Kapan Saat yang Tepat untuk Mengganti Dekorasi Kamar Tidur Anda

Kapan Saat yang Tepat untuk Mengganti Dekorasi Kamar Tidur Anda | Foto artikel Arsitag

Desain kamar tidur karya HelloEmbryo, via arsitag.com


 

“Seberapa sering saya harus mengganti dekorasi kamar tidur?” Pertanyaan ini sering kali terlintas di benak semua pemilik rumah. Selain banyak dekorasi kamar tidur unik yang menggoda, kapan dan bagaimana sebaiknya Anda memperbarui suasana di dalam kamar tidur?

Ada banyak cara untuk mengubah dekorasi kamar tidur sederhana dan murah. Dapat dilakukan dengan mengganti karpet, mengecat ulang, hingga mengganti furnitur lama dengan yang baru. Kasur sendiri misalnya, sebaiknya diganti delapan tahun sekali atau ketika Anda sudah tidak nyaman lagi tidur di atasnya. Lantas, bagaimana dengan dekorasi kamar?

Timing
Perhatikan timing kapan harus mengubah dekorasi kamar, foto oleh Sidekix Media, via unsplash.com

Perhatikan timing kapan harus mengubah dekorasi kamar, foto oleh Sidekix Media, via unsplash.com
 

Sama seperti saat mengganti kasur, ada timing yang dianjurkan tentang berapa tahun sekali Anda dianjurkan mengubah dekorasi kamar. Andrea Morgan, seorang kontributor dari blog Certified Rightmove, mengatakan bahwa orang cenderung mengganti desain kamar setidaknya dua kali dalam delapan tahun.

Meskipun tidak melakukan renovasi penuh, kita setidaknya perlu mengganti skema warna seprai. Oleh karena kamar adalah tempat beristirahat, kita memerlukan suasana ruangan yang menenangkan dan menarik bagi kita untuk memasukinya. Banyak pakar desainer interior percaya, bahwa kita sebaiknya memikirkan untuk mengganti dekorasi kamar setiap tiga atau empat tahun sekali.
 

Baca juga: Model Desain Headboard Ranjang Kamar Tidur Penuh Gaya
 

Pentingnya Melakukan Update
Desain kamar tidur karya HelloEmbryo, via arsitag.com

Desain kamar tidur karya HelloEmbryo, via arsitag.com
 

Celia Sawyer, pakar desain interior BBC 1 “Your Home”, mengatakan, “Sebagai seorang desainer, saya percaya bahwa melakukan pembaruan di dalam kamar tidur adalah hal yang penting. Terutama untuk Anda yang memang menjadikan kamar sebagai tempat untuk relaksasi.  Kunci terpenting dalam pembaruan kamar ini adalah dengan mengganti cat setidaknya setelah 12 hingga 24 bulan. Anda akan terkejut bagaimana cat baru di dalam kamar bisa membuat nuansa di dalamnya terasa berbeda.”

Sawyer juga menyarankan mengubah posisi ranjang setelah beberapa tahun sekali serta mengganti pernak-pernik yang ada ketika menata ulang kamar tidur. Anda bisa menambahkan cermin baru dengan desain unik, ataupun merapikan kembali tumpukan koleksi majalah lama Anda.

Anda disarankan untuk mengganti aksesoris setiap beberapa tahun sekali karena dengan cara ini, Anda bisa memberikan sentuhan warna baru ke dalam kamar.

Tidak Harus Mengganti Semua Bagian Kamar
Tidak semua bagian kamar harus diganti sekaligus, foto oleh Marilyn Huang, via unsplash.com

Tidak semua bagian kamar harus diganti sekaligus, foto oleh Marilyn Huang, via unsplash.com
 

Pippa Jameson, seorang desainer berbasis di London, mengatakan bahwa, “Delapan tahun adalah masa yang cukup panjang bagi seseorang untuk hidup dengan satu desain.” Namun, bukan berarti Anda harus mengganti dekorasi kamar tidur ukuran kecil milik Anda secara keseluruhan. Pertahankan warna alami lantai dan furnitur utama di dalamnya. Mendekorasi ulang tempat tidur dan aksesoris seharusnya tidak akan memakan biaya besar.
 

Baca juga: Ide Mendekorasi Ulang Kamar Tidur Anda agar Tetap Betah di Rumah Saja
 

Perubahan Dekorasi Bisa Juga Dicicil
Perubahan juga bisa dicicil, foto oleh Sidekix Media, via unsplash

Perubahan juga bisa dicicil, foto oleh Sidekix Media, via unsplash
 

Jika kasur yang tua bisa membuat kita merasa lelah dan tidak nyaman tidur di atasnya, bagaimana halnya dengan dekorasi kamar? Desainer interior Andrea Morgan percaya, bahwa desain yang itu-itu saja juga bisa membuat kita bosan secara psikis. Daripada menjadi tempat peristirahatan, pada akhirnya kamar hanya jadi tempat sekadar untuk tidur.

Adakalanya juga, kita merasa sudah terlalu terikat dengan barang-barang yang ada di dalam kamar. Selimut yang sudah menemani sejak awal pernikahan atau rak yang menyimpan banyak kenangan. Cobalah untuk menyisihkan satu hari setiap bulan untuk memilah barang-barang yang ada di dalam kamar. Anda pasti akan menemukan pakaian tak terpakai atau koleksi yang seharusnya bisa disimpan di gudang. Gunakan waktu itu untuk melakukan pembaruan sedikit demi sedikit di kamar Anda. Bahkan, Anda mungkin akan tergerak untuk mengubah desain interior kamar tidur untuk menciptakan suasana baru.

AUTHOR

Anita

Penulis lepas dengan pengalaman 5 tahun ini sangat passionate dalam dunia tulis menulis. Motto hidupnya adalah "Integrity is doing the right thing when no one is watching."