Serba-Serbi Menata Kamar Tidur Mungil

Serba-Serbi Menata Kamar Tidur Mungil | Foto artikel Arsitag

Sebagai salah satu Kontributor Houzz, Cheryl Freedman juga bekerja sebagai seorang wartawan yang berbasis di London dengan pengalaman menulis beberapa judul terkenal mengenai interior di Inggris selama beberapa tahun.

Menata kamar tidur berukuran kecil bisa menjadi pekerjaan yang rumit dan membutuhkan perhatian khusus. Kita sering berpikir bahwa ruang yang sempit itu tidak menunjukkan kepribadian kita karena terlalu banyak barang akan “mengecilkan” maknanya secara visual. Sebaliknya, kamar yang mungil itu akhirnya justru menjadi tempat pembuangan perabot lama, kotak-kotak, atau rak pakaian.

Meskipun kamar tidur utama biasanya cukup besar untuk menampung tempat tidur ukuran besar, lemari, rak, dan bahkan perabot lainnya, kamar tidur yang lain mungkin cukup besar hanya untuk menampung satu tempat tidur dan pernak-pernik lainnya. Lalu Anda berpikir, bagaimana Anda dapat memanfaatkan setiap sudut ruangan, dan menyulap kamar tidur mungil Anda menjadi lebih bergaya dan fungsional? Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mempercantik kamar tidur mungil Anda.

Small Bedroom Decorating@How to FurnishSumber: Small Bedroom Decorating@How to Furnish

Mencontoh gaya hotel. Banyak kamar hotel berukuran kecil, namun para tamu jarang memperhatikan penataannya karena kamar itu dihias dengan cermat dan elegan. Mencontoh gaya hotel punya trik tersendiri. Permainan warna, headboard (panel yang dipasang di belakang kepala tempat tidur) yang didesain glamor, pilihan seprai yang mewah, dan beberapa bantal yang juga menawarkan kemewahan yang sama di rumah Anda.

Dengan cara yang sama, Anda bisa menata ulang meja kecil di samping tempat tidur, bahkan meskipun cuma rak kecil, tempat untuk meletakkan secangkir teh di pagi hari.

Bed Dimensions Headboard Plans@For HousesSumber: Bed Dimensions Headboard Plans@For Houses

Fokus utama padaheadboard. Dalam ruang sempit ini, headboard bisa mengatasi penggunaan ruang terbatas tanpa mengganggu sisi dinding lainnya, menjadikan ruang ini terlihat lapang dan terbuka.

Selain itu, menambahkan warna-warna cerah untuk kamar tidur yang didominasi warna putih akan menyuntikkan energi dan kehidupan tanpa menyelubungi segala sesuatu yang ada di dalamnya. Gunakan satu atau dua warna agar ruangan tidak terlalu ramai.

Beautiful Dorm Room Decorating Ideas@HomegoidSumber:Beautiful Dorm RoomDecorating Ideas@Homegoid

Jangan menganggap kamar Anda terlalu kecil untuk dua orang. Bahkan kamar tamu kecil sering kali dapat menampung dua single bed, mengingat ukuran ruangnya yang sangat sempit.

Ruangan yang cantik ini tidak berkompromi dengan gaya. Dengan tembok yang dicat hijau lumut, aksen pada bahan kain gorden dan seprai yang senada, hiasan dinding, dan lantai karpet menambah nilai estetikanya. Lampu dinding merupakan solusi hemat ruang yang hebat, tetapi jika tidak ada pilihan lain, cobalah pilih lampu meja yang tidak terlalu banyak memakan ruang. Di kamar ini, dua meja kecil di samping tempat tidur memiliki banyak fungsi.

Interior Gray Painted Bedroom@Milch HouseSumber: Interior Gray Painted Bedroom@Milch House

Tambahkan aksen pada dinding. Mengecat semua dinding dengan warna yang sama dapat menimbulkan nuansa ‘kotak’ di sebuah ruangan yang sempit. Sebaliknya, buatlah titik fokus dengan menambahkan kertas dinding mewah, panel bertekstur atau, seperti di sini, permainan warna hitam, abu-abu, dan putih yang menarik.

Di samping dinding putih, perpaduan warna yang cantik itu menciptakan ruangan yang terlihat lapang. Ruangan ini mungkin sempit, tapi jauh dari bentuk kotak yang membosankan.

Storage Ideas for Small Bedroom@HomenkSumber: Storage Ideas forSmall Bedroom@Homenk

Satu langkah duatujuan. Jadikan perabot multifungsi menjadi teman Anda di kamar tidur kecil ini. Di sini, rak buku berfungsi sebagai headboard dan meja samping tempat tidur semua berfungsi ganda. Kertas dinding warna merah, karpet bulu, dan pernak-pernik lainnya juga membantu mengubah kamar putih polos ini menjadi tempat pelarian yang nyaman.

Lampu gantung juga salah satu langkah yang cerdas untuk kamar dengan langit-langit rendah ini.

Small Bedroom Decorating@How to FurnishSumber: Small Bedroom Decorating@How to Furnish

Tetap berani bereksplorasi. Menata ulang kamar kecil bisa menguras energi. Hasil akhirnya justru bisa tampak kusam dan tidak tertata rapi. Jangan takut untuk menggunakan beberapa elemen yang Anda temukan di ruang yang lebih besar, termasuk gambar, karpet, dan lampu hias. Tambahkan sedikit aksen warna cerah.

Decorating Ideas for Small Bedroom@DGMagnetsSumber: Decorating Ideas for Small Bedroom@DGMagnets

Jangan memilih lemari dengan banyak pegangan. Di ruang tidur nyaman ini, kabinet hampir tidak ada, karena diakali dengan pintu yang minimal bahkan bebas aksesoris. Hiasan cermin yang mengilap juga memantulkan cahaya di sekitar ruangan.

Sebuah tempat tidur dengan kerangka sederhana adalah trik lain untuk ruangan kecil karena tampaknya tidak memakan banyak ruang.

Small Bedroom Ideas@Irynani KitinskaSumber: Small Bedroom Ideas@Irynani Kitinska

Berpikirlah luas. Rumah Anda lama-lama akan semakin sempit, sehingga di masa mendatang, semua kamar tidur Anda mungkin terlihat seperti ini. Pilihlah perabot berukuran kecil atau sedang dengan menambahkan detail hiasan dan permainan cat dinding.

Ide jendela kaca di bagian belakang tempat tidur merupakan cara jitu untuk memperluas jarak pandang Anda, sehingga ruangan ini terlihat lebih lapang. Secara umum, ide ini menjadi jawaban untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Small Bedroom Decorating@How to FurnishSumber: Small BedroomDecorating@How to Furnish

Gunakan cermin. Inilah trik paling lama yang banyak digunakan, tetapi dinding pintu lemari cermin akan membantu sebuah ruangan kecil terlihat lebih lapang. Tetapi pastikan ruangan itu tetap indah, sederhana dan rapi seperti ini.

Bedroom-Study@Home-DesigningSumber: Bedroom-Study@Home-Designing

Meniru gaya rumah kapal. Banyak inspirasi untuk kamar kecil yang dapat diperoleh dari rumah kapal. Di sini, rak-rak yang rendah di sekitar tepi ruangan menjadi tempat penyimpanan dan meja samping tempat tidur cukup menghemat ruang.

Pemanfaatan kaca jendela di ruangan ini memasukkan banyak cahaya, menimbulkan kesan ruang yang lapang, nyaman, dan dinamis.

Sumber :

http://www.houzz.com/

Artikel ini juga terdapat di www.sindonews.com dengan judul : ini Dia Trik Sederhana Untuk Mengakali Kamar Tidur Mungil

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Rosida Widyastuti

Rosida Widyastuti lulusan Arsitektur angkatan'99 dari fakultas Teknik Arsitektur. Pernah bekerja di PT CIPTA MATRA (2001-2005) dan di PT Putera Indonusa Prakarsa (2005-2006) sebagai Arsitek Kepala. Saat ini bekerja sebagai penerjemah lepas untuk PT. Elex Media Komputindo Jakarta dan PT. Gandum Mas Malang.