Desain Rumah Minimalis Modern Tiga Lantai Besutan Erwin Kusuma yang Tampil Elegan

Desain Rumah Minimalis Modern Tiga Lantai Besutan Erwin Kusuma yang Tampil Elegan | Foto artikel Arsitag
Desain rumah minimalis modern tiga lantai Pitarani House, karya Erwin Kusuma (Sumber: Arsitag.com)
 

Rumah tiga lantai dengan desain minimalis modern besutan Erwin Kusuma langsung mencuri perhatian mulai dari tampak luarnya. Fasad belakang bangunan Pitarani House ini dibuat tidak rata, melainkan memiliki level kedalaman yang berbeda-beda. Sehingga tampak kontras dengan bangunan-bangunan konservatif yang ada di sekelilingnya. Jika Anda cermati, Anda akan menemukan keunikan yang jelas. Di salah satu sisi, lantai satu sampai tiga dirancang lebih maju dibandingkan lantai pada sisi lainnya yang lebih menjorok ke dalam. Keunikan yang telihat simpel, namun sangat berpengaruh terhadap penampakan luarnya.

Sementara itu, dominasi kaca dan penggunaan kusen kayu membuat Pitarani House tambah terlihat luas dan elegan. Sedangkan, aksen panel kayu vertikal dengan warna dan tekstur natural berpadu cantik dengan ornamen bebatuan dan taman nan hijau. Kesan sejuk dan alami pun begitu kuat menonjol. Benar-benar sebuah hunian impian di tengah padatnya perkotaan.

Model Void untuk Desain Rumah Minimalis Modern
Model void rumah Pitarani House dengan plafon panel kayu (Sumber: Arsitag.com)

Model void rumah Pitarani House dengan plafon panel kayu (Sumber: Arsitag.com)
 

Berbeda dengan rumah bertingkat pada umumnya, desain rumah minimalis modern ini mengadopsi rancangan void rumah. Ruang kosong terbuka dibuat berada di tengah-tengah konstruksi antara lantai dua dan lantai tiga. Ruangan-ruangan yang diperuntukkan sebagai tempat kerja dan tempat bermain musik dibangun pada sisi-sisi dinding. Sedangkan, bagian tengah di lantai dua digunakan sebagai ruang keluarga. Rancangan void ini membuat sirkulasi udara lebih baik, pencahayaan lebih optimal, dan efek visual yang lebih luas serta lapang.

Lampu Gantung pada Plafon Tinggi
Lampu gantung di Pitarani House (Sumber: Arsitag.com)

Lampu gantung di Pitarani House (Sumber: Arsitag.com)
 

Di Pitarani House ini, lantai dua dan lantai tiga memiliki satu plafon yang sama. Adapun jenis plafon yang digunakan berupa plafon panel kayu dengan warna dan tekstur natural. Sebagai hiasan di tengah ruangan, tiga buah lampu gantung dipasang pada plafon kayu. Sesuai dengan desain rumah minimalis modern, lampu gantung ini tak punya banyak ornamen atau detail.

Ketiga lampu gantung dipasang dengan ketinggian yang berbeda-beda. Lampu gantung yang paling rendah dipasang dengan ketinggian setengah dari tinggi ruangan. Dengan ketinggian yang tepat, lampu gantung di Pitarani House ini menjadi pusat perhatian dan mempercantik dua lantai sekaligus.

Selasar Terbuka untuk Ruang Duduk
Selasar terbuka di Pitarani House (Sumber: Arsitag.com)

Selasar terbuka di Pitarani House (Sumber: Arsitag.com)
 

Salah satu sisi di lantai tiga Pitarani House dimanfaatkan sebagai ruang khusus bekerja. Selain ruang kerja, ada pula selasar terbuka yang dibatasi dengan railing berdinding kaca. Selasar terbuka ini mengusung desain minimalis tanpa banyak furnitur dan ornamen. Ditempatkan sebuah bangku sepanjang selasar. Sehingga selasar tak hanya berfungsi sebagai penghubung dari satu titik ke titik lainnya, tetapi juga berfungsi sebagai ruang duduk.

Baca Juga: 9 Cara Kreatif Membagi Interior Rumah Konsep Terbuka via Cantika.com
 

Ruang Yoga Berlantai Kayu
Ruang yoga berlantai kayu yang nyaman (Sumber: Arsitag.com)

Ruang yoga berlantai kayu yang nyaman (Sumber: Arsitag.com)
 

Tak menyangka ada ruang yoga di hunian ini? Erwin Kusuma, sang desainer, secara khusus menyiapkan sebuah ruang yoga yang nyaman di lantai atas. Ruang yoga dengan bentuk memanjang ini bersebelahan dengan selasar terbuka yang berfungsi sebagai ruang duduk. Ruang yoga menggunakan material kayu untuk lantainya. Bukan tanpa alasan, lantai berbahan dasar kayu memang sangat cocok untuk olahraga yoga. Material kayu dengan warna dan tekstur yang natural mampu mengoptimalkan konsentrasi. Efeknya, pelaku yoga bisa mencapai ketenangan yang maksimal.

Ruang Keluarga nan Hangat
Ruang keluarga minimalis modern di Pitarani House (Sumber: Arsitag.com)

Ruang keluarga minimalis modern di Pitarani House (Sumber: Arsitag.com)
 

Kehangatan begitu terasa di ruang keluarga Pitarani House berkat jendela besar di salah satu sisinya. Ruang keluarga pun dilimpahi dengan cahaya alami. Selain itu, keberadaan sofa sebagai bintang utamanya menawarkan kenyamanan yang semakin melengkapi suasana hangat yang telah terbangun. Karena mengusung desain minimalis modern, maka tak banyak dekorasi dan furnitur di ruang keluarga. Selain sofa, beberapa furnitur di ruangan ini antara lain sebuah meja kecil bulat yang beralaskan karpet alami, sebuah kursi, dan rak tv minimalis.

Ruang Duduk Hijau
Ruang duduk hijau yang segar (Sumber: Arsitag.com)

Ruang duduk hijau yang segar (Sumber: Arsitag.com)
 

Ruang keluarga di hunian tiga lantai ini diapit dua ruangan yang terbilang unik. Yakni ruang untuk bermain musik di satu sisi dan ruang duduk hijau di sisi lainnya. Keberadaan tanaman-tanaman hijau berhasil membangun suasana sejuk dan segar. Ditambah cahaya matahari yang berlimpah dan bebatuan sebagai ornamen, membuat ruang duduk ini memiliki nuansa alami yang begitu kental.

Dapur dan Ruang Makan yang Saling Terhubung
Dominasi warna putih di dapur Pitarani House (Sumber: Arsitag.com)

Dominasi warna putih di dapur Pitarani House (Sumber: Arsitag.com)
 

Satu lagi ruangan yang tak boleh dilewatkan untuk diintip di hunian ini adalah dapur. Dominasi warna putih di dapur Pitarani House tak hanya memberi kesan luas dan lapang, tetapi juga rapi dan bersih. Lemari-lemari dapur begitu simpel dengan kombinasi model lemari dapur terbuka dan tertutup.

Oh ya, dapur dibuat terhubung dengan ruang makan. Tak ada sekat antara keduanya. Tidak berdiri sendiri-sendiri, ada benang merah antara dapur dan ruang makan. Yakni unsur kayu dengan warna dan tekstur natural. Lemari dapur bagian bawah menggunakan material kayu, begitu pula dengan meja dan kursi makan. Terlihat sangat serasi, bukan?

Erwin Kusuma benar-benar menawarkan desain rumah minimalis modern yang berbeda dari rumah bertingkat pada umumnya. Tak hanya tampak elegan dari luar, bagian dalam rumah juga menjadikan kenyamanan sebagai perhatian yang utama. Setiap bagian ruangan begitu lapang dan terbuka dengan pencahayaan alami yang melimpah serta sirkulasi udara yang optimal. Tertarik untuk membangun hunian seperti ini?

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Puji Lestari

Penulis lepas yang telah menulis beragam artikel dengan berbagai tema. Senang menulis dengan ide yang kreatif, informatif, dan bermanfaat.