidak diragukan lagi. Teksturnya yang lembut dan rasa kehangatan yang diberikan menjadikan karpet ini banyak digunakan. Hati-hati dalam penempatan karpet lantai kulit, jauhkan dari tempat yang mudah terkena noda karena kotoran mudah menempel di karpet lantai kulit dan karpet lantai kulit cukup sulit dibersihkan.

Keunggulan Karpet
Karpet (Sumber: edisusilo.com)
 

Keunggulan Karpet

  1. Dapat memberikan kenyamanan dan kehangatan pada ruangan
  2. Mengurangi efek benturan saat terjatuh sehingga cocok digunakan untuk Anda yang memiliki bayi atau anak kecil di rumah
  3. Bersifat sebagai peredam suara sehingga mengurangi tingkat kebisingan

Kekurangan Karpet

  1. Harus sering dibersihkan karena menjadi tempat bersarang debu
  2. Cara membersihkan perlu dengan peralatan khusus, seperti jasa pembersih karpet atau dengan alat penyedot debu

Tahapan Pemasangan Karpet
Penggunaan karpet di kamar tidur (Sumber: www.the2001carpethouse.com)
 

Tahapan Pemasangan Karpet

  1. Periksa apakah lantai sudah rata. Lantai yang tidak rata bisa menyebabkan permukaan karpet kurang rata.
  2. Perhatikan pola pemasangan karpet. Penyesuain pola pabrikan karpet dan denah ruangan perlu diperhatikan terlebih dahulu.
  3. Perhatikan kebersihan lantai. Kebersihan lantai erat kaitannya dengan lengket atau tidaknya lem yang akan digunakan. Sapu dan pel terlebih dahulu lantai yang akan dipasangi karpet.
  4. Persiapan pemasangan. Untuk pemakaian karpet rol, under layer perlu dipasang terlebih dahulu.
  5. Pemasangan karpet. Karpet dipasang sesuai pola yang telah ditentukan dan diaplikasikan di lapangan.
  6. Periksa pemasangan dan pembersihan lantai. Periksa kerapihan pemasangan karpet terutama pada perbatasan karpet dan list, kemungkinan gelembung, serta sambungan dengan heatbond tape.
  7. Jika telah selesai dengan sempurna, lakukan finishing dengan vacuum cleaner.

Penggunaan karpet di ruang tamu (Sumber: www.behac.com)Penggunaan karpet di ruang tamu (Sumber: www.behac.com)
 

Mengenai Harga Karpet

Harga karpet yang ada di pasaran sangat bervariasi, tergantung dari toko, ukuran, bahan, jenis karpet, dan lain-lain. Mungkin Anda dapat membanding-bandingkan harga karpet pilihan Anda di beberapa toko sebelum membeli karena satu jenis karpet yang sama harganya dapat berbeda-beda di berbagai toko. Sebaiknya Anda langsung datang ke tempat penjual karpet untuk melihat sendiri bahan dari karpet yang ingin Anda beli agar tidak menyesal nantinya.

Sumber :

http://carpet3.blogspot.co.id

http://kolomrumah.com

http://www.inspirasiku.net

AUTHOR

Shabrina Alfari

Shasa lahir di Jakarta 9 April 1994. Lulus dari Universitas Indonesia pada tahun 2016, Shasa mengambil jurusan Bahasa dan Studi Jerman. Dia sangat suka membaca tentang apa saja, dari novel, fiksi, penyair dan lain-lain. Setelah lulus, Shasa suka menulis tentang berbagai topik dan sekarang bekerja sebagai Content Writer.