Desain Rumah Kontemporer Dengan Courtyard Super Keren

desain rumah kontemporer

Keberadaan tanaman di sekitar rumah akan memberi kontribusi untuk sirkulasi udara yang bersih. Selain itu, tanaman-tanaman hijau yang tertata indah juga memiliki dampak positif bagi kesehatan mental penghuni rumah. Karena itulah sangat disarankan agar setiap rumah memiliki taman. 

Seperti pada inspirasi ini, sebuah rumah kontemporer di tengah kota dirancang dengan courtyard super keren! Lantas seperti apa desain rumah courtyard yang dirancang oleh DSI Architect ini? Yuk, simak di sini!

Poin-poin Penting:

  • Courtyard dibuat dengan memanfaatkan sisa lahan di bagian depan dan samping rumah.
  • Desain rumah courtyard ini juga dilengkapi dengan innercourt yang indah

    baca juga: Inspirasi Desain Gaya Jepang untuk Rumah Minimalis.

  • Di bagian dalam juga terdapat kolam dengan aneka tanaman hijau yang memberikan pemandangan yang menyegarkan.
  • Desain rumah courtyard menjaga sirkulasi udara dan cahaya alami di bagian dalam rumah tetap terjaga dengan baik.

Desain Rumah Courtyard Dengan Outdoor Sunken Living

desain kontemporer dengan courtyard
Courtyard di rumah kontemporer karya DSI Architect via Arsitag

Di rumah kontemporer ini, courtyard dibuat dengan memanfaatkan sisa lahan di bagian depan rumah dan juga di samping rumah. Rerumputan hijau dipilih sebagai ground cover untuk courtyard dan di sudut-sudutnya ditambahkan tanaman hias dengan dedaunan yang rimbun. 

Sedangkan, sebagai focal point, dipilih pohon dengan karakter cabang yang unik. Pohon-pohon ini diletakkan di sudut-sudut courtyard

Teras bergaya sunken living karya DSI Architect via Arsitag

Courtyard ini dipadukan dengan lantai teras dari material kayu dengan warna natural sehingga semakin menguatkan kesan alami. Adapun, teras yang biasanya digunakan untuk menerima tamu dengan waktu kunjung yang  singkat, diubah fungsinya di rumah kontemporer ini. 

Di hunian ini, teras dirancang secara khusus untuk menerima tamu dengan intensitas berkunjung yang lama. Teras dibuat nyaman dan luas bergaya sunken living room atau menjorok ke dalam. 

Pepohonan berkarakter unik sebagai focal point courtyard karya DSI Architect via Arsitag

Desain Rumah Courtyard Dengan Innercourt Keren

Innercourt yang menyejukkan ruangan karya DSI Architect via Arsitag

Desain rumah courtyard ini juga dilengkapi dengan innercourt yang indah. Sebagai ground cover, tak hanya dipilih rerumputan hijau saja tetapi juga dipadukan dengan bebatuan kecil warna putih. Kombinasi yang kontras ini tentu saja menawarkan pemandangan yang indah. 

Dinding kaca sebagai pembatas innercourt dan courtyard karya DSI Architect via Arsitag

Selain ground cover, innercourt ditambahkan pula dengan ornamen berupa batu besar dan tanaman dalam pot. Sedangkan, dua pohon besar dengan karakter daun yang unik menjadi focal point. Innercourt ini letaknya berdampingan dengan teras dan courtyard yang berada di samping rumah. 

Sebagai pembatasnya, dipilih material kaca sehingga ruangan seperti tak berbatas dengan courtyard. Dinding kaca ini juga membuat bagian dalam rumah dilimpahi cahaya alami.

Baca juga: Tips Bermain dengan Warna Krem di Rumah Idaman Anda

Courtyard dan innercourt yang berdekatan karya DSI Architect via Arsitag

Kolam  di Tengah Hunian

Kolam di bagian dalam hunian dengan tanaman hijau yang segar karya DSI Architect via Arsitag

Selain innercourt, di bagian dalam desain rumah courtyard ini juga terdapat kolam. Area sekitar kolam ditambahkan dengan aneka tanaman hijau. Tentu saja area terbuka ini memberikan pemandangan yang menyegarkan sekaligus membuat sirkulasi udara di dalam rumah menjadi lebih baik. 

Ruang keluarga yang kaya cahaya alami karya DSI Architect via Arsitag

Untuk ruangan-ruangan di sekitar kolam, tembok-tembok beton tidak dipilih untuk pembatasnya. Sebagai gantinya, tim arsitek DSI Architect memilih material kaca sehingga kolam yang indah ini bisa dilihat dari berbagai sudut. Ruangan-ruangan yang berbatasan dengan kolam pun dilimpahi dengan cahaya alami. Contohnya saja ruang keluarga.

Nah, desain rumah kontemporer dengan courtyard super keren ini tentu saja menawarkan suasana yang berbeda untuk penghuninya. Desain rumah courtyard menjaga sirkulasi udara di bagian dalam rumah tetap terjaga dengan baik, begitu pula dengan intensitas cahaya alami. 

Desain ini bisa jadi pilihan untuk mereka yang ingin mendapatkan kenyamanan dan area relaksasi di rumah sendiri meskipun berada di kawasan pemukiman padat. Semoga menginspirasi ya!

Baca juga: Yuk, Mengenal Tren Warna Cat Rumah Minimalis 2022 yang Sederhana Tapi Elegan

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!
Puji Lestari
AUTHOR
Penulis lepas yang telah menulis beragam artikel dengan berbagai tema. Senang menulis dengan ide yang kreatif, informatif, dan bermanfaat.
press releasekontaksyarat dan ketentuan
© PT Tritama Gemilang Sukses 2016 - 2022 | All rights reserved.
hello world!
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram