Mengenal sekilas Tentang Desain Kantin

Mengenal sekilas Tentang Desain Kantin | Foto artikel Arsitag
Cover : Kantin di Air Products at Cikarang karya Donnie Marcellino (Sumber: arsitag.com)

Kantin berasal dari bahasa Belanda “kantine”, yang merupakan sebuah ruangan dalam sebuah gedung umum yang dapat digunakan oleh pengunjungnya untuk makan, baik makanan yang dibawa sendiri ataupun dibeli di sana.

Kantin Google, UK (Sumber: www.dailymail.co.uk)Kantin Google, UK (Sumber: www.dailymail.co.uk)
 

Menjalankan usaha kantin di kampus, perkantoran, dan sekolah juga sebetulnya sangat menguntungkan. Jumlah calon konsumen di wilayah-wilayah tersebut akan banyak tersedia dan tertarget. Kantin dapat dijadikan sebagai tempat untuk beristirahat sambil menyantap makan siang.

Inspirasi Desain Kantin

Untuk Anda yang ingin membuat kantin di kampus, kantor, ataupun di sekolah, ada beberapa tips desain kantin yang bisa Anda gunakan berikut ini.

Contoh desain interior kantin (Sumber: pinterest.com)Contoh desain interior kantin (Sumber: pinterest.com)
 

Tentukan lokasi terbaik

Sebaiknya, posisikan kantin cukup jauh dari area ruang kerja dan ruang kelas, sehingga para pengunjung kantin bisa benar-benar keluar dari hal-hal yang berbau pekerjaan atau belajar saat jam istirahat. Namun, usahakan juga agar lokasinya tidak terlalu jauh dan aksesnya cukup mudah untuk dijangkau. Kantin yang terlalu jauh akan menghabiskan waktu pengunjung untuk menuju ke kantin.

Kantin Kingston University (Sumber: www.britanniastudy.com)Kantin Kingston University (Sumber: www.britanniastudy.com)
 

Cat dinding warna netral

Pilih warna cat dinding yang netral atau membumi untuk dinding kantin agar tetap memberikan kesan yang sederhana. Warna yang lembut dan netral juga dapat membuat pikiran menjadi lebih santai dan rileks. Pilihan warna yang bisa digunakan adalah warna pastel, krem, cokelat susu, putih, hijau muda, dan biru muda. Sebaiknya hindari warna yang terlalu mencolok, seperti merah, kuning tua, atau oranye.

Kantin Harvard University (Sumber: pinterest.com)Kantin Harvard University (Sumber: pinterest.com)
 

Biarkan lantai polos tanpa karpet

Kantin merupakan area yang mudah kotor dengan banyaknya sisa-sisa makanan dan minuman yang terjatuh di meja hingga lantai. Untuk memudahkan dalam pembersihan sisa-sisa makanan, biarkan lantai kantin tetap polos tanpa karpet. Hal ini akan memudahkan saat membersihkan sisa makanan dan minuman yang tumpah.

Kantin di Manchester Office (Sumber: jennifernewman.com)Kantin di Manchester Office (Sumber: jennifernewman.com)
 

Sediakan meja makan panjang dan bangku panjang

Meja makan panjang dan bangku panjang yang saling berhadap-hadapan merupakan tipikal dari meja dan kursi makan di kantin. Penataan meja makan seperti ini membuat kantin dapat mengakomodasi pengunjung dalam jumlah yang besar sekaligus dalam satu waktu.

Kantin Facebook Singapur (Sumber: www.homeanddecor.com.sg)Kantin Facebook Singapur (Sumber: www.homeanddecor.com.sg)
 

Stan-stan makanan merapat ke dinding

Kantin biasanya menyediakan berbagai macam stan-stan makanan yang disediakan baik oleh pihak kantor atau sekolah maupun oleh pihak luar. Posisi stan sebaiknya diatur agar tiap stan makanan merapat ke dinding, dan biarkan area tengah kantin cukup lapang untuk meletakkan meja makan dan bangku-bangku panjang.

Microwave dan Coffee maker penting untuk kantin kantor (Sumber: servicemasterswansea.co.uk)Microwave dan Coffee maker penting untuk kantin kantor (Sumber: servicemasterswansea.co.uk)
 

Sediakan microwave, coffee maker, dan kulkas untuk kantin kantor

Untuk kantin kantor, sebaiknya kantin juga harus menyediakan microwave, coffee maker, dan kulkas untuk mengakomodasi apabila ada karyawan yang ingin menyiapkan makanan sendiri. Untuk kulkas, sebaiknya sediakan yang berukuran cukup besar agar bisa digunakan oleh banyak orang untuk menyimpan makanan mereka.

Letakkan beberapa tempat sampah dan asbak
Kantin Apple Headquarter (Sumber: www.home-designing.com)
 

Letakkan beberapa tempat sampah dan asbak

Untuk kenyamanan semua orang, sebaiknya kantin didesain sebagai area non-smoking sehingga semua orang bisa makan dengan tenang tanpa terganggu asap rokok. Sediakan juga tempat sampah lengkap dengan asbak di atas tempat sampah tersebut di beberapa sudut kantin sehingga pengunjung kantin akan lebih sadar akan kebersihan untuk membuang sisa makanan di tempat sampah.

Contoh desain interior kantin (Sumber: www.kinnarps.com)Contoh desain interior kantin (Sumber: www.kinnarps.com)
 

Hadirkan kabinet dan bak untuk cuci tangan atau cuci piring

Sebaiknya hadirkan juga kabinet dapur sebagai tempat untuk menempatkan peralatan makan dan minum. Sediakan pula bak cuci tangan dan bak cuci piring agar para pengunjung kantin bisa mencuci peralatan makan dan gelasnya setelah digunakan.

Artikel Inspirasi Lainnya:

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Shabrina Alfari

Shasa was born in Jakarta 9th April 1994. She graduated from University of Indonesia in 2016, majored in German Language and Studies. She really loves to read about anything, from novel, fiction, poets and etc. After graduated, she enjoys writing about many different topics and now she currently works as a Content Writer.