Perlengkapan Kamar Bayi: Apa Saja yang Diperlukan?

Perlengkapan Kamar Bayi: Apa Saja yang Diperlukan? | Foto artikel Arsitag

Banyak pilihan ide dekorasi kamar bayi mewah yang menggiurkan. Namun, sebelum Anda tergoda untuk menerapkan semuanya, berikut ini adalah beberapa prinsip penting yang sebenarnya Anda perlukan.

Boks bayiIde desain boks bayi (Sumber: hurriya.net)

Boks bayi

Mari kita mulai dengan boks! Inilah barang yang menempati posisi teratas pada daftar Anda. Mulailah dengan model sederhana, tidak perlu terlalu rumit atau mewah. Anda tidak perlu boks convertible yang dapat berubah fungsi menjadi tempat tidur balita hingga remaja. Baru pada tahap berikutnya, beralihlah pada gaya tertentu yang Anda pilih.

changing stationIde changing station kamar bayi (Sumber: idolza.com)

Changing station bayi

Benda penting pada daftar kedua adalah changing station, yaitu tempat mengganti pakaian atau popok bayi. Anda tidak perlu meja ganti khusus karena hanya akan memakan ruang. Solusi terbaik adalah menempatkan alas busa di atas lemari dresser. Ketika bayi Anda tumbuh besar, alas busa itu akan menipis, namun Anda masih bisa menggunakan lemari itu untuk penyimpanan.

changing stationDetail changing station kamar bayi (Sumber: housebeautiful.com)

Berikut adalah detail dari changing station. Pilihlah lemari yang cukup dalam untuk alas ganti dan cukup lebar untuk menyimpan keranjang popok, tisu, losion, pembersih tangan, dan keperluan bayi lainnya. Anda bisa memasang rak display di dinding bagian atas lemari untuk mainan dekoratif, foto, buku, dan kenang-kenangan lainnya.

changing stationIde lemari antik untuk changing station (Sumber: housebeautiful.com)

Ingin menghemat biaya? Lemari antik Anda dapat diperbarui dan dibenahi untuk menciptakan changing station yang modis. Keren, bukan?

Kursi goyangInspirasi kursi goyang untuk kamar bayi (Sumber: mid.kaydenmcleod.com)

Kursi goyang

Kursi ayun atau kursi goyang adalah furnitur ketiga yang Anda perlu. Anda akan menghabiskan banyak waktu menyusui dan menimang bayi Anda sampai tertidur. Tempatkan kursi goyang yang nyaman dekat dengan boks bayi, dengan sandaran kaki dan bantal penopang punggung.

Tidak ada salahnya menempatkan meja kecil untuk menempatkan secangkir air, pemutar mp3, ponsel, beberapa bahan bacaan, dan jurnal dengan pena untuk menulis jadwal makan dan tidur bayi Anda. Apabila kamar bayi Anda lebih luas, tempatkan rak buku yang mudah terjangkau di dekat kursi Anda.Detail kursi goyang (Sumber: mid.kaydenmcleod.com)

Tidak ada salahnya menempatkan meja kecil untuk menempatkan secangkir air, pemutar mp3, ponsel, beberapa bahan bacaan, dan jurnal dengan pena untuk menulis jadwal makan dan tidur bayi Anda. Apabila kamar bayi Anda lebih luas, tempatkan rak buku yang mudah terjangkau di dekat kursi Anda.

Tempat penyimpanan baju bayiIde penyimpanan praktis kamar bayi (Sumber: digsdigs.com)

Tempat penyimpanan baju bayi

Lemari penyimpanan adalah kunci penting. Entah itu lemari, rak kotak, lemari armoire atau dresser, Anda akan membutuhkan banyak penyimpanan untuk pakaian, sepatu, selimut, popok, mainan, dan perlengkapan bayi. Kotak-kotak dengan label yang jelas akan sangat membantu Anda. Jika Anda memiliki rak terbuka, bukalah tutup kotak agar mudah dijangkau.

closetIde penyimpanan dalam closet (Sumber: decoraid.com)

Kreativitas adalah kunci ketika merancang kamar bayi kecil, jadi pertimbangkan kembali tata letaknya. Bisakah closet berfungsi ganda sebagai tempat ganti sekaligus lemari penyimpanan? Tentu saja!

Tekstur lembutInspirasi permukaan tekstur bulu lembut (Sumber: decoraid.com)

Tekstur lembut

Permukaan lembut juga penting sekali begitu bayi Anda mulai merangkak. Hamparkan karpet bulu lembut di lantai atau di kursi, atau pelapis permukaan bangku tempat sandaran saat mereka mulai berdiri dan bergerak, dan karpet lantai yang lembut.

Nuansa gelapIde desain kamar bayi dengan tirai gelap (Sumber: hurriya.net)

Nuansa gelap

Shades atau tirai jendela gelap sangat penting untuk waktu tidur siang. Shades atau tirai gelap dapat membantu Anda menidurkan bayi Anda lebih cepat sehingga Anda juga dapat menikmati “me” time sejenak.

floor lampPencahayaan redup floor lamp pada kamar bayi (Sumber: wearefound.com)

Cahaya redup

Cahaya redup di kamar bayi sebetulnya lebih penting bagi Anda daripada mereka. Bayi tidak takut gelap, justru cahaya redup akan menciptakan lingkungan yang menenangkan bagi mereka dan Anda juga leluasa bergerak di ruangan itu pada malam hari. Gunakan floor lamp untuk menciptakan suasana yang dramatis.

mobilePenempatan mobile pada kamar bayi (Sumber: decoist.com)

Mobiles

Mobiles adalah aksesoris gantung tambahan yang dapat menjadi penghias boks bayi sekaligus menstimulasi bayi sejak dini. Mobiles tidak harus dipasang di kamar bayi. Penglihatan bayi baru lahir terlalu kabur untuk menjangkau mobiles di atas tempat tidur. Bahkan menurut para ibu, bayi yang lebih besar cukup terganggu oleh mobiles saat sedang tidur. Namun jika Anda ingin tetap memasangnya, tempatkan agak tinggi dan jauh dari boks sehingga tidak mengganggu bayi Anda.

Ingin alternatif lain? Jika Anda suka membuat kerajinan tangan sendiri, gantunglah beberapa lampion kertas warna-warni di atas boks bayi.Alternatif inspirasi hiasan gantung kamar bayi (Sumber: hurriya.net)

Ingin alternatif lain? Jika Anda suka membuat kerajinan tangan sendiri, gantunglah beberapa lampion kertas warna-warni di atas boks bayi.

wall stickerPemasangan wall sticker pada kamar bayi (Sumber: idolza.com)

Palet warna dewasa

Palet warna dewasa akan bermanfaat dalam jangka panjang. Bayi Anda tentu akan tumbuh besar dan Anda harus menata ulang kamar itu. Daripada menghabiskan biaya untuk mendekor ulang kamar bayi beberapa tahun ke depan, pilihlah warna dinding netral dan memasang stiker dinding yang dapat dilepas dengan tema pilihan Anda.

wallpaperIde pilihan wallpaper kamar bayi (Sumber: damput.com)

Ide yang paling bagus untuk aksen dinding adalah memilih wallpaper yang sesuai untuk kamar tidur orang dewasa seperti contoh di atas.

Gunakan warna netral seperti krem, beige, atau abu-abu yang memberikan nuansa yang menenangkan. Anda bisa menambahkan aksen warna cerah lainnya pada seprai, tirai, karpet, dan pernak-pernik lainnya. Tetap cantik, bukan?Ide warna cat dinding kamar bayi (Sumber: sibbhome.com)

Gunakan warna netral seperti krem, beige, atau abu-abu yang memberikan nuansa yang menenangkan. Anda bisa menambahkan aksen warna cerah lainnya pada seprai, tirai, karpet, dan pernak-pernik lainnya. Tetap cantik, bukan?

Hitam itu beraniNuansa hitam putih pada kamar bayi (Sumber: blog.potterybarn.com)

Hitam itu berani

Anda penyuka warna hitam? Tidak ada salahnya menerapkannya secara cerdas pada kamar bayi Anda.

Baca juga: Kekuatan Hitam Dalam DesainSentuhan warna pada hitam untuk kamar bayi (Sumber: fendhome.com)

Baca juga: Kekuatan Hitam Dalam Desain

Trik lain, tambahkan aksen warna lain agar warna hitam tidak terlalu dominan dan nuansa kamar bayi Anda menjadi lebih cerah.

Kenyamanan ekstraInspirasi tempat tidur di kamar bayi oleh M. E. Beck Design, Inc. (Sumber: beckdesignblog.blogspot.co.id)

Kenyamanan ekstra

Meskipun bukan salah satu perlengkapan kamar bayi, tempat tidur atau futon dapat menjadi tambahan jika Anda memiliki ruang yang lapang. Dengan adanya tempat tidur ini, Anda dapat berbaring sejenak melepas lelah setelah menyusui bayi Anda. 

Apakah Anda membutuhkan bantuan desainer interior untuk mendesain kamar bayi Anda? Temukan ratusan desainer di sini.

Baca juga:

Tips Cerdas Menciptakan Kamar Anak Untuk Jangka Panjang

10 Tips Membuat Kamar Berukuran Kecil Terlihat Lebih Menarik

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Rosida Widyastuti

Rosida Widyastuti lulusan Arsitektur angkatan'99 dari fakultas Teknik Arsitektur. Pernah bekerja di PT CIPTA MATRA (2001-2005) dan di PT Putera Indonusa Prakarsa (2005-2006) sebagai Arsitek Kepala. Saat ini bekerja sebagai penerjemah lepas untuk PT. Elex Media Komputindo Jakarta dan PT. Gandum Mas Malang.