Inpirasi Desain Interior Kamar Tidur yang Memberikan Efek Menenangkan

Inpirasi Desain Interior Kamar Tidur yang Memberikan Efek Menenangkan | Foto artikel Arsitag

Desain kamar tidur karya Rakta Studio, via arsitag.com
 

Di tengah aktivitas yang semakin padat dan memusingkan, dekorasi yang menenangkan adalah sesuatu yang kian dicari banyak orang. Dekorasi yang dikenal dengan desain interior “zen” ini banyak digunakan untuk membuat nuansa kamar tidur yang menenangkan.

Desain kamar nyaman memungkinkan kita untuk melakukan downtime dan memberikan kelegaan. Tren interior ini merupakan perpaduan antara Jepang dan Skandinavia yang dikenal dengan nama Japandi. Tidak sulit menemukan alasan kenapa kedua gaya itu dipadukan. Dari berbagai belahan dunia, kedua interior ini sama-sama memberikan efek menenangkan yang sama. Lantas, bagaimana caranya menciptakan kamar tidur rileks untuk istirahat yang nyaman?

Hilangkan “Kebisingan Visual”
Desain kamar tidur tanpa kebisingan visual, karya Design Donk, via arsitag.com

Desain kamar tidur tanpa kebisingan visual, karya Design Donk, via arsitag.com
 

Salah satu pendekatan paling penting untuk menciptakan efek menenangkan di dalam kamar adalah dengan menghilangkan “kebisingan visual” di dalam ruangan. Terlalu banyak dekorasi dan perabotan akan membuat mata bertumpu pada terlalu banyak objek. Cobalah menerapkan konsep kamar tidur minimalis yang hanya diisi satu buah ranjang sebagai perabot utama. Dengan membiarkan nuansa kamar santai dan tidak terlalu ramai, Anda akan membantu mata dan otak untuk segera beristirahat.

Desain yang Terlihat Luas
Desain kamar tidur yang terlihat luas, karya Cip Living, via arsitag.com

Desain kamar tidur yang terlihat luas, karya Cip Living, via arsitag.com
 

Garis-garis yang bersih dan tegas, serta meminimalkan penggunaan pola dan warna yang terlalu cerah, bisa memberikan efek luas di dalam ruangan. Ciptakan kamar tidur nyaman dengan memasang furnitur yang memperlihatkan seluruh permukaan lantai untuk membuat kesan spacey dan lega.

Setelah melihat contoh desain di atas, Anda pasti dapat merasakan kesan kalem yang dipancarkan dari perpaduan gaya Skandinavia dan sentuhan Jepang di dalamnya. Ciri khas desain Jepang adalah penggunaan bahan bakunya yang berasal dari bahan alami. Ketidaksempurnaan dan sesuatu yang “raw” menjadi bagian penting dari desain ruangan di atas.

Di kamar ini, lantai kayu berpadu dengan bingkai kasur dari kayu, dan beberapa dekorasi berupa tanaman kering dan lampu samping tempat tidur yang unik. Interior yang minimalis serta penggunaan warna yang simpel juga terasa menyenangkan dipandang mata.
 

Baca juga: Kapan Saat yang Tepat untuk Mengganti Dekorasi Kamar Tidur Anda
 

Desain yang Tegas dan Cantik
Desain kamar tidur karya Rakta Studio, via arsitag.com

Desain kamar tidur karya Rakta Studio, via arsitag.com
 

Konsep utama dari gaya Skandinavia adalah tentang tampil minimalis, dan kadang memanfaatkan skema monokromatik. Kamar tidur di atas misalnya, tampil dengan nuansa kuat menggunakan ranjang dan headboard abu-abu gelap yang kontras dengan dinding abu-abu terang di belakangnya. Lantainya menggunakan parket dengan pola herringbone khas Skandinavia. Jadi, ruangan ini tidak terlihat klinis karena kehadiran kayu alami yang membuatnya terasa hangat.

Kamar Tidur dengan Nuansa Zen yang Kental
Desain kamar tidur yang tegas dan cantik karya Tamara Wibowo, via arsitag.com

Desain kamar tidur yang tegas dan cantik karya Tamara Wibowo, via arsitag.com
 

Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada memiliki kamar yang memadukan nuansa zen dengan pemandangan luar yang menyejukkan mata. Desain kamar tidur adem di atas adalah salah satu contoh terbaik yang bisa memberikan Anda ketenangan yang sesungguhnya.

Desainnya yang luas dengan lantai kayu yang hangat, masih ditambah dengan dinding transparan yang menghadap langsung ke lautan. Ini membuat suasana kamar terasa semakin luas. Menghabiskan waktu di dalamnya akan memberikan efek healing yang Anda cari.
 

Baca juga: Desain Rumah Modern Minimalis Serba Putih dengan Dapur Tersembunyi
 

Kamar tidur loteng dengan nuansa zen yang kental, karya DFORM, via arsitag.com

Kamar tidur loteng dengan nuansa zen yang kental, karya DFORM, via arsitag.com
 

Salah satu contoh kamar bernuansa zen yang kental bisa Anda lihat pada desain atticbedroom di atas. Posisinya yang berada di bagian paling atas dari seluruh rumah, memberikan keuntungan tersendiri: nyaman dan terhindar dari kebisingan. Paduan warna serba putih dan abu-abu bercorak garis-garis dengan material kayu di seluruh kamar, adalah contoh sempurna gaya Jepang dan Skandinavia yang tepat untuk kamar tidur Anda.

AUTHOR

Anita

Penulis lepas dengan pengalaman 5 tahun ini sangat passionate dalam dunia tulis menulis. Motto hidupnya adalah "Integrity is doing the right thing when no one is watching."