Mengenal Corten steel

Mengenal Corten steel | Foto artikel Arsitag

Weathering steel, atau yang lebih dikenal dengan nama corten steel, adalah baja yang dibuat dengan tujuan untuk menghilangkan kebutuhan pengecatan pada baja. Tidak adanya finishing cat pada baja membentuk tampilan karat yang terekspos seperti baja yang sudah berkarat termakan cuaca selama bertahun-tahun. Corten steel juga sering disebut sebagai baja yang tahan korosi dan baja dengan kekuatan tarik yang baik.

Weathering atau pelapukan mengacu pada komposisi kimia yang ada pada baja tersebut, yang juga memungkinkan ketahanan corten steel terhadap korosi terus meningkat dibandingkan dengan baja yang lainnya. Hal ini dikarenakan corten steel membentuk lapisan pelindung pada permukaannya akibat pengaruh cuaca.

Corten steelCorten steel pada interior (Sumber: www.pinterest.com)

Lambatnya proses korosi dari lapisan pelindungnya didapatkan dari perpaduan elemen yang ada pada corten steel. Lapisan pelindung pada permukaannya akan terus berkembang dan meregenerasi terus menerus saat terkena pengaruh cuaca. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa baja memang dibiarkan untuk berkarat untuk membentuk lapisan pelindung.

Corten steelCorten steel untuk tembok taman (Sumber: www.abk-outdoor.com)

Jenis Corten Steel

Plat corten steel pada dasarnya mempunyai dua jenis yang berbeda, yaitu corten steel ASTM A 242 dan corten steel ASTM A 588. Plat corten steel ini biasanya dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan, seperti sebagai bahan dasar dari transportasi laut, struktur bangunan tinggi, dan sebagai bahan pembangunan jembatan.

Steel grade:Broadcasting tower, Inggris (Sumber: www.cristallosystems.com)

Steel grade:

  • Corten A
  • Corten B
  • Corten B-QT
  • Corten C

Tersedia dalam ukuran:

  • Tebal : 1,5 mm – 300 mm
  • Panjang : 2.000 mm – 18.000 mm

Keunggulan Corten SteelAbetxuko bridge, Spanyol (Sumber: en.wikipedia.org)

Keunggulan Corten Steel

  • Menghemat biaya finishingCorten steel tidak menggunakan lapisan pelindung atau cat yang biasanya membutuhkan biaya tambahan
  • Perawatannya mudahCorten steel sangat ideal digunakan pada jembatan atau struktur lainnya dengan akses yang sulit dan berbahaya, di mana gangguan masa depan perlu diminimalisasi. Pengecekan dan pembersihan adalah satu-satunya perawatan yang diperlukan.
  • Menghemat biaya perawatan. Kebutuhan perawatan dari corten steel yang sangat minimal juga berpengaruh untuk mengurangi biaya pemeliharaan operasional
  • Mempercepat waktu konstruksi
  • Tampilannya menarik
  • Ramah lingkungan

Corten steelCorten steel pada dinding rumah (Sumber: www.secondattention.org)

Kekurangan Corten Steel

  • Corten steel sangat sensitif terhadap iklim subtropis yang lembab
  • Jika terjadi penumpukan air, area-area yang terkena air tersebut akan mengalami laju korosi yang lebih tinggi
  • Pelapukan yang terjadi pada permukaan corten steel dapat menimbulkan noda karat pada permukaan bidang lainnya yang dekat dengan corten steel tersebut

Patung Chicago Picasso di Dalet Plaza, Chicago (Sumber: flickr.com)Patung Chicago Picasso di Dalet Plaza, Chicago (Sumber: flickr.com)

Penggunaan Corten Steel

Penggunaan pertama dari corten steel pada arsitektur adalah pada John Deere World Headquarters di Moline, Illinois. Bangunan tersebut didesain oleh arsitek Eero Saarinen dan selesai dikerjakan pada tahun 1964. Weathering steel populer digunakan pada bagian outdoor, seperti pada bagian fasad, jembatan atau patung. Salah satu contohnya adalah patung besar Chicago Picasso yang berdiri di depan Dalet Center Courthouse plasa, Chicago.

Sumber:

http://www.cortensteelsupplier.com

https://en.wikipedia.org

AUTHOR

Shabrina Alfari

Shasa lahir di Jakarta 9 April 1994. Lulus dari Universitas Indonesia pada tahun 2016, Shasa mengambil jurusan Bahasa dan Studi Jerman. Dia sangat suka membaca tentang apa saja, dari novel, fiksi, penyair dan lain-lain. Setelah lulus, Shasa suka menulis tentang berbagai topik dan sekarang bekerja sebagai Content Writer.