6 Ide untuk Memulai Bikin Taman Sendiri di Rumah

6 Ide untuk Memulai Bikin Taman Sendiri di Rumah | Foto artikel Arsitag
Foto olehUGA CAESvia flickr.com
 

Memiliki taman rumah yang cantik menjadi impian banyak penghuni rumah. Akan tetapi, banyak pula yang harus mengurungkan impian tersebut karena berbagai alasan. Seperti dikarenakan keterbatasan lahan ataupun tidak memiliki waktu untuk merawat. Apakah Anda juga demikian?

Taman rumah memang berkaitan erat dengan lahan tanam dan perawatan. Namun, keterbatasan dua faktor tersebut tentu ada solusinya. Tidak memiliki lahan misalnya, Anda bisa membuat taman gantung menggunakan pot yang digantungkan di teras. Sementara, kesulitan perawatan juga bisa diatasi dengan membuat taman kering seperti taman kaktus atau zen garden.

Nah, agar Anda semakin bersemangat untuk memulai bikin taman di rumah, berikut beberapa ide yang bisa dijadikan inspirasi. Ada taman di dinding rumah, lho!

1.Menciptakan Hal Unik
Foto oleh UGA CAES via flickr.com

Foto olehUGA CAESvia flickr.com
 

Menata taman rumah akan semakin menyenangkan jika disertai kreasi yang unik. Seperti contoh karya di atas. Tanaman justru ditata di dalam angkong atau kereta sorong. Kreasi seperti ini tentu akan membuat taman rumah terlihat lebih menarik. Selain itu, ide kreatif ini adalah alternatif jitu jika Anda memiliki lahan terbuka yang sangat terbatas.

2.Menjadikan Pagar Sebagai Taman
Foto oleh Markus Winkler via unsplash.com

Foto olehMarkus Winklervia unsplash.com
 

Pernah terpikirkan untuk menjadikan pagar sebagai taman? Hal itu tidaklah mustahil untuk dilakukan. Karena ada beberapa jenis tanaman yang memang cocok dipasang sebagai tanaman pagar. Bebaskan kreasi Anda dengan mengolaborasikan antara pagar masif dan tanaman seperti contoh di atas. Selain cantik secara visual, ide ini juga akan membuat taman dan rumah Anda terasa lebih segar. Jika Anda ingin nuansa yang lebih ceria, buatlah taman di pagar rumah menggunakan tanaman rambat yang berbunga.

Baca juga: Inspirasi Renovasi Rumah Lawas Jadi Bergaya Modern Kece Badai dengan Biaya Minimalisvia Liputan6.com
 

3.Membuat Taman di Jendela Luar
Foto oleh Markus Winkler via unsplash.com

Foto olehMarkus Winklervia unsplash.com
 

Membuat taman rumah berarti Anda akan melakukan kegiatan menata tanaman. Jika ingin praktis, cobalah menanam tanaman menggunakan pot. Pot-pot tanaman ini sangat fleksibel untuk disusun di teras, balkon, atau bahkan di depan jendela.

Ya, Anda bisa membuat taman di jendela dengan meletakkan dan menata pot di sana. Caranya pun sederhana. Anda cukup membuat rak dan pagar untuk dudukan pot. Kemudian, pilih tanaman sesuai tema yang disukai. Pilihlah tanaman yang sejenis, untuk memberi kesan rapi. Sebaliknya, gunakan beragam jenis tanaman untuk membuatnya terlihat alami. Selain pilihan tanaman, variasi jenis pot turut mendongkrak keindahan taman jendela ini.

4.Memanfaatkan Barang Bekas
Foto oleh Bamagal via unsplash.com

Foto olehBamagalvia unsplash.com
 

Tak melulu menggunakan pot baru, ayo asah kreativitas Anda dengan membuat tempat tanaman sendiri menggunakan barang bekas. Seperti gambar di atas contohnya, tampak ban mobil bekas dicat putih lalu dijadikan pot. Bahkan tidak cukup disitu, pot dari ban bekas ini menjadi jauh lebih menarik lantaran di tempel di dinding. Menggunakan tanaman berkarakter menjuntai bertujuan untuk memberikan efek estetik dari pot model gantung.

Baca juga: Tren Desain Tanaman Gantung untuk Mempercantik Interior Rumah
 

5.Membuat Sendiri Vertical Garden
Foto oleh cultivar413 via flickr.com

Foto olehcultivar413via flickr.com
 

Taman vertikal hadir sebagai solusi untuk minimnya lahan tanam di perkotaan dengan tetap menghadirkan estetika. Kreasi ini awalnya banyak dipakai di tempat-tempat publik seperti kafe, restoran, atau kantor. Tetapi sekarang, membuat taman vertikal sendiri di rumah tentu dapat dilakukan.

Sistem penanaman taman di dinding rumah juga beragam. Ada yang menggunakan polibag khusus vertical green, hingga cara sederhana dengan menyusun sendiri pot tanaman di dinding. Agar taman vertikal terlihat cantik, menata tanaman berdasarkan karakter fisiknya perlu diperhatikan dengan cermat.

6.Taman Pojok untuk Bersantai
Foto oleh Jade Stapleton via flickr.com

Foto olehJade Stapletonvia flickr.com
 

Hanya menyisakan sedikit ruang di halaman rumah? Tidak masalah! Anda tetap bisa membuat taman di pojok halaman. Jadikan sebagai area bersantai untuk membaca dan minum kopi. Rancang penataan taman dengan menyusun pot secara berpola atau sejajar. Supaya lebih hemat ruang, gunakan sistem pot gantung atau ditempel di dinding. Jangan lupa, gunakan jenis tanaman yang berbeda ukuran, tinggi, hingga warna agar taman pojok tidak terlihat membosankan.

Coba sekarang perhatikan dinding depan rumah Anda. Apakah Anda sudah menentukan spot untuk taman di rumah? Serunya lagi, Anda dapat menanam jenis tanaman sayur sederhana seperti cabai, jeruk sambal, ataupun daun bawang. Tanaman ini akan sangat berguna di saat-saat darurat, lho!

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Tarmizi

Penulis adalah lulusan Arsitektur Lanskap yang juga menggemari dunia penulisan sejak bangku kuliah. Kegemarannya ini membuat penulis aktif sebagai freelancer untuk menulis konten di berbagai website. Ilmu seni, arsitektur, dan tanaman yang didapat selama mengenyam pendidikan juga menjadi modal untuk tulisan-tulisannya.