Desain Apartemen dengan Furnitur Kayu Built-in dan Rak Sepatu Kreatif

Desain Apartemen dengan Furnitur Kayu Built-in dan Rak Sepatu Kreatif | Foto artikel Arsitag

Desain apartemen dengan furnitur kayu built-in, karya Jakarta Design Rush, via arsitag.com

Mau tinggal di apartemen? Tinggal di apartemen kerap menjadi pilihan warga perkotaan. Tak hanya faktor akses yang lebih cepat menuju tempat beraktivitas sehari-hari, tinggal di apartemen dianggap lebih praktis dan terjangkau. Namun, unit apartemen biasanya memiliki luas ruang yang terbatas. Penghuni harus pintar-pintar dalam menatanya, terutama soal tempat penyimpanan apartemen. Ada beberapa trik yang bisa digunakan untuk mengatasi apartemen berukuran mungil, salah satunya adalah dengan menggunakan furnitur built-in.

Desain interior sebuah apartemen di Lippo Karawaci karya Jakarta Design Rush ini, mengaplikasikan desain furnitur kayu built-in pada seluruh ruangannya. Pilihan ini membuat apartemen terasa lebih kompak dan hemat ruang. Tak hanya itu, pemilihan kayu sebagai material furnitur built-in juga membuat apartemen terkesan lebih hangat dan nyaman. Yuk, kita lihat seperti apa desainnya berikut ini.

Rak built-in dinding dengan banyak laci
Rak dinding dengan banyak laci, karya Jakarta Design Rush, via arsitag.com

Rak dinding dengan banyak laci, karya Jakarta Design Rush, via arsitag.com
 

Untuk apartemen mungil, menyimpan barang yang kecil saja bisa menjadi tugas yang menyulitkan jika Anda tidak memiliki ruang penyimpanan yang mencukupi. Maka dari itu, Anda harus memiliki banyak laci di apartemen. Rak dinding built-in ini seperti menjadi solusi yang sangat dibutuhkan untuk sebuah apartemen mungil. Rak dinding dibuat dengan banyak sekat, sehingga pemilik pun dapat dengan mudah menyimpan dan mengelompokkan berbagai barang yang dimiliki.

Selain rak tertutup, rak built-in ini juga menyediakan beberapa rak terbuka dan rak dengan kaca transparan untuk meletakkan dekorasi serta keperluan lainnya. Ukuran rak yang tinggi memanfaatkan seluruh dinding yang ada, sehingga ruangan pun terlihat lebih tinggi dan luas.

Dinding kayu multifungsi
Dinding kayu multifungi, karya Jakarta Design Rush, via arsitag.com

Dinding kayu multifungi, karya Jakarta Design Rush, via arsitag.com
 

Dinding kayu pada apartemen ini terlihat sangat multifungsi dan fleksibel. Penghuni bisa memanfaatkan dinding kayu ini untuk berbagai keperluan dalam satu tempat. Di sebelah kiri, dinding kayu dibuat khusus untuk meletakkan televisi dan meja kerja minimalis. Tak ketinggalan, di bagian atasnya pun tetap dilengkapi dengan rak kayu tertutup yang bisa menjadi tempat penyimpanan tambahan.

Uniknya, di bagian tengah dinding terdapat ruang kosong yang bisa digunakan oleh penghuni sebagai tempat kerja tambahan. Ruang kosong ini pun dilengkapi dengan aliran listrik yang memudahkan pemilik saat bekerja.
 

Baca juga: Desain Interior Apartemen Studio Mungil dengan Warna Kalem yang Cantik
 

Rak sepatu unik
Rak sepatu unik di area foyer, karya Jakarta Design Rush, via arsitag.com

Rak sepatu unik di area foyer, karya Jakarta Design Rush, via arsitag.com
 

Salah satu elemen paling menarik dari apartemen ini adalah rak sepatu melayang yang berada di area foyer apartemen. Rak sepatu built-in ini dibuat dengan besi hitam minimalis yang ditempelkan pada dinding kayu. Walaupun terlihat sederhana, tempat penyimpanan sepatu ini bisa memuat banyak sepatu, lho. Di atas rak sepatu juga terdapat kaca besar untuk penghuni bersiap-siap dan mengecek penampilannya sebelum beraktivitas di luar.

Headboard kayu yang natural
Headboard kayu solid untuk tempat tidur, karya Jakarta Design Rush, via arsitag.com

Headboard kayu solid untuk tempat tidur, karya Jakarta Design Rush, via arsitag.com
 

Tak hanya pada ruang utama, kamar tidur di apartemen ini pun dilengkapi dengan furnitur built in kayu yang memiliki finishing seragam, yakni nuansa kayu solid. Headboard tempat tidur disesuaikan dengan ukuran tempat tidur, sehingga terlihat rapi dan selaras. Pencahayaan tersembunyi di atas headboard juga membuat kamar tidur terasa semakin hangat dan nyaman.
 

Baca juga: Desain Apartemen Mungil di Moskow dengan Berbagai Lemari Rahasia
 

Wardrobe dengan penyimpanan maksimal
Penyimpanan wardrobe maksimal, karya Jakarta Design Rush, via arsitag.com

Penyimpanan wardrobe maksimal, karya Jakarta Design Rush, via arsitag.com
 

Setiap inci sisa ruangan pada apartemen ini dipikirkan dengan sangat baik untuk menyimpan barang. Misalnya saja, walk in closet dengan rak built-in yang memiliki banyak sekat dan telah disesuaikan dengan kebutuhan penyimpanan pemiliknya. Lemari built in kayu dilengkapi rak terbuka untuk menyimpan tas, rak gantung, hingga laci.

Desain furnitur kayu built-in yang diaplikasikan pada hampir seluruh ruangan apartemen membuatnya terasa lapang, fungsional, dan rapi. Setiap sudut apartemen dimaksimalkan secara optimal tanpa mengabaikan aspek estetika.

AUTHOR

Shabrina Alfari

Shasa lahir di Jakarta 9 April 1994. Lulus dari Universitas Indonesia pada tahun 2016, Shasa mengambil jurusan Bahasa dan Studi Jerman. Dia sangat suka membaca tentang apa saja, dari novel, fiksi, penyair dan lain-lain. Setelah lulus, Shasa suka menulis tentang berbagai topik dan sekarang bekerja sebagai Content Writer.