Desain Rumah Kontemporer Dengan Detail-Detail Yang Menawan

rumah kontemporer detail menawan

Desain rumah kontemporer mengacu pada gaya desain kekinian dan menuju masa depan. Segala tipe desain yang sesuai dengan gaya saat ini dapat disebut dengan gaya kontemporer. Untuk mencapai tampilan hunian kontemporer, ada beberapa hal yang menjadi aturan dasar. 

Temukan detail-detail gaya kontemporer yang menawan pada salah satu hunian di daerah Surakarta, Jawa Tengah berikut ini.

Permainan Garis dan Bentuk Geometris yang Jelas

Bentuk geometris kotak pada lantai, jendela, dinding, hingga atap tumpuk, Karya Conarch Studi via Arsitag

Salah satu elemen yang terlihat jelas dalam desain rumah kontemporer adalah permainan dan penggunaan elemen garis ataupun bentuk geometris. Hunian ini menampilkan bentuk geometris segi empat pada fasad rumah. Bentuk segi empat pada lantai teras, jendela kaca di lantai 2, serta dinding hunian terlihat sangat menonjol. Aplikasi bentuk tersebut dipadukan dengan tonjolan massa untuk menghindari tampilan yang monoton.

Warna Netral sebagai Warna Backdrop

Warna netral kayu sebagai backdrop yang terlihat kontras dengan furniture elektronik hitam mengkilat, Karya Conarch Studi via Arsitag

Ruang keluarga ini menggunakan warna netral kayu yang hangat sebagai warna dasar dan backdrop. Permainan detail dalam desain desain rumah kontemporer di area ini terlihat subtle, namun membawa efek yang diinginkan. 

Detail berupa pola Chevron pada dinding serta pola urat pada lantai dan meja menghindarkan ruangan dari kesan membosankan. Detail lainnya yang penggunaan warna kontras berupa warna hitam pada peralatan elektronik dan warna aksen emas untuk memeriahkan serta menambah kesan elegan dengan lembut.

Furniture Gaya Kontemporer

Gaya kontemporer pada furniture dengan sentuhan elegan warna emas sebagai warna aksen, Karya Conarch Studi via Arsitag

Pilihan furniture dalam desain rumah kontemporer hendaknya memiliki desain sederhana,  halus, bersih, rapi, namun mampu membuat pernyataan.  Detail-detail kontemporer yang terlihat dalam ruangan ini hadir dalam bentuk lemari kabinet warna kayu dengan pola vertikal serta meja marmer warna abu-abu lembut. 

Furniture yang digunakan memiliki desain yang sederhana namun mampu membuat pernyataan dengan kombinasi kaca pada lemari kabinet yang memperlihatkan koleksi dining ware, serta letupan warna emas pada kran air, gantungan cangkir, bahkan alas pot bunga. Di sisi lain, kehadiran tanaman dalam warna kontral membawa elemen alam yang kontras dan menyenangkan ke dalam ruangan.

Kombinasi Pola dan Tekstur

Pola 3 dimensi sebagai dinding backsplash membawa tekstur yang nyata, Karya Conarch Studi via Arsitag

Penggunaan warna dasar, pemanfaatan ruang yang maksimal, serta pemanfaatan garis dan bentuk geometris menjadi ciri dari desain rumah kontemporer. Namun, dalam aplikasinya, keberadaan dari semua ciri tersebut dapat terlihat membosankan. Untuk menghindarinya, mainkan ragam kombinasi pola dan tekstur seperti pada ruangan ini. 

Di sini terlihat desain furniture yang berbentuk persegi empat dan lingkaran dengan garis lurus dan tegas, seperti pada bagian rumah lainnya. Tampilan yang sederhana ditingkatkan dengan penambahan tekstur pada dinding backsplash dengan pola prisma 3D. Hasilnya adalah tampilan yang unik, menawan, dan tidak membosankan.

Pola Geometris dalam Ragam Tampilan

Partisi kayu dalam bentuk geometris, Karya Conarch Studi via Arsitag

Warna dan material kayu menjadi bagian utama dari desain rumah kontemporer ini. Pola geometris juga terlihat hadir dalam berbagai bentuk dan tampilan. Di area ini, pola geometris yang saling berhubungan dengan pola abstrak menjalin rangkaian membentuk partisi nan menawan. Partisi ini menegaskan perbedaan fungsi ruang tanpa mengorbankan keluasan pandangan.

Pemilihan Fungsi Esensial untuk Furniture Ruangan

Less is more dengan penggunaan furniture yang fungsional dalam kamar tidur kontemporer, Karya Conarch Studi via Arsitag

Warna kayu terlihat mendominasi dalam kamar tidur ini. Material alam kayu menjadi pilihan utama untuk lantai pada rumah kontemporer. Selain itu, furniture yang dipergunakan terbatas pada item yang fungsional. Space kosong yang tersedia mengangkat kesan lapang nan nyaman. 

Detail menarik dalam ruangan ini adalah plafon yang memiliki sudut kemiringan tertentu untuk memberi ruang pada sistem penerangan ruangan yang semi tersembunyi dari pandangan.  Detail menarik lainnya adalah bentuk serta ukuran pecahan plafon yang menyerupai furniture built-in di bawahnya, seakan membagi ruangan menjadi 2 bagian dengan fungsi yang berbeda.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!
Puji Lestari
AUTHOR
Penulis lepas yang telah menulis beragam artikel dengan berbagai tema. Senang menulis dengan ide yang kreatif, informatif, dan bermanfaat.
press releasekontaksyarat dan ketentuan
© PT Tritama Gemilang Sukses 2016 - 2022 | All rights reserved.
hello world!
Ingin Renovasi Atau Bangun?
Hubungi Kami
Ingin Renovasi Atau Bangun?
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram