Transformasi Ruang Tamu Bergaya Trendi dan Berkelas

Transformasi Ruang Tamu Bergaya Trendi dan Berkelas | Foto artikel Arsitag

Ingin menata ruang tamu bergaya elegan? Beberapa langkah berikut ini memadukan elemen furnitur, pencahayaan, warna dan aksesoris yang mentransformasi ruang tamu menjadi bergaya namun tetap nyaman.

Sebagai zona publik yang berfungsi sebagai tempat bersantai, bercengkerama, dan menikmati hiburan bersama teman-teman dan keluarga, ruang tamu harus memadukan antara gaya dan kenyamanan. Ini bukan tugas yang mudah. Apakah ruang tamu Anda membutuhkan sedikit sentuhan akhir untuk meremajakannya? Beberapa langkah berikut ini dapat membantu menyulap ruang tamu Anda sehingga siapa pun akan merasa betah berlama-lama di dalamnya.

J House di Gading SerpongJ House di Gading Serpong oleh DESIGN INTERVENTION (Sumber: arsitag.com)

1. Kemewahan vs. kenyamanan

Pilihan yang paling ideal untuk ruang tamu trendi adalah karpet mewah yang nyaman di kaki dan berkesan mengundang. But size does matter! Pilihlah ukuran yang tepat, lebih besar pasti lebih baik. Pertimbangkan karpet yang dapat memuat seluruh furnitur ruang tamu Anda atau setidaknya kaki depan masing-masing bagian furnitur harus berada pada karpet. Jika Anda sudah memiliki karpet mewah yang terlalu kecil, Anda dapat menumpuknya di atas karpet besar (yang lebih murah) dengan warna solid dan netral atau berserat alami.

Sebagian besar ruang tamu ukuran standar dapat memuat karpet berukuran 2,4 x 3 meter, kecuali jika ruang tamu Anda kecil, pertimbangkan karpet ukuran tersebut (atau lebih besar) yang memberikan tampilan akhir yang nyaman. Ruang tamu yang lebih besar mungkin perlu ukuran karpet 3 x 3,6 meter atau bahkan lebih besar lagi untuk mengisi ruang.Ide desain interior ruang tamu mewah (Sumber: dsjsport.com)

Sebagian besar ruang tamu ukuran standar dapat memuat karpet berukuran 2,4 x 3 meter, kecuali jika ruang tamu Anda kecil, pertimbangkan karpet ukuran tersebut (atau lebih besar) yang memberikan tampilan akhir yang nyaman. Ruang tamu yang lebih besar mungkin perlu ukuran karpet 3 x 3,6 meter atau bahkan lebih besar lagi untuk mengisi ruang.

free-standingIde rak free-standing di Revahouse oleh Revano Satria Architect (Sumber: arsitag.com)

2. Desain custom

Rak dinding, entah itu custom-built ataupun yang berdiri bebas (free-standing) seperti pada gambar di atas, sangat berguna dan menegaskan desain ruang tamu.

floor-to-ceilingIde rak floor-to-ceiling oleh Design Studio Mango (Sumber: roohome.com)

Rak dinding setinggi plafon (floor-to-ceiling) juga sangat pas untuk ruang tamu kecil karena rak ukuran besar membuat ruangan tampak lebih lapang dan lebih rapi.

Selain itu, pertimbangkan juga untuk menambahkan gabungan rak terbuka dan tertutup, sehingga Anda dapat menyembunyikan beberapa barang yang kurang sedap dipandang mata di balik pintu rak tertutup. Jika Anda menggunakan rak free-standing, pastikan agar terpasang dengan aman ke dinding demi keselamatan.Ide desain rak ruang tamu mewah (Sumber: roohome.com)

Selain itu, pertimbangkan juga untuk menambahkan gabungan rak terbuka dan tertutup, sehingga Anda dapat menyembunyikan beberapa barang yang kurang sedap dipandang mata di balik pintu rak tertutup. Jika Anda menggunakan rak free-standing, pastikan agar terpasang dengan aman ke dinding demi keselamatan.

3. Gantung rendahIde desain interior ruang tamu modern oleh Allain John Baclayo (Sumber: roohome.com)

3. Gantung rendah

Lampu gantung berukuran besar yang dipasang rendah akan menimbulkan kesan hangat dan ramah yang mengundang orang untuk betah duduk dan tinggal berlama-lama di ruang tamu Anda.

Namun, jika Anda sering menata ulang furnitur ruang tamu Anda, lampu gantung rendah mungkin bukan pilihan terbaik. Anda bisa menggunakan lampu lantai (floor lamp atau standing lamp) atau lampu plafon tempel. Alternatif lain adalah lampu sconce (lampu dinding) yang lebih menghemat ruang. Anda bisa mengatur intensitas cahayanya dan menciptakan suasana apa pun yang Anda inginkan.Victoria Soloman apartment oleh Victoria Elizabeth Design (Sumber: mydomaine.com)

Namun, jika Anda sering menata ulang furnitur ruang tamu Anda, lampu gantung rendah mungkin bukan pilihan terbaik. Anda bisa menggunakan lampu lantai (floor lamp atau standing lamp) atau lampu plafon tempel. Alternatif lain adalah lampu sconce (lampu dinding) yang lebih menghemat ruang. Anda bisa mengatur intensitas cahayanya dan menciptakan suasana apa pun yang Anda inginkan.

IS HouseIS House oleh MINT-DS Architect (Sumber: arsitag.com)

4. Aksesoris trendi

Paduan dari tiga unsur, yaitu datar, vertikal dan organik adalah yang Anda butuhkan untuk menata ruang tamu trendi. Cobalah formula ini untuk menata permukaan coffee table, rak, dan meja konsol. Perhatikan dalam gambar di atas, penggunaan elemen kayu driftwood pada meja yang dihiasi dengan vas bunga. Perpaduan yang sungguh menarik, bukan?

coffee tableIde dekorasi coffee table (Sumber: countryliving.com)

- Datar: Buku, nampan, piring-piring, tekstil

- Vertikal: Lukisan berbingkai, vas, patung

- Organik: Bunga, tanaman, ornamen kayu driftwood, batu, kerang

5. Inovasi baruIde sofa modern dan inovatif (Sumber: freshdesignpedia.com)

5. Inovasi baru

Jangan takut berinovasi! Bentuk sofa menentukan kualitas ruang tamu Anda. Sofa dengan desain unik seperti di atas sangat sempurna untuk bersantai dan dapat ditata ulang sesuai aktivitas.

Ruang tamu Anda sangat luas dan Anda ingin desain yang lebih unik lagi? Cobalah yang satu ini!Ide sofa modern dan inovatif (Sumber: freshdesignpedia.com)

Ruang tamu Anda sangat luas dan Anda ingin desain yang lebih unik lagi? Cobalah yang satu ini!

slipcoverIde desain slipcover sofa modern (Sumber: bemz.com)

Atau, Anda hanya ingin mempercantik sofa lama Anda sehingga tampil lebih baru dan trendi? Anda mungkin tidak ingin menghamburkan banyak uang untuk membeli sofa baru, namun Anda bisa memberi sentuhan akhir yang cantik pada sofa lama. Pertimbangkan slipcover dengan desain custom berbahan tekstil yang cantik.

6. Pertahankan palet warnaRenovasi interior ruang tamu modern (Sumber: hgtv.com)

6. Pertahankan palet warna

Skema warna spesifik dapat membuat tampilan ruang tamu Anda lebih bersih, tertata apik dan dirancang secara cermat. Tentukan latar belakang warna netral, tonjolkan salah satu warna dan sedikit aksen warna, kemudian bersihkan ruang Anda dari setiap barang yang tidak sesuai dalam pilihan Anda.

7. Tonjolkan meja konsolInterior meja konsol ruang tamu modern (Sumber: bocadolobo.com)

7. Tonjolkan meja konsol

Anda bisa menonjolkan meja konsol dengan menambahkan bangku untuk tempat duduk tambahan, lukisan, lampu meja, vas bunga, dan aksesoris lainnya.

bar cartKreasi baru bar cart (Sumber: styleathome.com)

8. Kreasi bar cart

Gunakan kreativitas Anda! Fungsikan kembali bar cart lama Anda dengan menempatkan pernak-pernik pilihan Anda.

9. Aksen sisi gelapIde desain ruang tamu modern (Sumber: home2s.com)

9. Aksen sisi gelap

Dinding abu-abu gelap atau hitam dapat menjadi aksen ruang tamu Anda tanpa berlebihan. Sebagai nilai plus, tambahkan TV atau lukisan yang akan mengimbangi aksen gelap tersebut.

Small Space InteriorTerra Golf Residence di Pondok Indah Small Space Interior (Sumber: arsitag.com)

10. Layer tekstur

Jika ruang tamu Anda masih tampak separuh selesai, Anda bisa memanfaatkan tekstur sebagai aksen. Tambahkan layer tekstur yang membuat ruang tamu Anda tampak nyaman dan hidup. Berikut adalah pilihan tekstur untuk ruang tamu Anda:

layerTekstur layer pada ruang tamu modern (Sumber: lynneknowlton.com)

- Lunak: selimut rajutan atau pouf, selimut kasmir, selimut mohair, sarung bantal beludru, bulu imitasi

- Alami: keramik, driftwood, batu, kayu mentah, kayu Burl

- Mengilap: vas kaca, permukaan cermin, logam mengilap, Lucite

- Kasar: linen, goni, karpet serat alami seperti rami atau sisal, rumput laut atau furnitur rotan

- Halus: pouf kulit, sofa atau kursi kulit, kayu polished

window daybedIde window daybed pada ruang tamu (Sumber: papernstitchblog.com)

11. Fokus jendela

Jadikan sudut jendela sebagai window seat. Tempatkan kursi, sofa atau daybed dekat jendela, kemudian tambahkan tanaman pot, selimut sofa (throw) yang nyaman dan aksesoris lainnya.

12. Sudut ruang kerjaDesain sudut ruang kerja pada ruang tamu modern (Sumber: guillermoalvarez.tumblr.com)

12. Sudut ruang kerja

Mungkinkah menata ruang kerja dalam ruang tamu? Tentu saja! Anda bisa memanfaatkan setiap sudut ruang yang tersisa dan menciptakan rak multifungsi yang juga berfungsi sebagai sudut ruang kerja Anda.

13. Pantulan cerminCermin dinding (Sumber: wallmirrors.eu)

13. Pantulan cermin

Cermin besar seperti tambahan jendela lain di ruang tamu Anda, membuat ruang tamu Anda tampak lebih terang dan lapang. Tambahkan tanaman atau lampu di depan cermin untuk memaksimalkan efek pantulannya. 

Baca juga:

18 Desain Interior Ruang Tamu dan Kamar Tidur Rumah Sederhana yang Murah Namun Menawan

Tips Dekorasi Menggunakan Warna Peach

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Rosida Widyastuti

Rosida Widyastuti lulusan Arsitektur angkatan'99 dari fakultas Teknik Arsitektur. Pernah bekerja di PT CIPTA MATRA (2001-2005) dan di PT Putera Indonusa Prakarsa (2005-2006) sebagai Arsitek Kepala. Saat ini bekerja sebagai penerjemah lepas untuk PT. Elex Media Komputindo Jakarta dan PT. Gandum Mas Malang.