Mengenal Perforated Metal

Mengenal Perforated Metal | Foto artikel Arsitag

Perforated metal atau yang disebut juga sebagai plat perforated, lembaran perforated, atau layar perforated merupakan lembaran logam yang telah secara manual atau mekanis dicap atau ditekan untuk menciptakan pola seperti lubang, slot atau bentuk dekoratif lainnya. Bahan yang digunakan untuk memproduksi Plat perforated antara lain stainless steel, baja canai dingin, baja galvanis, alumunium, tinplate, tembaga, monel, inconel, titanium, plastik, dan lain-lain.

Plat Perforated banyak digunakan sebagai alat penyaring baik di industri perkebunan, pertanian, pupuk, makanan, dan obat. Selain itu Plat Perforated juga banyak digunakan sebagai penutup speaker, dan dapat juga sebagai dekorasi ruangan.

Kolum perforated metal (Sumber: www.schaefer-lochbleche.de)Kolum perforated metal (Sumber: www.schaefer-lochbleche.de)

Proses perforasi dari lembaran logam telah dipraktekkan selama lebih dari 150 tahun. Pada akhir abad ke 19, lembaran metal digunakan sebagai cara yang efisien untuk memisahkan batu bara. Perforated metal dibuat oleh para pekerja yang akan secara manual membuat lubang individu ke dalam lembaran logam. Cara ini terbukti menjadi metode yang tidak konsisten dan tidak efisien sehingga akhirnya muncul teknik-teknik baru, seperti dengan menggunakan serangkaian jarum yang disusun sedemikian rupa dan kemudian akan membuat pola lubang yang diingankan.

Pelindung tangga dari perforated metal (Sumber: www.designboom.com)Pelindung tangga dari perforated metal (Sumber: www.designboom.com)

Perforated metal telah digunakan dalam berbagai macam industri, seperti antara lain:

  • Arsitektural : Infill panel, penutup kolom bangunan, cladding, signage logam, pagar, dll
  • Makanan dan minuman : konstruksi sarang lebah, pengering beras, tempat wine, budidaya ikan, cetakan keju, nampan kue, dll
  • Kimia dan Energi : filter, sentrifugal, keranjang mesin pengering, tempat pemisah baterai, gas purifiers, tabung pembakar gas cair, dll
  • Otomotif : filter udara, filter oli, kisi-kisi radiator, peredam suara sepeda motor, grid ventilasi, mesin ventilasi traktor, dll
  • Konstruksi : tapak tangga, kisi-kisi ventilasi, sun protection, fasad, papan tanda, dll
Perforated metal detail (Sumber: www.designboom.com)Perforated metal detail (Sumber: www.designboom.com)

Penelitian menunjukkan bahwa perforated metal mampu membantu mengurangi tingkat kebisingan suara. Penelitian juga menunjukkan bahwa bangunan yang menggunakan lebaran perforated metal di depan fasad bisa menghemat 29% energi (HVAC + menghemat konsumsi pencahayaan selama 1 tahun) dan menghemat 45% energi (pemanas, ventilasi, AC). Namun, hal ini tergantung juga pada lokasi bangunan (intensitas matahari eksternal). Penggunaan perforated metal dapat menurunkan radiasi matahari hingga 77,9%.

Perforated metal sebagai pagar pelindung (Sumber: www.schaefer-lochbleche.de)Perforated metal sebagai pagar pelindung (Sumber: www.schaefer-lochbleche.de)

Kelebihan dari perforated metal

  • Mudah dibentuk
  • Mudah dipasang
  • Penampilannya menarik sehingga dapat menambah kesan artistik
  • Tersedia dalam berbagai macam ketebalan
  • Umurnya panjang dan daya tahannya juga sangat baik
  • Ukurannya juga bisa dipesan sehingga bisa pas dan mudah saat pemasangan
  • Tepiannya juga bisa dipesan khusus sehingga dapat menghindari pemotongan
Pola-pola dari perforate meral (Sumber: pascettisteel.com)Pola-pola dari perforate meral (Sumber: pascettisteel.com)

Perforated metal juga sangat cocok digunakan pada desain interior. Perforated metal dapat menghasilkan ruangan terbuka dengan estetika yang lapang dan bisa mengontrol pergerakan cahaya serta udara. Desainnya juga mampu menambahkan elemen industrial pada bangunan.

  • Perforated metal dapat digunakan sebagai pemisah ruangan yang aman tanpa menghalangi pandangan
  • Tampilannya dapat memberikan suasanan kontemporer yang indah
  • Variasi dari ketebalannya juga dapat digunakan pada struktur yang berat hingga desain interior yang sederhana
  • Desainnya juga sangat bervariatif, mulai dari pola lingkaran sederhana hingga pola hiasan yang rumit dan berbeda
  • Finishing dari perforated metal juga mampu memastikan warnanya tidak cepat pudar, sehingga hanya membutuhkan perawatan yang minimal
Pintu dari perforated metal (Sumber: pascettisteel.com)Pintu dari perforated metal (Sumber: pascettisteel.com)

Kisaran Harga Perforated Metal Tahun 2016

(Sumber: abadimetalutama.com)

(Sumber: abadimetalutama.com)

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Shabrina Alfari

Shasa was born in Jakarta 9th April 1994. She graduated from University of Indonesia in 2016, majored in German Language and Studies. She really loves to read about anything, from novel, fiction, poets and etc. After graduated, she enjoys writing about many different topics and now she currently works as a Content Writer.