Desain Rumah Minimalis Scandinavian yang Cantik dan Cozy

Desain Rumah Minimalis Scandinavian yang Cantik dan Cozy | Foto artikel Arsitag

Suasana kamar mandi bergaya Scandinavian di B4 House, karya Scala, via arsitag.com

Bagi penyuka desain rumah yang mewah namun sederhana, rumah minimalis Scandinavian adalah salah satu gaya yang banyak diminati saat ini. Meski hanya menggunakan warna-warna dasar seperti hitam dan putih, Anda tetap bisa menampilkan nuansa yang elegan ke dalam rumah Anda. Salah satu hunian yang layak menjadi inspirasi adalah B4 House.

Rumah yang beralamat di Mampang Prapatan ini sebenarnya adalah hunian dua lantai. Di tangan arsitek Scala, ditambahkan lantai ketiga rumah serta diubah konsepnya menjadi rumah hitam putih yang tampil atraktif.

Eksterior Simpel dengan Sentuhan Alami yang Kental
Tampilan depan B4 House, karya Scala, via arsitag.com

Tampilan depan B4 House, karya Scala, via arsitag.com
 

Saat melihat bagian depan rumah, Anda hanya akan menemukan bentuk geometris persegi. Tidak hanya pada bentuk fasad bangunan, tetapi juga jendela-jendela dan pintu-pintunya. Namun, ini tidak lantas mengurangi daya tariknya.

Lantai dasar dibuat dengan efek agak turun ke bawah, memberikan kesan menyerupai ruang bawah tanah. Di bagian depannya diletakkan satu set kursi dan meja. Bisa digunakan untuk bersantai dengan keluarga ataupun sekadar menyambut tamu yang datang.

Pintu dan jendela kaca transparan yang menutupi lantai dasar dan lantai di atasnya memberikan kesempatan pada sinar matahari untuk masuk secara maksimal. Tanaman rambat di sisi kanan - kiri dan di sekeliling bangunan memberikan kesan alami yang menyegarkan tidak hanya untuk lantai bawah saja, tetapi juga untuk bangunan secara menyeluruh.
 

Baca juga: Desain Interior Apartemen Studio Monokrom dengan Sentuhan Kayu
 

Balkon di lantai tiga, karya Scala, via arsitag.com

Balkon di lantai tiga, karya Scala, via arsitag.com

Di lantai tiga, ada balkon yang menghadap langsung ke jalanan. Sama seperti lantai dasar, di bagian ini pemilik rumah juga meletakkan dua buah kursi dan satu meja. Posisinya yang lebih privat menjadikan sudut ini sebagai lokasi yang nyaman untuk bersantai bagi anggota keluarga.

Ruang Keluarga dan Ruang Makan dengan Konsep Terbuka
Ruang keluarga dan dry kitchen yang bersebelahan, karya Scala, via arsitag.com

Ruang keluarga dan dry kitchen yang bersebelahan, karya Scala, via arsitag.com
 

Desain open-plan biasanya memang digunakan oleh pemilik rumah dengan ruang yang sempit. Namun, bukan berarti pemilik rumah dengan area yang luas tidak bisa memanfaatkan konsep serupa. Di B4 House ini, desainer memilih untuk menghilangkan sekat yang memisahkan antara area dry kitchen dengan ruang keluarga meski sebenarnya area ruangan tidak terlalu sempit.

Hasilnya, perpaduan kedua ruangan justru memberikan kesan airy dan luas. Bagi sebuah keluarga, konsep ini justru bisa mendekatkan antaranggota keluarga karena aktivitas inti (makan dan berkumpul) bisa dilangsungkan di tempat yang sama.
 

Baca juga: Desain Interior Dapur Cantik Bergaya Bohemian yang Tampil Beda
 

Sinar matahari yang masuk melalui jendela besar di sisi ruang keluarga, karya Scala, via arsitag.com

Sinar matahari yang masuk melalui jendela besar di sisi ruang keluarga, karya Scala, via arsitag.com
 

Suasana interior minimalis Scandinavian diperkuat oleh jendela besar yang berada tepat di sebelah ruang keluarga. Tidak hanya menjadi sumber cahaya alami yang menyegarkan, adanya tirai yang sengaja dipasang tinggi sampai ke langit-langit membuat seluruh ruangan terasa lebih tinggi dan lega.

Desain Kamar Mandi Minimalis di Dalam Rumah
Kamar mandi super cozy di B4 House, karya Scala, via arsitag.com

Kamar mandi super cozy di B4 House, karya Scala, via arsitag.com
 

Bagian rumah yang tidak boleh luput dari sorotan adalah area kamar mandi. Meski seluruh bagian rumah sudah memancarkan aura cozy, namun area kamar mandi dengan nuansa putih berpadu kayu ini benar-benar terasa hangat. Dengan area yang cukup luas, ini adalah tempat yang sempurna untuk berendam setelah melalui hari yang panjang.

Menerapkan konsep rumah Scandinavian minimalis memang penuh intrik. Tetapi, dengan inspirasi di atas, rasanya tidak salah untuk menerapkannya di rumah sendiri, bukan?

Baca juga:  Desain Rumah Minimalis Cozy

AUTHOR

Anita

Penulis lepas dengan pengalaman 5 tahun ini sangat passionate dalam dunia tulis menulis. Motto hidupnya adalah "Integrity is doing the right thing when no one is watching."