Kawasan Perumahan

Kawasan Perumahan | Foto artikel Arsitag

Perumahan diartikan sebagai kelompok rumah yang berfungsi sebagai lingkungan hunian yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana, seperti penyediaan air minum, pembuangan sampah, tersedianya listrik, telepon, dan jalan yang memungkinkan lingkungan permukiman berfungsi sebagaimana mestinya.

The East Shore Estate karya Erwin Kusuma (Sumber: arsitag.com)The East Shore Estate karya Erwin Kusuma (Sumber: arsitag.com)

Secara fisik, perumahan merupakan sebuah lingkungan yang terdiri dari kumpulan unit-unit rumah tinggal yang memungkinkan terjadinya interaksi sosial di antara penghuninya, serta dilengkapi prasarana sosial, ekonomi, budaya, dan pelayanan. Lingkungan ini biasanya memiliki aturan-aturan, kebiasaan-kebiasaan, serta sistem nilai yang berlaku bagi warganya.

Jumlah rumah dan kelompok perumahan sebenarnya tidak menentu. Perumahan dapat terdiri dari dua atau tiga rumah saja atau dapat juga sampai ribuan rumah. Bentuknya juga tidak terbatas pada bangunan satu lantai saja, yang berderet secara horizontal, melainkan dapat juga berupa bangunan bertingkat atau rumah susun.

Kintamani Residence karya Danieas (Sumber: arsitag.com)Kintamani Residence karya Danieas (Sumber: arsitag.com)

Lalu, jika dilihat berdasarkan ukurannya, standar perbandingan jumlah rumah besar, rumah sedang, dan rumah kecil pada perumahan biasanya berkisar pada 1:3:6

  • Luas kaveling rumah besar : 120 m² – 600 m² (tipe 70)
  • Luas kaveling rumah sedang : 70 m² – 100 m² (tipe 45-54)

Luas kaveling rumah kecil : 21 m² – 54 m² (tipe 21-36)

The East Shore Estate karya Erwin Kusuma (Sumber: arsitag.com)The East Shore Estate karya Erwin Kusuma (Sumber: arsitag.com)

Lokasi dari lingkungan perumahan juga harus memenuhi beberapa ketentuan berikut, yaitu:

  • Lokasi perumahan harus sesuai dengan rencana peruntukan lahan yang diatur dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) setempat atau dokumen perencanaan lainnya, seperti:
  • Kriteria keamanan, berada  di daerah yang terjamin aman.
  • Kriteria kesehatan, bukan daerah dengan pencemaran udara atau pencemaran air
  • Kriteria kenyamanan, mudah dicapai, mudah untuk  berkomunikasi, mudah untuk berkegiatan
  • Kriteria keindahan/keserasian/keteraturan, adanya penghijauan serta mempertahankan karakteristik topografi dan lingkungan yang ada
  • Kriteria fleksibilitas, pertumbuhan fisik dan pemekaran lingkungan perumahan telah diperhitungkan
  • Kriteria keterjangkauan jarak, mempertimbangan jarak kemampuan orang berjalan kaki terhadap penempatan sarana dan prasarana lingkungan
  • Kriteria lingkungan berjati diri, mempertimbangkan keterkaitan dengan aspek kontekstual pada lingkungan tradisional atau lokal setempat
  • Lokasi perumahan harus berada pada lahan yang jelas status kepemilikannya, serta memenuhi syarat administratif, teknis dan ekologis

Adanya keterpaduan antara kegiatan dan alam di sekitarnya

The East Shore Estate karya Erwin Kusuma (Sumber: arsitag.com)The East Shore Estate karya Erwin Kusuma (Sumber: arsitag.com)

Sedangkan, untuk ketentuan dasar fisik lingkungan perumahan harus memenuhi beberapa faktor berikut:

  • Ketinggian lahan tidak berada di bawah permukaan air setempat, kecuali dengan rekayasa atau penyelesaian teknis
  • Kemiringan lahan tidak melebihi 15% dengan ketentuan:
  • tanpa rekayasa untuk kawasan yang terletak pada lahan bermorfologi datar-landai dengan kemiringan 0-8%

diperlukan rekayasa teknis untuk lahan dengan kemiringan 8-15%

Miniatur perkampungan tertua di Bekonscot, Inggris (Sumber: www.mobgenic.com)Miniatur perkampungan tertua di Bekonscot, Inggris (Sumber: www.mobgenic.com)

Jenis-Jenis Perumahan

1. Perumahan Biasa (Perkampungan)

Perumahan biasa adalah perumahan yang berada di perkampungan, bukan di kompleks. Perumahan ini umumnya dimiliki secara perorangan, maka bangunannya pun terdiri dari berbagai macam model. Besar dan ukurannya disesuaikan dengan luas tanah yang ada. Di perumahan biasa juga ada warga yang membangun rumah untuk dikontrakkan atau disewakan pada orang lain. Rumah ini dinamakan rumah kontrak atau rumah sewa.

Contoh perumnas (Sumber: www.varia.id)Contoh perumnas (Sumber: www.varia.id)

2. Perumahan Nasional (Perumnas)

Perumnas merupakan perumahan yang dibangun oleh pemerintah. Jenis perumahan ini dibangun dengan menggunakan bahan yang sama (sejenis), terencana, dan dalam waktu yang bersamaan. Perumahan tersebut umumnya tertata rapi, baik bentuk rumah, jalan, pembuangan air limbah rumah tangga, dan sarana umum lainnya. Masyarakat biasanya bisa memiliki rumah tersebut dengan melalui pembayaran angsuran. Besarnya angsuran dapat disesuaikan dengan kemampuan pembeli.

Perumahan rusun (Sumber: news.rumahrei.com)Perumahan rusun (Sumber: news.rumahrei.com)

3. Perumahan Susun (Rusun)

Untuk mengatasi masalah penyediaan tempat tinggal bagi warga di kota-kota besar seperti di DKI Jakarta, pemerintah daerah mendirikan rumah susun.

Real estate di Canada (Sumber: www.huffingtonpost.ca)Real estate di Canada (Sumber: www.huffingtonpost.ca)

4. Real Estate

Real estate adalah kawasan perumahan yang dibangun oleh pengembang/developer swasta. Biasanya real estate dihuni oleh keluarga dengan tingkat ekonomi menengah ke atas. Bentuk bangunannya biasanya menarik dengan halaman yang cukup luas. Rumah biasanya dibangun dua lantai dengan sarana dan prasarana yang lengkap.

Apartemen 1 Park Avenue, Kebayoran Baru (Sumber: investproperti.com)Apartemen 1 Park Avenue, Kebayoran Baru (Sumber: investproperti.com)

5. Kondominium, Apartemen, Rumah Susun Mewah

Harga apartemen memang cukup mahal karena apartemen memiliki faktor keamanan, kenyamanan, dan fasilitas lainnya yang lengkap.

Banjarbaru Residence karya Monokroma Architect (Sumber: arsitag.com)Banjarbaru Residence karya Monokroma Architect (Sumber: arsitag.com)

Elemen yang ada pada perumahan antara lain:

  • Rumah dalam beberapa tipe
  • Tempat ibadah
  • Sarana olahraga
  • Pertokoan
  • Taman
  • Aula serbaguna
Pasadenia Residence (Sumber: www.rumah.com)Pasadenia Residence (Sumber: www.rumah.com)

Salah satu contoh perumahan yang ada di Jakarta adalah Pasadenia Residence yang berlokasi di Jakarta Timur. Perumahan ini terdiri dari rumah mewah dengan luas bangunan lebih dari 150 meter persegi dan juga lokasi yang strategis. Pasadenia Residence juga dilengkapi dengan instalasi smart home di tiap unitnya. Dengan sistem ini, Anda bisa mengendalikan hampir seluruh instalasi pada rumah, mulai dari televisi, pendingin udara dan lain sebagainya.

Setiap unit juga memiliki solahart untuk pemanas air, instalasi pendingin udara, listrik, telepon dan televisi kabel. Perumahan ini berdiri di atas lahan seluas 3 hektar dengan berbagai macam fasilitas umum, seperti lapangan golf, sekolah dan rumah sakit.

Developer : PT Pulomas Gemala Misori & COWELL & Keppel Land & Pulomas Jaya

Suasana di kompleks Pondok Indah (Sumber: www.pondokindahgroup.co.id)Suasana di kompleks Pondok Indah (Sumber: www.pondokindahgroup.co.id)

Contoh perumahan lain yang terkenal di Jakarta adalah kawasan elit Pondok Indah. Pondok Indah merupakan salah satu kawasan permukiman mewah yang terkenal di wilayah Jakarta Selatan. Di Pondok Indah terdapat banyak rumah-rumah konglomerat, ekspatriat, serta artis-artis ibukota. Di kawasan ini terdapat sebuah mall yaitu Pondok Indah Mall, beberapa ruko yaitu Plaza Pondok Indah 1, 2 san 3 (Ranch Market), serta sebuah rumah sakit yaitu Rumah Sakit Pondok Indah. Kebanyakan dari rumah-rumah di wilayah ini dibangun dengan 1-3 lantai, termasuk dengan ruangan khusus untuk asisten rumah tangga. Perkiraan dari majalah Jakarta Post, bahwa 74,5% dari penduduk di Pondok Indah adalah ekspatriat.

Developer : Pondok Indah Group

Sumber:

http://xisuca.blogspot.co.id

http://nabilagessysilviamiudi.blogspot.co.id

https://leumburkuring.files.wordpress.com

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Shabrina Alfari

Shasa was born in Jakarta 9th April 1994. She graduated from University of Indonesia in 2016, majored in German Language and Studies. She really loves to read about anything, from novel, fiction, poets and etc. After graduated, she enjoys writing about many different topics and now she currently works as a Content Writer.