8 Desain Ruang Belajar Keren Untuk Meningkatkan Konsentrasi Anda

8 Desain Ruang Belajar Keren Untuk Meningkatkan Konsentrasi Anda | Foto artikel Arsitag
Cover Capital Residence di Jakarta karya Enviro Tec (Sumber: arsitag.com)
 

Pepatah mengatakan, “Tuntutlah ilmu setinggi langit.” Namun, jangan pernah merasa puas dengan ilmu yang sudah Anda miliki sekarang. Semakin banyak ilmu yang dipelajari maka semakin luas wawasan Anda. Sebenarnya, belajar juga tidak hanya dilakukan di sekolah saja, tetapi bisa dilakukan di rumah.

Salah satu bagian rumah yang bisa digunakan sebagai tempat belajar adalah ruang belajar. Selain digunakan sebagai tempat belajar, ruang belajar bisa digunakan pula sebagai ruang kerja, misalnya untuk menyelesaikan pekerjaan yang belum sempat diselesaikan di kantor, mengerjakan pekerjaan rumah yang diberikan guru di sekolah, atau sekedar membaca buku untuk memenuhi hobi Anda.

Ruang belajar biasanya terdiri dari satu buah meja dan kursi. Desain interior ruang belajar juga harus dirancang senyaman mungkin agar dapat meningkatkan konsentrasi Anda. Jika Anda bingung memilih desain ruang belajar yang tepat, berikut ini beberapa desain ruang belajar keren untuk meningkatkan konsentrasi Anda:

1. Ruang belajar bergaya klasik Eropa

Desain ruang belajarDesain ruang belajar The Timeless Classic di Surabaya karya Iwan Sastrawiguna (Sumber: arsitag.com)
 

Gaya arsitektur klasik Eropa identik dengan kesan mewah dan menawan. Namun siapa sangka, ornamen-ornamen klasik dengan ukiran khas Eropa dapat membuat Anda semakin berkonsentrasi saat belajar. Contohnya ruang belajar The Timeless Classic yang hadir dengan nuansa Perancis seperti pada gambar di atas.
 

2. Ruang belajar untuk apartemen

Desain ruang belajarDesain ruang belajar Madison Park Studio Apartement di Jakarta karya Flux Interior (Sumber: arsitag.com)
 

Umumnya, desain interior apartemen sangat modern, tetapi memiliki ukuran yang tidak terlalu luas. Akibatnya, banyak ruang-ruang penting dalam rumah yang dipangkas. Namun, jika ruang belajar tetap menjadi prioritas Anda, sudut ruangan dalam apartemen bisa Anda sulap menjadi ruang belajar. Apalagi, jika meja belajar Anda tepat menghadap ke jendela luar.
 

3. Ruang belajar dengan lampu temaram

Desain ruang belajarDesain ruang belajar 2BR UNIT - RESIDENCE di Jakarta karya REKAMAGNA (Sumber: arsitag.com)
 

Pencahayaan ruang yang terlalu terang dapat membuat mata Anda lelah. Akibatnya, konsentrasi Anda dalam belajar menjadi turun. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menggunakan lampu temaram pada ruang belajar Anda. Jika harus membaca atau menulis, waktunya Anda menyalakan lampu belajar!
 

4. Ruang belajar di lorong sempit

Desain ruang belajarDesain ruang belajar WH's Residence - Contemporary Style di Medan karya WE ARSITEK (Sumber: arsitag.com)
 

Saat belajar di dalam ruang berukuran luas, mata Anda akan mengeksplor seisi ruangan. Oleh karena terlalu luas, konsentrasi Anda dalam belajar justru menurun. Oleh karena itu, ruang berukuran sempit seperti misalnya kamar atau lorong sangat cocok untuk dijadikan sebagai ruang belajar sehingga Anda hanya terfokus pada pelajaran Anda.
 

5. Ruang belajar anak

Desain ruang belajarDesain ruang belajar Private Residence 3 di Jakarta karya G | Momentcapture (Sumber: arsitag.com)
 

Tidak hanya orang dewasa, ternyata anak juga membutuhkan ruang belajar di rumah mereka. Selain digunakan untuk mempelajari pelajaran-pelajaran sekolah mereka, ruang belajar anak juga digunakan untuk mengerjakan pekerjaan rumah.
 

6. Ruang belajar merangkap area bermain

Desain ruang belajarDesain ruang belajar Green Village Residence di Tangerang karya Havila Studio (Sumber: arsitag.com)
 

Ruang belajar tidak melulu berisi tumpukan buku, Anda bisa membuat desain ruang belajar yang merangkap sebagai area bermain. Jadi, anak tidak akan merasa bosan saat sedang belajar. Jika bosan, mereka dapat langsung beristirahat dan langsung mengambil mainan mereka.
 

7. Ruang belajar untuk si kembar

Desain ruang belajarDesain ruang belajar Meruya Project di Jakarta karya a+Plan Architect & Interior Work (Sumber: arsitag.com)
 

Memiliki saudara kembar pasti akan sangat menyenangkan. JIka Anda memiliki saudara kembar. Desain ruang belajar Meruya Project bisa menjadi inspirasi Anda, khususnya untuk mereka yang memilki anak kembar atau saudara kembar.
 

8. Ruang belajar modern minimalis

Desain ruang belajarDesain ruang belajar SS Residence di Tangerang karya Irianto Purnomo Hadi (Sumber: arsitag.com)
 

Terkadang jika rumah Anda berantakan dan terlalu banyak benda di dalamnya, hal itu dapat membuyarkan konsentrasi Anda saat belajar. Oleh karena itu, desain ruang belajar minimalis akan membantu Anda berkonsentrasi saat sedang belajar.

Artikel Inspirasi Lainnya:

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Antaresa Mayuda

Antaresa Mayuda is a programmer by day and a writer by night. He is a former content marketer at Tokopedia, but currently working as a programmer at Kalbe Nutritionals. Writing is a part of his life for years. He has also been writing hundreds of articles for many blogs and magazines.