Ide Kreatif untuk Mulai Berkebun di Halaman Rumah

Ide Kreatif untuk Mulai Berkebun di Halaman Rumah | Foto artikel Arsitag

Ide berkebun, karyaLettuce Grow,via unsplash.com

Apakah Anda ingin berkebun tetapi bingung harus melakukannya di mana? Bagaimana jika di halaman rumah Anda sendiri? Ya, berkebun sendiri di halaman rumah bukanlah hal mustahil, termasuk jika Anda memiliki lahan yang terbatas. Berkebun di halaman rumah sendiri juga tentunya menguntungkan. Selain untuk memenuhi hobi, juga akan membuat Anda dan keluarga lebih sehat melalui aktivitas di luar ruangan. Kelebihan lainnya, jika kebun yang Anda miliki adalah kebun tanaman produktif, maka hasilnya bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan dapur sendiri.

Lantas, apa yang bisa Anda lakukan untuk berkebun di halaman rumah? Berikut adalah beberapa ide kebun kreatif yang bisa Anda jadikan rujukan.

1. Kebun hidroponik
Ide berkebun, karya Lettuce Grow, via unsplash.com

Ide berkebun, karyaLettuce Grow,via unsplash.com
 

Berkebun secara hidroponik menjadi pilihan favorit warga perkotaan. Selain tidak membutuhkan lahan yang luas, sistem hidroponik juga dianggap mudah dalam praktiknya. Instalasi untuk hidroponik pun tersedia banyak jenisnya. Anda dapat membeli rangkaian instalasi yang sudah jadi, atau berkreasi sendiri menggunakan pipa paralon. Berkaitan dengan kebun hidroponik, maka tanaman yang lumrah dipilih adalah jenis tanaman sayur yang bisa tumbuh di media tanam air seperti sawi, kailan, selada, bayam, dan pakcoy.

2. Berkebun di sisi halaman
Foto oleh NeONBRAND, via unsplash.com

Foto olehNeONBRAND,via unsplash.com
 

Mewujudkan ide taman rumah tak perlu menyiapkan lahan yang luas. Buatlah kebun kecil di sisi-sisi halaman yang sudah ada. Penyediaan area tanam dapat dilakukan langsung atau dengan membuat pot masif. Sesuaikan ragam pilihan tanaman dengan preferensi Anda, baik itu tanaman buah, sayur, atau bunga. Pastikan Anda menanam tanaman yang Anda suka supaya Anda pun rajin merawatnya.
 

Baca juga: Tips Menyiram Tanaman Hias Anda Secara Tepat dan Efektif
 

3. Membuat rumah kaca sederhana
Foto oleh Zanda Photography, via unsplash.com

Foto olehZanda Photography,via unsplash.com
 

Jika memungkinkan, tak ada salahnya untuk Anda membuat rumah kaca (green house) sendiri di halaman rumah. Pembuatan rumah kaca sendiri bisa dilakukan dengan sederhana menggunakan material rangka dan plastik atau paranet. Rumah kaca tersedia dalam beberapa tipe, namun yang terbilang efisien untuk halaman rumah di iklim tropis ialah Tipe Piggy Back (bentuk menyerupai rumah).

Rumah kaca sendiri dibuat untuk menjaga kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap tanaman, seperti sinar matahari, kelembapan, angin, suhu, hingga serangan hama. Tips yang harus Anda ketahui sebelum membuat rumah kaca adalah posisinya. Rumah kaca sebaiknya dibuat memanjang dari timur ke barat untuk memaksimalkan cahaya matahari di siang hari. Jika diperlukan, Anda juga bisa menambahkan lampu LED khusus tanaman untuk tambahan sumber cahaya.

4. Kreasi kebun vertikal
Foto oleh Emile-Victor, via unsplash.com

Foto olehEmile-Victor,via unsplash.com
 

Keterbatasan lahan bukan menjadi alasan untuk Anda membatalkan niat berkebun di halaman rumah. Buatlah kreasi taman rumah kreatif berupa kebun vertikal. Konsepnya sangat sederhana yaitu dengan menyusun pot atau wadah tanam secara vertikal hingga membentuk tingkatan-tingkatan. Kreasi seperti ini tentu sangat menarik untuk dicoba karena bisa membuat pengalaman berkebun lebih menyenangkan. Selain itu, ide ini juga memiliki unsur estetika sekaligus memberi kesan hijau yang maksimal pada halaman.

5. Membuat kotak tanam
Foto oleh Priscilla Du Preez, via unsplash.com

Foto olehPriscilla Du Preez,via unsplash.com
 

Membuat kotak tanam di halaman rumah merupakan cara alternatif untuk membuat feel berkebun lebih berasa. Menyediakan kotak tanam juga terbilang menguntungkan, agar lebih mudah untuk memindahkan posisi jika diperlukan. Ini sebenarnya sama seperti pot tanaman, hanya saja disesuaikan dengan kebutuhan area tanam yang lebih luas.
 

Baca juga: Pilihan Tanaman Mungil yang Cocok untuk Menghias Meja Kerja Anda
 

6. Tanaman rambat
Taman kebun di atap rumah, hunian karya SiG Architect, via arsitag.com

Taman kebun di atap rumah, hunian karyaSiG Architect,via arsitag.com
 

Tanaman rambat tentunya menjadi pilihan menarik untuk berkebun di halaman rumah yang tidak begitu luas. Anda cukup menyediakan media rambatnya sendiri, baik diletakkan di dinding atau membuat semacam pergola.

Tersedia beragam jenis tanaman rambat. Tidak hanya tanaman hias seperti bougenvil, alamanda, dan bauhinia, juga tersedia tanaman rambat buah seperti anggur, beri, dan murbei.

Berkebun di rumah kini bukan hal mustahil, bukan? Kreasikan ide-ide Anda untuk memanfaatkan lahan dan juga barang-barang yang ada di sekitar rumah, agar kebun pribadi yang Anda miliki semakin menarik dan personal.

AUTHOR

Tarmizi

Penulis adalah lulusan Arsitektur Lanskap yang juga menggemari dunia penulisan sejak bangku kuliah. Kegemarannya ini membuat penulis aktif sebagai freelancer untuk menulis konten di berbagai website. Ilmu seni, arsitektur, dan tanaman yang didapat selama mengenyam pendidikan juga menjadi modal untuk tulisan-tulisannya.