5 Cara Wujudkan Desain Interior Mediterania yang Bikin Anda Betah di Rumah

5 Cara Wujudkan Desain Interior Mediterania yang Bikin Anda Betah di Rumah | Foto artikel Arsitag

Suasana rumah mediterania yang akan membuat Anda betah, via architecturaldigest.com

Di antara sekian banyak gaya desain perumahan, gaya desain mediterania termasuk yang memiliki banyak peminat. Ciri desain mediterania biasanya akan membangkitkan imajinasi Anda tentang aroma, rasa, dan warna dari pantai selatan di Eropa. Gaya hidup yang tenang dan ramah di wilayah ini tercermin dari desain yang santai, furnitur yang besar-besar, dan tekstur dindingnya yang khas.

Interior rumah mediterania mengacu pada gaya desain dari selatan Yunani, Italia, dan Spanyol. Wilayah ini dikenal karena perairannya yang berwarna pirus, hari-hari yang diterangi sinar matahari, dan hasil bumi dan bunga yang cerah. Semua itu kemudian dicerminkan dalam desain mediterania. Setiap negara menggunakan warna, kain, tekstur, dan material tertentu yang dipengaruhi oleh budaya mereka, tetapi semua biasanya tetap menggabungkan furnitur luar, mebel rustic, lantai ubin kayu atau batu, dan tekstur dinding.

Ciri-ciri Desain Mediterania
Rumah bergaya mediterania memiliki ciri khas tersendiri, via architecturaldigest.com

Rumah bergaya mediterania memiliki ciri khas tersendiri, via architecturaldigest.com
 

Gaya mediterania adalah gaya yang memiliki keunikan tersendiri yang berbeda, antara lain:

  • Teras, court yard, atau selasar biasanya dilengkapi dengan air mancur untuk menyejukkan suasana. Di beberapa bagian, biasanya terdapat pelebaran ruangan dari dalam ke luar. Ruang ini biasanya dimanfaatkan sebagai ruang duduk atau ruang makan.
  • Komponen alam banyak menjadi inspirasi untuk material finishing lantai, plafon, atau dinding. Dinding rumah mediterania biasanya dibuat dengan tekstur kasar untuk menonjolkan kesan alami.
  • Laut Mediterania memiliki sinar matahari yang kuat dan membuat penduduknya memilih warna-warna yang tegas untuk rumah mereka. Seperti paduan putih dan birunya Laut Mediterania.

Jika Anda masih bingung mengenai desain ala mediterania ini, simak beberapa contoh berikut ini.
 

Baca juga: Inspirasi Desain Kolam Ikan Minimalis untuk Mempercantik Rumah Anda
 

Ruang Keluarga Bernuansa Mediterania
Ruang keluarga mediterania, via architecturaldigest.com

Ruang keluarga mediterania, via architecturaldigest.com
 

Gaya mediterania di ruangan ini bisa Anda lihat dari pemilihan warna dan nuansa ruangan, dinding yang memiliki permukaan kasar, serta pintu besar yang terhubung dengan bagian luar ruangan. Bagian luar yang memiliki kolam renang dapat dijadikan sebagai tempat bersantai dengan keluarga.

Kamar Tidur dengan Gaya Mediterania
Kamar tidur mediteranian-italian, via interiordesign.lovetoknow.com

Kamar tidur mediteranian-italian, via interiordesign.lovetoknow.com
 

Contoh yang bagus dari gaya Mediteranian-Italian bisa Anda lihat dari kamar tidur di atas. Dengan komponen kayu yang alami dan dinding yang bertekstur, kamar tidur ini memberikan nuansa yang berbeda. Elemen-elemen utamanya adalah penggunaan furnitur gaya regional dan nuansa cokelat yang bersahaja, serta merah dan kuning yang hangat.

Dapur dengan Sentuhan Mediterania
Dapur mediterania, via architecturaldigest.com

Dapur mediterania, via architecturaldigest.com
 

Lukisan di langit-langit dapur yang berbentuk kubah ala gedung bersejarah Baroque di Mantua-Italia ini masih asli seperti pertama kali dibuat. Direnovasi oleh pemilik rumah dan pendiri Agape Design Giampaolo Benedini, menghasilkan rumah mediterania modern sambil tetap mempertahankan ciri aslinya. Dapur dilengkapi dengan peralatan stainless steel, permukaan, dan penyimpanan, dengan bangku yang dirancang oleh Hans J. Wegner.
 

Baca juga: Arsitek Ini Sukses Menggabungkan Gaya Mediterania dengan Arsitektur Tradisional Jawa
 

Foyer Bergaya Mediterania
Foyer bergaya mediterania, via architecturaldigest.com

Foyer bergaya mediterania, via architecturaldigest.com
 

Dengan balok kayu terbuka, dinding bertekstur, dan pintu depan kayu Italia abad ke-17, foyer ini terdiri dari elemen tradisional mediterania. Rumah Pantai Malibu ini dirancang oleh arsitek Douglas Burdge dan pemilik rumah, desainer Richard Shapiro. Tangga patung adalah kontras modern dengan replika abad ke-19 dari sebuah patung Yunani kuno di dasarnya.

Bila Anda tertarik dengan gaya mediterania yang elegan ini, segera saja hubungi arsitek atau jasa desain rumah langganan Anda. Bila belum punya, Anda bisa mulai mencarinya di sini.

AUTHOR

Anita

Penulis lepas dengan pengalaman 5 tahun ini sangat passionate dalam dunia tulis menulis. Motto hidupnya adalah "Integrity is doing the right thing when no one is watching."