Desain Pintu Garasi Modern yang Tampil Memikat

Desain Pintu Garasi Modern yang Tampil Memikat | Foto artikel Arsitag

Pintu garasi geser dengan material kayu, via unsplash.com

Tampilan garasi Anda terlihat monoton dan kurang dekoratif? Sebagai ruangan yang tak terpisahkan dari rumah, garasi memiliki fungsi yang sangat penting yaitu untuk melindungi kendaraan pribadi Anda dari cuaca maupun risiko pencurian. Namun, kebanyakan orang kurang memikirkan fungsi dekoratif dari pintu garasi. Padahal, apabila dipilih dengan benar, desain pintu garasi bisa menjadi elemen pendukung yang mempercantik bagian depan atau eksterior rumah, lho. Nah, bagi Anda yang ingin memberikan tampilan modern pada rumah, ada beberapa desain pintu garasi yang bisa dijadikan inspirasi berikut ini.

Pintu Besi
Pintu garasi besi klasik, via lioniron.en.made-in-china.com

Pintu garasi besi klasik, via lioniron.en.made-in-china.com
 

Model pintu garasi modern pertama yang bisa Anda gunakan adalah pintu dari material besi. Model yang satu ini juga menjadi bentuk yang paling umum digunakan pada rumah di Indonesia. Desain model pintu ini berkonsep klasik, sehingga dapat memaksimalkan tampilan rumah dan cocok digunakan pada berbagai gaya rumah. Pintu besi pun tergolong memiliki perawatan yang mudah dan menyediakan banyak pilihan warna hingga motif. Tertarik mencoba?
 

Baca juga: Inspirasi Warna Pintu Masuk Depan Rumah untuk Kesan Pertama yang Cerah
 

Pintu Kaca Es
Pintu garasi kaca es, via overheaddoortexarkana.com

Pintu garasi kaca es, via overheaddoortexarkana.com
 

Ingin memberikan privasi lebih pada garasi Anda? Ada pintu dengan model bukaan geser yang menggunakan material kaca es atau kaca buram seperti yang satu ini. Dengan menggunakan desain pintu kaca es ini, kendaraan Anda yang diparkir di dalam garasi tidak akan terlihat dari luar. Desain pintu garasi minimalis seperti ini merupakan solusi tepat bagi Anda yang ingin tetap memberikan tampilan yang mewah pada garasi tanpa mengekspos bagian dalam garasi.

Pintu Kayu yang Alami
Pintu garasi kayu dengan desain kotak-kotak, via unsplash.com

Pintu garasi kayu dengan desain kotak-kotak, via unsplash.com
 

Material kayu sudah sangat terkenal akan daya tahannya yang sangat kuat dan cocok digunakan sebagai material eksterior bangunan. Kayu dipercaya sangat kuat dan dapat tahan terhadap cuaca panas dan hujan. Tak hanya itu, guratan dan warna alami dari kayu bakal membuat tampilan rumah Anda terkesan lebih mewah dan megah, lho. Model pintu kayu pun memiliki bahan yang mudah dibentuk, sehingga Anda dapat membuatnya secara custom sesuai dengan keinginan. Namun, karena tegolong berat sebaiknya gunakan metode dorong sebagai cara untuk membuka pintu kayu.

Pintu dengan Warna Tembaga
Pintu garasi bahan tembaga, via archipro.co.nz

Pintu garasi bahan tembaga, via archipro.co.nz
 

Model pintu garasi berikutnya tergolong sangat jarang ditemui, namun sangat cocok digunakan untuk memberikan tampilan mewah pada hunian Anda. Pintu yang terlihat seperti dibuat dari material tembaga ini dapat memancarkan pantulan cahaya matahari dengan sangat indah. Warna tembaga dari pintu juga membuat garasi terlihat semakin terkesan minimalis, dengan tetap menawarkan sentuhan mewah dan elegan.
 

Baca juga: Inspirasi Warna Biru Telur Asin untuk Interior Rumah yang Cantik dan Berkelas
 

Kombinasi Kayu dan Kaca
Pintu garasi kombinasi kayu dan kaca, via cleantechloops.com

Pintu garasi kombinasi kayu dan kaca, via cleantechloops.com
 

Desain pintu garasi selanjutnya didesain sederhana dengan sentuhan modern. Hampir seluruh permukaan pintu menggunakan material kayu. Hanya saja, di bagian sebelah kanan menggunakan material kaca. Kaca ini dapat dimanfaatkan sebagai pencahayaan alami di dalam garasi. Jendela yang digunakan pun dapat berupa kaca bening, double glazing, atau kaca buram untuk menjaga privasi.

Setelah melihat semua desain pintu garasi modern di atas, model mana yang paling menarik perhatian Anda? Sesuaikan tampilannya dengan keseluruhan desain rumah sebelum memilih, ya!

AUTHOR

Shabrina Alfari

Shasa lahir di Jakarta 9 April 1994. Lulus dari Universitas Indonesia pada tahun 2016, Shasa mengambil jurusan Bahasa dan Studi Jerman. Dia sangat suka membaca tentang apa saja, dari novel, fiksi, penyair dan lain-lain. Setelah lulus, Shasa suka menulis tentang berbagai topik dan sekarang bekerja sebagai Content Writer.