Inspirasi Pot Bunga Minimalis untuk Membuat Tanaman Hias Anda Tampil Makin Berkelas

Inspirasi Pot Bunga Minimalis untuk Membuat Tanaman Hias Anda Tampil Makin Berkelas | Foto artikel Arsitag

Pot bunga minimalis, via unsplash.com
 

Suka mengoleksi bunga atau tanaman hias lainnya? Agar seluruh koleksi tanaman Anda terlihat cantik dan menarik, desain pot bunga patut diperhatikan dengan baik. Tak hanya menjadi tempat bagi tanaman, pot bunga juga kerap menjadi alternatif yang dapat mempercantik ruangan, lho. Selain di dalam rumah, pot bunga turut menunjang dekorasi di halaman rumah.

Nah, tanpa buang waktu, yuk intip beberapa inspirasi pot bunga minimalis yang dapat membuat tanaman hias Anda tampil lebih menarik berikut ini.

Pot Bunga Rotan
Pot bunga rotan, via unsplash.com

Pot bunga rotan, via unsplash.com
 

Jenis pot bunga yang pertama sepertinya menjadi desain yang sedang hits dan tengah banyak digemari. Material rotan yang alami dapat menonjolkan kesan natural dari tanaman atau bunga yang disimpan di dalamnya. Selain itu, pot bunga berbahan rotan juga lebih mudah untuk dibersihkan saat terkena kotoran.

Namun, pot bunga rotan lebih cocok untuk tanaman di dalam ruangan atau indoor, sebab material ini akan mudah rusak jika diletakkan di luar ruangan dalam jangka waktu yang lama. Rumah bergaya apa pun akan lebih cantik dan menarik dengan penggunaan pot bunga dari bahan rotan. Psst, harganya pun tergolong terjangkau, lho.
 

Baca juga: Cara Memilih Pot yang Pas untuk Mempercantik Dekorasi Tanaman Hias Anda
 

Pot Bunga Keramik
Pot bunga keramik, via unsplash.com

Pot bunga keramik, via unsplash.com
 

Pot bunga berbahan dasar keramik menjadi salah satu material yang paling populer dan digemari. Pot bunga keramik memiliki beragam bentuk, motif, dan desain yang dapat disesuaikan dengan selera Anda. Harganya pun tergolong terjangkau dan dapat digunakan di dalam ataupun luar ruangan. Selain itu, pot bunga keramik juga memiliki beragam keunggulan seperti dapat membuat air tetap merembes, sehingga tidak perlu diberi lapisan apa pun. Sirkulasi udara tanaman yang ditempatkan pada pot bunga keramik juga sangat bagus, sehingga Anda tidak perlu khawatir tanaman akan cepat membusuk.

Pot Bunga Kayu
Pot kayu, via unsplash.com

Pot kayu, via unsplash.com
 

Senang dengan nuansa yang natural? Pot bunga kayu akan sangat cocok untuk hunian Anda. Pot berbahan kayu kerap menjadi buruan para pencinta aktivitas berkebun. Tak heran, pot bunga kayu dianggap memiliki tingkat serapan air yang sangat baik. Selain itu, jenis pot tanaman ini juga lebih awet dan kuat dibandingkan bahan lainnya. Pot kayu memiliki banyak model dan bentuk, sehingga mudah digunakan sesuai kebutuhan. Harganya pun terbilang cukup ekonomis.

Walaupun kayu tidak mudah retak atau pecah, namun pot bunga kayu tergolong mudah lapuk dan berayap. Terlebih, jika pot sering terkena air dan menyentuh langsung pada permukaan tanah. Untuk itu, Anda harus lebih sering merawat pot atau memilih tanaman kering seperti sukulen untuk pot kayu.

Pot Bunga Plastik
Pot plastik, via unsplash.com

Pot plastik, via unsplash.com
 

Ingin menghemat budget? Pot berbahan plastik bisa dibilang menjadi pilihan yang paling pas. Tak hanya pilihannya yang sangat beragam, pot bunga plastik juga memiliki bobot yang sangat ringat. Pot bunga ini juga disebut cukup awet karena tidak mudah rusak atau pecah. Sayangnya, kekurangan dari bahan pot bunga ini adalah tidak memiliki pori-pori. Hal ini akan membuat suhu di dalam pot cepat naik saat panas sedang terik. Tanaman pun akan cepat layu dan membusuk.
 

Baca juga: Jenis Tanaman Interior yang Gampang Dirawat dan Tahan Banting untuk Pemula
 

Pot Bunga Kaca Transparan
Pot kaca, via unsplash.com

Pot kaca, via unsplash.com
 

Last but not least adalah pot bunga dari material kaca transparan. Pot bunga unik ini sangat pas digunakan untuk Anda yang ingin menonjolkan keindahan dari tanaman atau bunga yang disimpan di dalamnya. Pot bunga kaca juga cocok diletakkan di dalam ataupun luar ruangan, sebab material ini terbilang memiliki daya tahan yang kuat. Namun, pastikan Anda meletakkanya di tempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak-anak atau hewan peliharaan, ya. Apabila diletakkan sembarangan, pot kaca ini akan mudah pecah saat tersenggol.

AUTHOR

Shabrina Alfari

Shasa lahir di Jakarta 9 April 1994. Lulus dari Universitas Indonesia pada tahun 2016, Shasa mengambil jurusan Bahasa dan Studi Jerman. Dia sangat suka membaca tentang apa saja, dari novel, fiksi, penyair dan lain-lain. Setelah lulus, Shasa suka menulis tentang berbagai topik dan sekarang bekerja sebagai Content Writer.