Desain Interior Apartemen Minimalis Japandi yang Super Kece

Desain Interior Apartemen Minimalis Japandi yang Super Kece | Foto artikel Arsitag

Interior set Skandinavian di Apartemen Cikarang, karya Furniterus, via arsitag.com
 

Ketika menata apartemen minimalis, banyak pemilik hunian kerap dipusingkan dengan konsep dan jenis perabotan seperti apa yang sebaiknya mereka gunakan. Oleh karena ruang yang terbatas, memilih furnitur memang harus dilakukan dengan lebih teliti. Pasalnya, kalau sampai salah menentukan pilihan, rumah akan terkesan sumpek dan penuh.

Salah satu contoh desain perabotan yang ciamik untuk apartemen minimalis bisa Anda temukan di sebuah hunian di Cikarang ini. Dirancang dan dibuat oleh Furniterus, set dengan model Skandinavian ini akan mengingatkan Anda pada rumah-rumah dengan gaya minimalis dan simpel ala Jepang. Seperti apa?

Nuansa Jepang yang Kental
Furnitur built-in, karya Furniterus, via arsitag.com

Furnitur built-in, karya Furniterus, via arsitag.com
 

Bagi pemilik apartemen studio yang tidak ingin ruangannya terkesan sempit, memilih konsep interior built-in untuk perabotan merupakan sebuah opsi cerdas. Konsep semacam ini sudah sering terlihat pada rumah-rumah di Jepang.

Perabotan berbahan kayu, karya Furniterus, via arsitag.com

Perabotan berbahan kayu, karya Furniterus, via arsitag.com
 

Alih-alih menghabiskan tempat untuk meletakkan perabotan yang besar, mereka memfungsikan dinding di rumah mereka sebagai tempat penyimpanan. Kadang, ada lemari-lemari yang seperti tidak kelihatan karena menyatu sempurna dengan dinding. Ini merupakan trik umum untuk membuat ruangan tidak terasa sumpek.

Unsur semacam ini bisa Anda temukan di apartemen studi di Cikarang ini. Desain Interior Set Japandi yang dihadirkan oleh Furniterus terlihat sangat pas. Ditambah lagi, dengan banyak tempat-tempat penyimpanan yang tersembunyi. Selain hemat ruang, interior set ini membuat suasana di dalam apartemen tetap terasa lega.
 

Baca juga: Desain Rumah Mungil dengan Konsep Minimalis Jepang yang Super Simpel
 

Partisi Transparan Memberikan Kesan Luas
Partisi transparan bergaya Jepang, karya Furniterus, via arsitag.com

Partisi transparan bergaya Jepang, karya Furniterus, via arsitag.com
 

Selain menggunakan material berbahan kayu untuk memberikan kesan hangat dan natural, desain interior gaya Jepang juga lekat dengan partisi berupa pintu geser dengan bentuk kotak-kotak yang khas. Komponen tersebut juga akan Anda temukan di desain Japandi ini lewat dinding yang memisahkan antara ruang keluarga dengan kamar tidur. Partisi ini dalam bahasa Jepang disebut dengan fusuma. Sementara, Japandi sendiri merupakan istilah populer untuk mendeskripsikan perpaduan nuansa Jepang dan Skandinavian.

Fusuma, sebenarnya dibuat dengan menggunakan kayu dan karakami atau kertas Cina. Namun, untuk memberikan kesan modern sekaligus efek transparan, karakami diganti dengan kaca. Dengan begitu, Anda yang berada di ruang tamu tetap bisa melihat bagian kamar tidur. Cahaya yang berasal dari jendela besar di kamar juga tetap bisa sampai ke ruangan yang ada di sebelahnya.

Kamar Tidur Super Nyaman
Kamar tidur di dalam apartemen, karya Furniterus, via arsitag.com

Kamar tidur di dalam apartemen, karya Furniterus, via arsitag.com
 

Kamar tidur tentu merupakan bagian yang tidak boleh kita lewatkan dari rancangan ini. Di rumah minimalis gaya Jepang ini, kamar tidur dipasangi ranjang dari kayu dengan ruang-ruang penyimpanan di bagian bawahnya. Uniknya lagi, di sisi jendela ada sebuah tempat duduk dengan tatami dan meja bergaya Jepang. Selain cocok jadi tempat berjemur, sudut ini akan sangat menyenangkan untuk duduk santai sambil minum teh.
 

Baca juga: Desain Interior Rumah Kontemporer dengan Nuansa Cokelat dan Krem yang Kalem
 

Area duduk dengan tatami gaya Jepang, karya Furniterus, via arsitag.com

Area duduk dengan tatami gaya Jepang, karya Furniterus, via arsitag.com

Dapur yang Bersih dan Simpel
Suasana dapur, karya Furniterus, via arsitag.com

Suasana dapur, karya Furniterus, via arsitag.com
 

Rumah bergaya Jepang juga kerap menghadirkan dapur dengan nuansa bersih dan sebagian rak yang dibiarkan terbuka. Interior set Japandi oleh Furniterus ini berhasil menyatu sempurna dalam hunian apartemen.

Berada dalam satu garus lurus, Anda akan menemukan semua perlengkapan dapur yang tertata sedemikian rupa. Mulai dari area memasak, mencuci piring, kabinet penyimpanan sampai microwave dan kulkas semua tersimpan rapi. Selain menghemat ruang, penataan dapur ini meminimalisir gerakan sehingga penghuni rumah tidak lelah saat memasak.

Jika Anda tertarik menerapkan desain interior Jepang yang serupa, saatnya untuk mulai mencari berbagai referensi menarik sesuai dengan tipe hunian Anda.

AUTHOR

Anita

Penulis lepas dengan pengalaman 5 tahun ini sangat passionate dalam dunia tulis menulis. Motto hidupnya adalah "Integrity is doing the right thing when no one is watching."