Desain Interior Apartemen Minimalis dengan Rak Wine Kece

Desain Interior Apartemen Minimalis dengan Rak Wine Kece | Foto artikel Arsitag

VH Pondok Indah Residence, karya FiANO, via arsitag.com
 

Lebih dari sekadar keindahan dan kenyamanan, desain interior adalah tentang memberikan sentuhan personal ke dalam hunian Anda. VH Pondok Indah Residence ini adalah salah satu hasil kerja sama yang baik antara pemilik dan desainer yang berhasil melahirkan desain interior yang ciamik sekaligus memiliki ciri khas personal.

Apartemen berlokasi di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Proyek renovasi total yang menghabiskan biaya antara Rp700 juta sampai Rp1 miliar ini benar-benar hadir dengan nuansa berbeda dengan desain sebelumnya. Seperti apa?

Menggunakan Konsep Industrial Modern
Padukan gaya industrial dan modern, karya FiANO, via arsitag.com

Padukan gaya industrial dan modern, karya FiANO, via arsitag.com
 

Kalau Anda pernah mendengar mengenai konsep desain industrial, Anda pasti tahu kalau gaya ini lekat dengan kesan mentah dengan elemen-elemen struktural yang dibiarkan terbuka. Untuk menambahkan kesan elegan, FiANO yang menangani renovasi ini menambahkan sentuhan modern.

Dibandingkan perpaduan gaya lain, gaya industrial modern memang cenderung menghadirkan sesuatu yang berbeda. Gaya ini adalah tentang eksploitasi dalam arti positif. Gaya ini menampilkan beragam elemen dalam unsur desain yang tidak umum diperlihatkan. Ini membuatnya menjadi terlihat edgy, alias unik dan berbeda dari yang lain.

Plafon ekspos menjadi ciri khas gaya industrial di apartemen, karya FiANO, via arsitag.com

Plafon ekspos menjadi ciri khas gaya industrial di apartemen, karya FiANO, via arsitag.com
 

Dalam VH Pondok Indah Residence ini, plafon ekspos menjadi ciri khas utama gaya industrial yang dimunculkan. Selain itu, material kayu solid bisa ditemukan pada sebagian besar furnitur dan wall treatment. Sesekali, material logam dengan warna hitam muncul untuk memperkuat kesan industrial di dalamnya.
 

Baca juga: Renovasi Apartemen 2 Bedroom Menjadi 1 Studio yang Kompak dan Terasa Lebih Luas
 

Merepresentasikan Gaya yang Maskulin, Energik, dan Berjiwa Muda
Sentuhan personal untuk kesan maskulin dan muda, karya FiANO, via arsitag.com

Sentuhan personal untuk kesan maskulin dan muda, karya FiANO, via arsitag.com
 

Palet warna serta konsep yang diterapkan pada apartemen ini secara keseluruhan merepresentasikan kepribadian sang pemilik rumah. Warna-warna yang gelap di beberapa bagian, serta garis-garis yang tegas dari gaya modern memberikan kesan maskulin energik dan muda.

Rak wine menjadi bagian yang paling menarik, karya FiANO, via arsitag.com

Rak wine menjadi bagian yang paling menarik, karya FiANO, via arsitag.com
 

Bagian yang perlu di-highlight dari keseluruhan desain adalah rak wine super stylish ini. Sebagai pencinta wine, pemilik apartemen menginginkan area personal yang dirancang khusus untuk menyimpan koleksi minuman miliknya. Gayanya tetap diintegrasikan dengan konsep interior apartemen secara keseluruhan.

Pencahayaan yang Mendukung Tampilan Interior Jadi Lebih Standout
Jendela besar jadi sumber cahaya alami, karya FiANO, via arsitag.com

Jendela besar jadi sumber cahaya alami, karya FiANO, via arsitag.com
 

Di semua desain interior baik hunian atau perkantoran, pencahayaan memegang peran yang sangat penting. Selain untuk memudahkan aktivitas penghuninya, pencahayaan yang mumpuni akan membuat semua detail yang dihadirkan bisa terlihat dengan jelas. Tanpa adanya lighting yang baik, desain semenarik apa pun tetap tidak akan tampil menonjol.

Cahaya alami dalam apartemen hadir dalam bentuk jendela-jendela besar. Jendela ini langsung membatasi beberapa area penting dalam rumah dengan bagian luar. Salah satunya ada di ruang keluarga dan juga kamar tidur.
 

Baca juga: Desain Apartemen dengan Furnitur Kayu Built-in dan Rak Sepatu Kreatif
 

Pencahayaan buatan di sudut kamar tidur, karya FiANO, via arsitag.com

Pencahayaan buatan di sudut kamar tidur, karya FiANO, via arsitag.com
 

Selain pencahayaan alami, lighting di malam hari didukung oleh lampu-lampu yang terpasang di berbagai bagian rumah. Di beberapa area, lampu dipasang berlapis agar pencahayaan yang dihasilkan lebih maksimal.

Memadukan 2 gaya desain interior sekaligus memang bukan hal yang mudah. Jika ingin menerapkan konsep serupa, Anda bisa berkonsultasi dengan desainer interior profesional agar hasilnya maksimal.

AUTHOR

Anita

Penulis lepas dengan pengalaman 5 tahun ini sangat passionate dalam dunia tulis menulis. Motto hidupnya adalah "Integrity is doing the right thing when no one is watching."