Tips dan Trik Sederhana Agar Ruang Servis di Rumah Anda Kelihatan Rapi dan Bersih

Tips dan Trik Sederhana Agar Ruang Servis di Rumah Anda Kelihatan Rapi dan Bersih | Foto artikel Arsitag
Cover : Ruang Servis untuk Rumah Lebih Bersih dan Rapi (Sumber: fourpencils.com)
 

Ruang servis atau yang lebih dikenal dengan sebutan utility room merupakan salah satu standar bagi rumah modern. Meski terkadang pemilik memilih menyatukannya dengan dapur, tetapi memiliki ruang servis sederhana sendiri akan membuat tampilan rumah Anda tampak lebih teratur.

Selain dijadikan sebagai tempat penyimpanan papan setrika, tempat tambahan untuk menyimpan baju dan tempat menyimpan mesin cuci, ruang servis juga kerap difungsikan sekaligus sebagai ruang cuci dan jemur atau laundry room. Jika Anda tertarik untuk membuat sebuah ruang servis demi tampilan rumah yang lebih rapi dan bersih, simak beberapa tips dan trik di bawah ini!

Mempersiapkan Biaya

Mempersiapkan Biaya
Contoh Ruang Servis 1 (Sumber: thinhouse.net)

 

Menambahkan ruang servis ke dalam rumah baik dengan ekstensi atau desain ulang, biayanya tidak jauh berbeda dengan menambahkan sebuah dapur baru. Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal seperti sambungan listrik, pencahayaan, serta pipa air untuk mencuci. Maksimalkan barang-barang lama yang ada untuk menghemat pengeluaran.

Pastikan untuk mempertimbangkan apa saja yang harus Anda beli dan apa saja yang ingin Anda masukkan ke dalam ruang servis itu. Jangan lupa sesuaikan ukuran ruangan dengan barang yang akan dimasukkan. Simak contoh ruang servis kecil di atas.

Pikirkan Apa yang Anda Butuhkan di Ruang Servis

Pikirkan Apa yang Anda Butuhkan di Ruang Servis
Contoh Ruang Servis 2 (Sumber: eventosppv.me)

 

Sebelum mulai membuat ruang utility, tentukan apa saja yang ingin Anda letakkan di sana. Apakah mesin cuci dan pengering termasuk di dalamnya? Apakah Anda ingin menyetrika di sana? Atau berniat memindahkan bak cuci piring dari dapur ke ruang servis? Ruang servis mungkin tidak memerlukan dekorasi atau jendela besar untuk melihat pemandangan ke luar. Akan tetapi, mungkin Anda perlu satu pintu ke halaman belakang untuk mempercepat kerja Anda saat ingin menjemur pakaian.

Apa Saja yang Bisa Anda Masukkan ke Ruang Servis

Apa Saja yang Bisa Anda Masukkan ke Ruang Servis
Contoh Ruang Servis 3 (Sumber: kobigal.com)

 

Ruang servis pada dasarnya juga dibuat sebagai tempat untuk menyimpan barang-barang yang terlalu banyak ada di bagian lain rumah Anda. Jika Anda ingin dapur Anda lebih luas, Anda bisa memasukkan bak pencuci piring, kulkas kecil, dan tempat penyimpanan makanan ke dalamnya. Kalau Anda ingin ruang servis lebih maksimal untuk aktivitas mencuci pakaian, pertimbangkan untuk menambahkan bak perendam, kabinet untuk menyimpan deterjen, pewangi, serta tempat untuk menggantung pakaian.

Menyeragamkan Konsep

Menyeragamkan Konsep
Contoh Ruang Servis 4 (Sumber: dma-upd.org)

 

Meskipun berstatus sebagai tempat penyimpanan yang tidak akan kelihatan saat tamu datang, menyesuaikan konsep ruang servis dengan ruangan lain di dalam rumah adalah hal yang tak kalah penting. Jika ruangan terhubung dengan dapur, ada baiknya menyeragamkan model dan warna kabinet dengan yang ada di dapur.

Pertimbangan Penting Sebelum Membuat Ruang Servis

Pertimbangan Penting Sebelum Membuat Ruang Servis
Contoh Ruang Servis 5 (Sumber: homedit.com)

 

Desain ruang laundry yang cantik saja tidak cukup untuk memenuhi standar. Ada beberapa hal teknis yang juga harus Anda perhatikan antara lain:

  • Drainase yang baik; perhatikan ke mana air sisa cucian akan mengalir, sama dengan air limbah dapur atau dibuatkan pipa sambungan baru?
  • Cahaya alami; posisikan ruang servis di tempat dengan pencahayaan bagus. Pertimbangkan untuk memasang jendela atau ventilasi.
  • Tata seluruh barang-barangnya sedengan seefisien mungkin. Kebanyakan orang-orang memilih kabinet vertikal untuk memaksimalkan ruang.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Anita

Penulis lepas dengan pengalaman 5 tahun ini sangat passionate dalam dunia tulis menulis. Motto hidupnya adalah "Integrity is doing the right thing when no one is watching."