Desain Rumah Modern dengan Teras Semi Outdoor yang Luas dan Nyaman

Desain Rumah Modern dengan Teras Semi Outdoor yang Luas dan Nyaman | Foto artikel Arsitag

Rumah dengan teras semi outdoor berukuran besar karya RDMA, via Arsitag.com
 

Konsep rumah semi outdoor yang diusung tim arsitek RDMA ini benar-benar bisa menghadirkan suasana baru bagi keluarga. Suasana rileks dan santai berkat konsep semi outdoor membuat momen berkumpul bersama keluarga semakin menyenangkan. Ruangan-ruangan pun jadi terasa lebih sejuk dan adem sepanjang waktu berkat sirkulasi udara yang lancar!

Fasad Rumah Semi Outdoor dengan Nuansa Garis Horizontal
Secondary skin berbentuk kisi-kisi horizontal, karya RDMA, via Arsitag.com

Secondary skin berbentuk kisi-kisi horizontal, karya RDMA, via Arsitag.com
 

Konsep rumah semi outdoor sama sekali tak terlihat pada tampilan fasad. Fasad rumah modern ini justru cenderung tertutup karena penggunaan secondary skin. Material secondary skin berupa batang-batang kayu disusun secara horizontal membentuk kisi-kiri bak perisai yang melindungi bagian atas rumah. Selain itu, di bagian bawah, material batu lokal juga disusun secara horizontal sehingga memberikan privasi untuk ruangan di baliknya.
 

Baca juga: Desain Plafon Ini Dijamin Bikin Tamu-Tamu Anda Menengadah Kagum
 

Halaman depan rumah modern semi outdoor, karya RDMA, via Arsitag.com

Halaman depan rumah modern semi outdoor, karya RDMA, via Arsitag.com
 

Nuansa garis horizontal pada fasad semakin kuat dengan pola-pola horizontal yang diterapkan pada gerbang. Garis-garis horizontal pada secondary skin dan gerbang membuat rumah modern ini tampak lebih rendah dan tak menjulang tinggi. Keberadaan secondary skin seperti ini tidak hanya mempercantik eksterior rumah modern, tetapi juga mampu mereduksi panas sehingga bagian dalam rumah terasa lebih sejuk.

Teras Semi Outdoor yang Luas dan Nyaman
Teras semi outdoor dengan lampu-lampu yang tersebar di plafon dan lantai, karya RDMA, via Arsitag.com

Teras semi outdoor dengan lampu-lampu yang tersebar di plafon dan lantai, karya RDMA, via Arsitag.com
 

Di rumah modern semi outdoor ini, teras tak hanya berfungsi sebagai ruang penerima tamu atau sebagai ruang tunggu sebelum tamu dipersilakan masuk. Rumah dengan teras besar memiliki banyak fungsi sebagai area berkumpul keluarga, sekaligus tempat melakukan berbagai aktivitas hobi.

Mengusung konsep semi outdoor, teras luas ini sengaja dibuat terbuka pada semua sisinya. Dua sisi terbuka menghadap ke arah taman dan kolam. Sedangkan, dua sisi teras lainnya berbatasan dengan ruangan-ruangan lain tanpa tembok beton penyekat. Alhasil, teras ini menjadi area yang nyaman karena keluasannya, sirkulasi udara yang sangat baik, dan pemandangan sejuk ke area terbuka.

Kolam dan Tanaman Hijau Menyempurnakan Teras Semi Outdoor
Kolam di dekat teras semi outdoor, karya RDMA, via Arsitag.com

Kolam di dekat teras semi outdoor, karya RDMA, via Arsitag.com
 

Konsep rumah semi outdoor tak akan sempurna tanpa lingkungan sekitar yang mendukung. Untuk itulah tim arsitek RDMA merancang taman yang terdiri dari kolam, tanaman-tanaman hijau di tepian kolam, dan hamparan rumput hijau di sisi taman lainnya. Pemandangan yang indah inilah yang menunjang pemandangan utama rumah open space terasa sangat sejuk.

Lampu-lampu di sekitar kolam, karya RDMA, via Arsitag.com

Lampu-lampu di sekitar kolam, karya RDMA, via Arsitag.com
 

Untuk penerangan di malam hari, lampu-lampu dengan cahaya keemasan ditambahkan di sekitar kolam serta di undakan tangga teras. Keberadaan lampu-lampu ini sekaligus menciptakan suasana romantis sehingga momen berkumpul bersama keluarga di teras semi outdoor jadi lebih menyenangkan.
 

Baca juga: Desain Vila Bali Kontemporer dengan Tangga Putar Super Unik
 

Konsep Open Space dan Sekat-sekat Kaca
Karpet tebal berbulu di ruang keluarga karya RDMA, via Arsitag.com

Karpet tebal berbulu di ruang keluarga karya RDMA, via Arsitag.com
 

Berada berdekatan dengan teras semi outdoor, ruang keluarga dan ruang makan saling terhubung tanpa sekat pemisah. Kesan modern terasa kuat berkat pemilihan furnitur dan dekorasinya. Area ruang keluarga ditandai dengan karpet berbulu yang tebal dan sofa rendah yang lebar dan besar.

Ruang makan dengan furnitur modern, karya RDMA, via Arsitag.com

Ruang makan dengan furnitur modern, karya RDMA, via Arsitag.com
 

Sekat berupa dinding kaca menjadi pemisah antara ruang keluarga dan ruang makan dengan area teras semi outdoor. Berkat penggunaan material kaca inilah, rumah open space memiliki pandangan yang luas dan cahaya alami yang melimpah. Sirkulasi udara pun sangat baik karena beberapa bagian sekat kaca bisa dibuka lebar-lebar.

Ada banyak cara menciptakan hunian yang nyaman bagi keluarga. Konsep rumah semi outdoor ini salah satunya! Konsep ini cocok bagi keluarga-keluarga yang ingin menikmati suasana outdoor tanpa harus meninggalkan rumah. Semoga menginspirasi!

AUTHOR

Puji Lestari

Penulis lepas yang telah menulis beragam artikel dengan berbagai tema. Senang menulis dengan ide yang kreatif, informatif, dan bermanfaat.