Kapan Saatnya Anda Perlu Menggunakan Jasa Desainer Lanskap?

Kapan Saatnya Anda Perlu Menggunakan Jasa Desainer Lanskap? | Foto artikel Arsitag

Desain taman rumah karyaLplus Architectsvia arsitag.com

Profesi arsitek atau desainer lanskap dewasa ini dapat dengan mudah ditemukan. Tidak lagi hanya dianggap sebagai “tukang kebun”, seorang arsitek lanskap memiliki tanggung jawab dan keahlian yang jauh lebih esensial. Hal ini tidak sekedar menyangkut lanskap dalam skala besar, pada skala mikro seperti taman rumah pun selayaknya arsitek lanskap mengambil peran dalam perencanaan dan perancangannya.

Ya, melibatkan ahli desain lanskap untuk hunian akan memberikan banyak keuntungan. Selain meningkatkan value sebuah hunian, taman yang dirancang oleh desainer lanskap tentu akan mempertimbangkan banyak aspek. Sehingga tercipta ruang luar yang berdampak positif bagi penghuni rumah dan lingkungan sekitarnya. Namun pertanyaannya adalah, kapan Anda membutuhkan jasa desainer lanskap? Menjawab hal ini, berikut beberapa hal yang mungkin bisa menjadi pertanda bahwa Anda sebaiknya mulai melibatkan desainer lanskap untuk taman rumah Anda.

1. Keinginan menciptakan taman yang selaras dengan arsitektur rumah
Desain rumah karya ifd Architects, via arsitag.com

Desain rumah karyaifd Architects,via arsitag.com
 

Seorang arsitek atau desainer lanskap bekerja tidak menggunakan “kacamata kuda”. Maksudnya, dalam mendesain taman rumah, desainer lanskap turut melihat arsitektur rumah itu sendiri. Perancangan taman, baik berupa pola, elemen, hingga jenis tanaman, akan dirancang guna melengkapi dan meningkatkan tampilan rumah. Artinya, jika Anda merasa taman rumah Anda tidak selaras dengan arsitektur bangunan rumah, inilah saat yang tepat untuk melibatkan jasa desainer lanskap.

2. Menginginkan ruang luar yang nyaman untuk beraktivitas
Desain patio dengan dek kayu, foto oleh Cameron Smith, via unsplash.com

Desain patio dengan dek kayu, foto olehCameron Smith,via unsplash.com
 

Tinggal di Indonesia dengan iklim tropisnya, memiliki tantangan tersendiri dalam merancang luar ruang. Kondisi siang yang sangat panas dengan cuaca yang sering kali tidak menentu, akan membuat perancangan taman tidak bisa sembarangan. Jika perancangan dilakukan tanpa mempertimbangkan aspek cuaca dan lingkungan, bukannya kenyamanan yang didapat, melainkan ruang outdoor yang tidak terfungsikan atau mubazir.

Lantas, apakah artinya memberi naungan untuk ruang aktivitas di taman sudah cukup? Tentu saja tidak. Desainer lanskap adalah pihak yang sangat mempertimbangkan faktor alam untuk memilih elemen hardscape yang tepat. Perencanaan dan pengelolaan saluran irigasi tentunya menjadi aspek yang dipertimbangkan agar taman tidak becek. Supaya tidak berbahaya dan bahkan bisa menimbulkan dampak kesehatan.
 

Baca juga: Ide Tanaman yang Cocok untuk Taman Minimalis yang Estetis
 

3. Hunian berada di kawasan “sensitif”
Desain Hp House Bandung, karya Rakta Studio, via arsitag.com

Desain Hp House Bandung, karya Rakta Studio,via arsitag.com
 

Rawan banjir hingga longsor, mungkin menjadi salah satu problem yang Anda alami di lingkungan rumah. Tinggal di kawasan sensitif seperti ini tentu saja tidak mudah. Jika salah dalam menata dan mendesain lanskap, dampak dari sensitivitas lingkungan akan semakin besar. Jika masalah ini tengah mengganggu hunian Anda, bekerja sama dengan desainer lanskap adalah pilihan terbaik. Mengapa? Karena seorang arsitek lanskap selayaknya akan merancang taman rumah dengan tujuan meminimalisasi efek bencana. Hal ini akan mereka atasi dengan melakukan perencanaan irigasi, kontur, pemilihan tanaman, dan pertimbangan faktor penting lainnya.

4. Adanya area taman yang tak termanfaatkan
Area taman belakang terbengkalai, foto oleh Cameron Smith, via unsplash.com

Area taman belakang terbengkalai, foto olehCameron Smith,via unsplash.com
 

Adanya area tak termanfaatkan di taman tentu saja sangat disayangkan. Alih-alih membiarkannya terbengkalai, maka sebaiknya Anda segera meminta bantuan jasa desain taman untuk mendesainnya lebih menarik. Menggunakan jasa desainer lanskap bagi taman rumah Anda akan membuat pemanfaatannya lebih maksimal. Mereka akan mencarikan solusi terbaik dari beberapa masalah yang menyebabkan area itu tidak termanfaatkan.

5. Ingin membuat fitur khusus
Desain lanskap karya Studio TonTon, via arsitag.com

Desain lanskap karyaStudio TonTon,via arsitag.com
 

Ingin membuat kolam, air terjun buatan, sungai buatan, dinding penahan, atau fitur-fitur spesifik lainnya? Tentu saja tidak bisa dilakukan secara sembarangan, ya. Jika bukan dilakukan oleh ahlinya, rencana yang dibuat bisa-bisa merugikan. Oleh karena itu, jika Anda ingin membuat fitur khusus pada taman, maka sebaiknya menggunakan jasa desainer lanskap. Seorang ahli lanskap tentu memiliki pengetahuan dan pengalaman untuk mengatasi tantangan pembuatan fitur khusus. Melalui bantuan mereka pula, Anda bisa diberikan saran dan solusi yang terbaik. Lebih dari itu, unsur estetika juga pasti akan menjadi perhatian.

6. Memahami pentingnya lanskap berkelanjutan
Foto oleh Jan Canty, via unsplash.com

Foto olehJan Canty,via unsplash.com
 

Semakin hari kita semakin teredukasi tentang lingkungan. Melalui media baik yang secara langsung dicari atau tidak, Anda juga mungkin mulai memahami bahwa lanskap harus dirancang secara tepat demi menciptakan keberlanjutan lingkungan. Isu-isu lingkungan seperti ini sudah menjadi “makanan” seorang desainer lanskap, sehingga dalam setiap desainnya pasti sudah memperhatikan faktor lingkungan.
 

Baca juga: Cara Estetis Menanam Pohon Rindang Agar Taman Rumah Makin Cantik
 

7. Salah memilih tanaman
Desain taman rumah karya Saga Contractor, via arsitag.com

Desain taman rumah karyaSaga Contractor,via arsitag.com
 

Apakah tanaman di taman rumah Anda sering terjangkit hama? Jika iya, mungkin Anda salah memilih jenis tanaman. Ya, ketika Anda tidak bijak memilih tanaman karena kurangnya informasi, hal itu bisa sangat merugikan Anda. Kondisi seperti ini selayaknya segera diatasi dengan meminta bantuan jasa arsitek lanskap. Mereka tidak hanya ahli dalam merancang, tetapi juga memahami jenis tanaman yang cocok dan aman. Selain masalah hama, beberapa hal yang juga sering terjadi adalah akar pohon yang merusak struktur, daun yang kotor, getah yang beracun, hingga pertumbuhan yang tidak optimal.

8. Mengidamkan taman yang eksklusif
Foto oleh Mary Rodideal, via unsplash.com

Foto olehMary Rodideal,via unsplash.com
 

Memiliki taman yang berbeda dari yang lain alias satu-satunya, tentu akan memberi kebanggaan tersendiri. Melalui jasa desainer lanskap, Anda bisa mendapatkan desain taman yang ekslusif karena ahli lanskap akan mendesain sesuai dengan karakter hunian dan lingkungan rumah Anda. Setiap hunian dan lingkungan sekitarnya tentu saja berbeda, sehingga setiap desain yang dihadirkan juga pasti berbeda.

Nah, jika Anda memiliki pandangan seperti delapan poin di atas, artinya Anda harus menggunakan jasa desainer lanskap. Perlu diingat pula, bahwa desainer atau arsitek lanskap tidak hanya merancang berdasarkan unsur estetika, tetapi juga memaksimalkan fungsi. Perancangan yang mereka buat juga memperhatikan banyak aspek, sehingga hasil yang maksimal bisa didapat.

AUTHOR

Tarmizi

Penulis adalah lulusan Arsitektur Lanskap yang juga menggemari dunia penulisan sejak bangku kuliah. Kegemarannya ini membuat penulis aktif sebagai freelancer untuk menulis konten di berbagai website. Ilmu seni, arsitektur, dan tanaman yang didapat selama mengenyam pendidikan juga menjadi modal untuk tulisan-tulisannya.